Tiga bulan #DiRumahAja, kamu mulai bertanya-tanya kapan COVID-19 lenyap dari muka bumi ini supaya kamu gak terus-terusan bertapa di rumahmu sampe jadi lumut. Semua kegiatan udah kamu lakuin, mulai dari nyobain resep dari Tik-Tok, olahraga lima menit yang katanya manjur buat ngilangin lemak perut, sampe ikut kelas online gratisan dari universitas-universitas Ivy League berharap bisa ngerasain jadi anak Harvard sekejap lewat komputer.

Pada akhirnya, semua usaha yang kamu lakukan untuk tetap produktif di rumah mulai amburadul, dan kamu mulai memutuskan untuk binge watching drama Korea, setiap harinya. Drama Korea pun episodenya terbatas, dan setelah kamu setidaknya berhasil tamat tiga drakor yang lagi ngehits-ngehitsnya di masa self- quarantine ini, kamu mulai kehabisan ide, dan akhirnya bertanya-tanya pada dirimu sendiri, film apa yang bisa kamu tonton untuk mengusir kebosanan kamu ini..

Well, AnakUI.com punya solusinya!

advertisement

Tahun 2000, tahun harapan~

Yang penuh tantangan dan mencemaskan

Wahai pemuda dan para remaja

advertisement

Ayo siapkan dirimu~

Btw, ngomongin tahun 2000 emang ga ada abisnya. Apalagi kalo bahas perfilm-an Indonesia di era itu. Fim-film era 2000-an tuh, emang sih didominasi sama film remaja, yang menurut penulis punya mutu yang cukup baik dalam segi cerita meskipun untuk segi teknis dan akting belum sesempurna film-film yang keluar setelah tahun 2010. Di tambah lagi, film-film di tahun 2000-an bisa dibilang paket komplet.

Mau tahu kenapa?

Ya.. karena selain punya jalan cerita yang bagus, film-film ini juga diselipin sama soundtrack-soundtrack ciamik yang mungkin sampe sekarang masih terngiang-ngiang di telinga kita (terus bikin kita gagal move on).

advertisement

Intinya, kalau kalian yang sempet merasakan jadi remaja di tahun 2000 awal, wah selamat, deh. Betapa indahnya masa-masa puber ditemenin film-film romansa yang apik, Eh tapi buat kamu yang belum lahir atau masih bayi di saat itu ya gapapa, kalian masih bisa nikmatin dan relate kok sama film-film di tahun 2000 awal.

BACA JUGA: Pengalaman Mencicipi Sayap Berapi Fire Wings dari Richeese Factory, Sensasi Mulut Keluar Api Kaya di Film!

Anyway

AnakUI.com edisi ini hadir untuk membangkitkan nostalgia cieeelah kakak-kakak semua yang pernah muda di tahun 2000-an. Pernah ngerasain jadi mahasiswa, pernah jatuh cinta gak berbalas, pernah ditinggal gitu aja. Pernah gagal meraih mimpi, banyak deh pokoknya.

advertisement

Nah.. berikut ini ada 7 film Indonesia tahun 2000-an yang bikin kamu pengen balik ke masa lalu! check this out!

1. Jomblo (2006)

Walaupun udah dibuat rebootnya nih di tahun 2017, dengan pemain-pemain yang lebih kekinian, banyak yang berpendapat Jomblo di tahun 2006 lebih epic dan gak ada yang bisa ngalahin (menurut penulis juga gitu, sih). Dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Dennis Adhiswara, Christian Sugiono, dan Rizky Hanggono, film ini menceritakan perjalanan cinta dan lika-liku persahabatan mahasiswa teknik sipil di salah satu universitas di Bandung. Film ini berlangsung selama 1 jam 56 menit dan diceritakan lewat perspektif masing-masing tokoh. Kalo abis nonton ini, jangan lupa dengerin soundtracknya yang berjudul Bdg 19 Okt dari salah satu band rock paling ngehits di kala itu ‘Seurieus’, dijamin kamu langsung keinget dia yang pernah kamu kejar cintanya di tahun 2000an!

2. Mengejar Matahari (2004)

Kalau kalian tanya penulis, tentang film di tahun 2000-an apa yang paling berkesan, penulis pasti akan jawab ‘Mengejar Matahari’. Punya soundtrack yang dibawakan oleh legenda musik Indonesia, Ari Lasso, dengan judul yang sama, Mengejar Matahari bisa dibilang sukses banget di jamannya. Siapa sih yang gak mewek abis nonton film ini? Diperankan oleh Wingky Wiryawan, Fedi Nuril, Fauzi Baadilla, dan Udjo Project Pop, film ini gak cuma menyajikan drama percintaan seperti kebanyakan film remaja jaman sekarang. Film ini sarat banget dengan nilai-nilai persahabatan dari empat pemuda yang hidup di kawasan miskin kota Jakarta dari kecil sampai besar. Plis banget, nonton ini, kalo mau ngerasain betapa indahnya hidup di tahun 2000-an.

