7 Hal Tentang Vocademia UI yang Harus Kamu Ketahui

Nah, tapi ternyata ada satu lagi loh guys, UKM yang berbau musik. UKM ini adalah Vocademia UI, yang kalau kalian tahu bernyanyi dalam format Vocal Group. Tapi, ternyata Vocademia UI bukan UKM biasa loh, guys! Makanya, buat kalian yang penasaran, anakUI.com habis ngobrol-ngobrol dengan Kak Roma B. Olivia, mahasiswa FH UI 2015 yang juga merupakan anggota dari Vocademia UI tahun 2016. Kak Roma bakal kasih tahu ke kita semua hal yang harus kita ketahui tentang Vocademia UI!


0

Untuk kalian yang suka seni terutama seni musik, banyak hal yang bisa kalian ikuti buat mengasah dan menyalurkan talenta kalian tersebut. Nah, salah satunya adalah dengan ikut UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa! Di UI sendiri, ada banyak UKM yang berbau musik. Misalnya, kalian yang suka paduan suara bisa ikut Paragita, yang suka orkestra bisa ikut OSUI Mahawaditra, yang suka marching band bisa ikut Madah Bahana, dan yang suka musik tradisional bisa ikut SWM atau Sekar Widya Makara dan UKM Musik Betawi UI.

Nah, tapi ternyata ada satu lagi loh guys, UKM yang berbau musik. UKM ini adalah Vocademia UI, yang kalau kalian tahu bernyanyi dalam format Vocal Group. Tapi, ternyata Vocademia UI bukan UKM biasa loh, guys! Makanya, buat kalian yang penasaran, anakUI.com habis ngobrol-ngobrol dengan Kak Roma B. Olivia, mahasiswa FH UI 2015 yang juga merupakan anggota dari Vocademia UI tahun 2016. Kak Roma bakal kasih tahu ke kita semua hal yang harus kita ketahui tentang Vocademia UI!

1. Vocademia UI ternyata dulunya bukan UKM

Aksi Vocademia di Panggung Kompetisi. (Sumber: dokumentasi)

Nah buat yang penasaran, Vocademia itu sebenarnya UKM bukan sih? Kok dulu nggak ada pengumuman audisi dan semacamnya? Jadi, ternyata Vocademia itu awalnya bukan UKM, guys. “Dulu waktu aku masih Vocademia tahun 2016, itu belum UKM, itu Cuma komunitas doang. Komunitasnya itu dibentuk sama Pak Dibyo.” Gitu kata Kak Roma. Tapi, sekarang Vocademia sudah menjadi UKM, loh.

Dulu, audisi Vocademia pun tidak digelar secara khusus. Melainkan, diseleksi dari anggota ajang pencarian bakat di UI, yaitu Bintang Pop UI. Dari situ, diseleksi 10 orang untuk mengikuti Pekan Seni Mahasiswa (dari tingkat Daerah sampai ke tingkat Nasional) yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Gak hanya Peksiminas loh guys, namun ternyata Vocademia juga mengikuti kompetisi tingkat internasional.

2. Vocademia itu Vocal Group dengan genre yang ngepop

Gak hanya nyanyi, di Vocademia kita akan belajar menari dan berekspresi loh. (Sumber: dokumentasi)

Terus, karena sama-sama bernyanyi, bedanya dengan Paragita apa? Tentu beda, dong. Kalau Paragita adalah UKM paduan suara, sementara itu Vocademia (kala itu) masih berupa komunitas vocal group dengan genre pop. “Selain itu, kita juga hanya ber10 orang dan latihannya tergantung untuk keperluan apa. Kalau untuk lomba, biasanya intensitasnya lebih misalnya seminggu 4 kali di Pusgiwa, tapi kalau untuk penampilan eksternal kita biasanya latihan 1-2 kali sebelum penampilan.”

3. Vocademia berprestasi banget

Vocademia bersama Pak Dibyo! (Sumber: dokumentasi)

Seperti kata Kak Roma, Vocademia dibentuk untuk mengikuti kompetisi PEKSIMINAS. Namun, prestasi Vocademia gak hanya itu aja, loh! Di PEKSIMINAS sendiri, Vocademia menjuarai juara 1 di tahun 2012, juara 2 di tahun 2014, juara 1 tahun 2016 dan juara 2 di tahun 2018 kemarin. Sementara itu, Vocademia juga pernah mengikuti kompetisi internasional di Korea Selatan (Busan) dan meraih juara 1, di Barcelona, Spanyol meraih juara 1, dan di Polandia meraih juara 2. Keren banget, ya!

