Halo!

Hampir semua orang sekarang punya smartphone dan laptop, ya. Sayangnya, terkadang kecanggihan spek gadget yang dimiliki hanya dipakai untuk chatting dan online-shopping (engga curhat kok. Beneran!).

Sudah saatnya kechanggihan gadget kamu dipakai untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari, terutama maba yang dipaksa semakin mahir mengatur dirinya sendiri dan jadwal sehari-harinya. ūüôā

BACA JUGA: Tips Antisipasi Sebelum Kehilangan Laptop atau Benda Berharga!

Berikut ini adalah 7 aplikasi yang sangat berguna bagi penulis semenjak masih menjadi mahasiswi baru, hingga sekarang– yaitu mahasiswi-yang-tidak-baru-baru-amat.

 

advertisement

1. SolCalendar (Android)

image

Penulis suka banget aplikasi ini! Alasannya? Enak dipandang dan enak dipakai. SolCalendar menggabungkan beberapa aplikasi jadi satu: kalender (pastinya), agenda, to-do list, ramalan cuaca, dan penghitung mundur. Keren, ya? Selain tampilannya yang user-friendly, SolCalendar dilengkapi dengan stiker-stiker lucu dan widget yang nggak sekadar indah, tapi benar-benar berguna.

2. Pocket (Android, iOS, Windows)

image

Sebagai mahasiswa, kamu akan mendapat lebih banyak tugas menulis dibanding di SMA. Menulisnya pun nggak sembarangan, harus pakai bahan pembanding dari berbagai sumber. Masalah baru muncul: so many readings, so little time. Nah, di sini Pocket akan membantu kamu. Sederhananya, Pocket adalah aplikasi yang ‚Äúmendistribusikan‚ÄĚ bahan bacaan kamu ke berbagai perangkat yang kamu punya.

BACA JUGA: Ringankan Tugas Kuliah Kamu Dengan Aplikasi-aplikasi Ini

Jadi, kamu bisa membaca suatu bahan di web browser komputer kamu (install plug-in/add-on untuk browser terlebih dahulu) DAN di ponsel/tablet kamu. Pocket akan secara otomatis mensinkronisasi bahan bacaan yang sudah kamu masukkan lewat add-on browser kamu ke ponsel/tablet supaya bisa dibaca offline. Jadi, kamu bisa membaca bahan-bahan yang sudah kamu cari di internet ketika menunggu kereta atau kelas berikutnya.

Alternatif: Readability

3. Xodo Docs (Android, iOs, Windows)

image

Aplikasi ini mendapat nilai 4,5/5 dari lebih dari tujuh ribu pengguna Android… so I guess that must means something! Xodo Docs adalah aplikasi pembaca .PDF yang lain daripada yang lain. Sebagai pengguna ponsel ber-stylus, terkadang penulis ingin meng-highlight atau sekadar mencorat-coret dokumen .PDF yang penulis baca. And Xodo Docs makes it possible.

advertisement

4. Podcast Addict (Android)

image

 

Menjelang akhir 2015, berarti kita akan menyambut MEA. Apa kabar kemampuan berbahasa Inggrismu? Mengasah kemampuan berbahasa Inggris jaman sekarang sesungguhnya lebih mudah dibanding jaman orang tua kita dulu. Mengapa? Because apps like Podcast Addict are just a few clicks away!

Podcast bagi stasiun radio adalah serial televisi bagi stasiun televisi. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencari dan berlangganan berbagai podcast dengan berbagai tema dari seluruh dunia. Hampir ada podcast bagi setiap topik. Mau belajar Bahasa Korea? Bisa. Mau belajar Sejarah? Bisa. Mau tau penemuan-penemuan mutakhir? Bisa. Hanya sekadar mau dengan berita terbaru? Tentu saja bisa! Kebanyakan podcast yang tersedia dibawakan dalam Bahasa Inggris, jadi selain meningkatkan kemampuan listening-mu, mendengarkan podcast juga bisa memperluas pengetahuan.

Alternatif: Podcasts (iOS, bawaan dari OS).

5. Babe (Android)

image

Sebagai mahasiswi, penulis dituntut untuk cepat tanggap soal isu-isu terbaru, baik dalam dan luar negeri. Penulis yakin semua mahasiswa pun demikian, tidak peduli ilmu yang dipelajari. Masalahnya, terlalu banyak portal berita yang harus diikuti. Tentu jika dibuka satu per satu akan boros paket data.

BACA JUGA: UI Sudah Melahirkan Penulis-penulis Besar Ini! Siapa Saja?

Nggak mau kan, fakir data sebelum waktunya? Babe sudah menolong penulis untuk stay informed dengan berita-berita terbaru dan tetap menghemat paket data. Babe bisa jadi pilihan kamu untuk mengakses berita-berita berbahasa Indonesia. Babe memiliki tim editor yang akan mengirimkan notifikasi ke ponsel kamu jika ada berita penting, misalnya tentang pesawat Trigana Air yang jatuh sehari yang lalu.

(Penulis turut berbela sungkawa atas jatuhnya Trigana Air. Semoga keluarga korban diberi ketabahan.)

Alternatif: detik.com (Android, iOS)

6. Flipboard (Android, iOS)

image

Flipboard mirip dengan Babe, mengumpulkan berbagai bacaan dari seluruh penjuru internet dengan berbagai topik. Bedanya, Babe memiliki tim editor sementara Flipboard menjadikan kamu editornya. Kamu bisa membaca ‚Äėmajalah‚Äô dengan berbagai topik yang sudah dikurasi oleh orang-orang dari penjuru dunia. Tulisan kebanyakan dalam Bahasa Inggris.

Alternatif: BBC News (Android, iOS), Jakarta Post

7. Dompet Mini (Android)

Nah, aplikasi ini penting bagi kamu yang ngekos. Tinggal dan mengurusi diri sendiri memang menantang kedisiplinan kamu dalam mengatur waktu dan keuangan. Aplikasi yang satu ini dapat membantu kamu untuk melacak pengeluaran dan pemasukan kamu, selama kamu rajin mendata transaksi! Yang penulis suka dari aplikasi ini adalah kesederhanaannya. Wajib dicoba!

Alternatif: MoneyLover (Android) bagi yang ingin laporan keuangan pribadi yang lebih mendetail.

Di bawah ini adalah video demo aplikasi-aplikasi di atas, dari penulis:

Semoga berguna bagi teman-teman sekalian!

Selamat tahun ajaran baru 2015/2016!

‚ÄĒ

Yuk, share artikel ini via Facebook, Twitter atau Line, ke temen-temen kamu sesama Maba-Miba UI. Produktifitaskan smartphone yang kamu miliki untuk meringankan hidup. Hidup saat ini sudah serba mudah kok dengan adanya kecanggihan teknologi ponsel pintar. Tinggal user-nya juga perlu minterin diri. Hehe.



[reaction_buttons]