3. Janji Joni (2005)

Kamu tahu Joko Anwar lewat film-film horror garapannya yang sukses hingga ke manca negara, tapi kamu pasti gak tahu kalo Joko Anwar pernah bikin film drama romantis yang bikin penontonnya senyum-senyum sendiri. Gimana engga, Nicholas Saputra, si hearthrob nya anak-anak tahun 2000-an jadi bintang utama di fim ini. Menceritakan sosok Joni (Nicholas Saputra) yang bertekad mengantarkan film-film bioskop dengan tepat waktu demi mendapatkan nama perempuan yang ditaksirnya, meskipun di perjalanan dihadang beragam permasalahan yang sifatnya ada-ada aja. Film ini bisa banget bangkitin mood kamu-kamu semua yang lagi hopeless sama yang namanya cinta.

BACA JUGA: Film Romantis Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton Saat Liburan

4. Mendadak Dangdut (2006)

Capek sama film-film yang berbau percintaan dan lagi pengen ketawa-ketawi ngeliat Titi Kamal nyanyi dangdut? Well, Mendadak Dangdut kayaknya pas sebagai selingan untuk mengobati kerinduanmu sama tahun 2000 di mana semuanya serba santai. Menceritakan petualangan Titi Kamal dan Kinaryosih sebagai sepasang adik kakak yang terpaksa menyamar menjadi bagian dari orkes dangdut demi menghilangkan jejak dari polisi, film ini adalah film paling sukses di kala itu. Bukan hanya disambut dengan baik oleh para kritikus film lokal, film ini juga menyabet delapan nominasi di FFI dan memenangkan satu nominasi yaitu Aktris Pendukung Terbaik. Soundtracknya yang bertajuk ‘jablai’ dan ‘Mars Pembantu’ juga sempat ngehits di Tanah Air.

5. Dealova (2005)

Sebelum The Fault in Our Stars dan Five Feet Apart bikin baper anak-anak muda, Indonesia berhasil bikin kisah cinta dengan ending menyakitkan lebih dulu plus dilengkapi dengan soundtrack nya yang menyayat hati. Yup, Dealova. Film yang bercerita tentang seorang gadis cantik yang jatuh cinta dengan seorang laki-laki yang ketus dan dingin harus menelan kenyataan pahit bahwa laki-laki yang Ia cintai tersebut sebenarnya memiliki rahasia tentang penyakitnya yang membuatnya kehilangan semangat hidupnya.

BACA JUGA: Cara Jago Belajar Bahasa Inggris Lewat Nonton Film

6. Radit dan Jani (2008)

Well, semoga saat kamu nonton film ini di tahun 2008, kamu sudah cukup umur ya (bukan apa-apa, banyak banget penggunaan kata-kata violent, narkoba dan minuman keras ditampilkan di film ini). Menceritakan tentang kisah cinta Radit dan Jani, pasangan muda yang nekat menikah meskipun mendapat tentangan dari orang tua Jani. Pasangan ini tidak memiliki bekal uang dan pekerjaan tetap, terlebih lagi sosok Radit digambarkan memiliki ketergantungan pada obat-obatan dan minuman keras. Kalau ada yang bilang ‘emangnya hidup bisa makan pake cinta doang?’ bener-bener ditunjukkan di film ini. Film ini ditutup manis dengan soundtrack berjudul Semua Tentang Kita dari Peterpan. 2000-an banget gak sih?

7. Ada Apa Dengan Cinta (2002)

Ah, kayaknya kalo yang ini gak perlu dijelasin lagi deh kenapa kamu perlu nonton ulang- atau nonton untuk yang pertama kalinya- film ini. Jujur, satu menit film ini tayang, pikiran kalian pasti akan dibawa hanyut ke betapa menyenangkannya hidup di era 2000-an dan lagi duduk di bangku SMA. Hmm, untuk soundtracknya, kamu ga usah ragu lagi. Album terbaik sepanjang tahun 2000 kayaknya jatoh di tangan film ini deh.

BACA JUGA: 13 Film Box Office yang Paham Gimana Rasanya Kuliah di Jurusan Kamu

Gimana, cukup ya rekomendasi AnakUI.com untuk kalian yang lagi kehabisan akal mau nonton film apa lagi! Buat kalian yang (mungkin) membutuhkan rekomendasi-rekomendasi film lainnya, bisa banget untuk komen dipostingan ini. Ya supaya penulis bisa baca! Ciaooooo.