BACA JUGA: 7 Film Indonesia Tahun 2000-an Yang Bikin Kalian Pengen Balik Ke Masa Lalu

4. Vocademia juga eksis di acara-acara lainnya


Kalian juga bisa menemukan dan menikmati penampilan Vocademia di acara-acara lainnya di UI, loh!

“Kalau di UI suka nampil, banyak sih misalnya di acara fakultas. Kalau acara UI misalnya di OKK UI, acara mapres, terus juga pernah di acaranya International Office UI.”

Selain itu, Kak Roma juga mengatakan kalau Vocademia juga turut berpartisipasi diundang di acara-acara luar UI seperti perusahaan-perusahaan dan sebagainya.

Gak hanya acara-acara itu, Vocademia juga beberapa kali diundang di acara TV, loh! Beberapa acara Televisi yang pernah mengundang Vocademia adalah Hitam Putih Trans7, Opini KompasTV, dan Indonesia Morning Show Net.TV.

5. Vocademia membantu banget buat kalian yang suka nyanyi

Kalian bisa bertemu dengan beragam orang dari latar belakang dan cerita yang berbeda-beda! (Sumber: dokumentasi)

Nah yang ini tentu yang paling ingin kalian, para penyuka musik di UI, pengen ketahui. Kalau menurut Kak Roma sendiri, salah satu yang benar-benar dia dapat dari berada di Vocademia adalah “jiwa artis” nya.

“Karena biasanya aku nanyi ya sekadar nyanyi aja, gak tahu gimana cara deliver isi lagunya, gimana stage actnya, gimana bisa buat penonton itu merasa kita nyanyinya wow walaupun skillnya gak –bagus-bagus banget gitu.”

Kata Kak Roma, hal ini juga gak lepas dari pengaruh coach mereka yaitu Kak Mia yang serba bisa dalam hal bernyanyi, menari, dan teater.

“Jadi yang diajarin banget tuh gak sekadar nyanyi doang, tapi gimana berekspresi, gimana jalan di panggung, gimana nari, hal-hal itu mengubah aku yang tadinya aku kaku jadi lebih luwes dan nyanyi lebih pake perasaan.”

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI

6. Vocademia bakal mempertemukan kalian dengan pengalaman dan keluarga baru

Di Vocademia, kalian juga akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Kalau menurut Kak Roma, salah satu pengalaman berkesannya adalah mengikuti kompetisi bernyanyi sampai tingkat internasional.

“Yang paling berkesan menurutku sih jalan-jalannya, karena bisa ke luar negeri karena nyanyi, siapa sih yang gak mau?”

Selain itu, melalui Vocademia, Kak Roma juga bisa bertemu dengan banyak teman-teman baru dari berbagai jurusan, dimana mereka memiliki cerita dan pengalamannya tersendiri. Selain itu, keluarga barunya juga memiliki hobi dan minat yang sama dalam bernyanyi. Wah, asik banget ya.

7. Vocademia sebentar lagi mau mengadakan audisi

Nah, untuk kalian yang ingin daftar Vocademia namun masih bingung dengan sistem audisinya, Kak Roma sudah kasih sedikit bocoran ke kita! “Buat teman-teman yang pengen ikutan Vocademia, kalian harus follow ig-nya @vocademiaui karena mereka akan recruiting secepatnya, jadi kalo bisa sekarang persiapin. Pertama itu kalian harus pede, kedua nyanyinya jangan suka ditahan-tahan, dan harus bisa bawa lagu itu jadi enak dan gak kaku.” Wih, siap Kak!

Gimana, udah dapat pencerahan belum tentang Vocademia UI? Jangan lupa, langsung aja kepoin instagramnya @vocademiaui. Atau, kalau masih mau tanya-tanya Kak Roma lagi, bisa juga kepoin instagramnya di @romabolivia. Good luck ya untuk kalian yang mau audisi Vocademia!

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Anggota Paragita


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. Connect with her on LinkedIn.

0 Comments

Leave a Reply