Dari judulnya aja, keliatan banget kalau misalnya ini cocoknya buat temen-temen yang masa kecilnya besar di tahun 90an. Zaman di mana lagu-lagu anak kecil itu fokusnya cuman di masalah sehari-hari aja kayak lagu “Du Di Dam” yang topiknya tentang masak-masak, lagu “Lumba-Lumba” yang topiknya tentang binatang lumba-lumba. Zaman di mana hidup anak kecil belum diracuni sinetron dan goyang dribble.

Nah, kenapa judulnya “mantan”, itu karena artis-artis cilik ini dulunya pernah jadi booming banget. Tetapi sejalan dengan bangsa alay datang jaman berubah, artis-artis ini berubah jadi dewasa dan makiiin ganteng dan cantik. Kalau penulis sih mikirnya mereka-mereka ini berhenti jadi artis, ya karena mereka sadar bahwa dunia entertainment bakalan naik turun. Kalo udah turun lalu mau jadi apa? Nah itu, mereka sadar bahwa karier di dunia entertainment itu ga menentu sehingga mereka meningkatkan kualitas mereka dengan kuliah di perguruan tinggi, salah satunya Universitas Indonesia.

Yuk lihat aja dah siapa aja mantan artis cilik yang lulusan UI ini, jurusan apa saja mereka?

 

Renaldy

Mantan Artis Cilik Masuk UI - Renaldy

Untuk generasi 90-an pasti mengenal Renaldy yang menjadi penyanyi cilik dan presenter di acara Krucil di SCTV. Pelantun lagu “Rukun dan Damai” saat kecil ini, merupakan seorang lulusan Jurusan Komunikasi Universitas Indonesia, angkatan 2005. Setelah menamatkan kuliah di jenjang sarjana, Renaldy (sekarang dipanggil Dena Rachman), berkuliah di pendidikan pascasarjan di University of Bologna, Italia. Kini penyanyi cilik itu menjadi model dengan foto-fotonya saat di panggung catwalk.

advertisement

 

Tasya Kamila

Mantan Artis Cilik Masuk UI - Tasya Kamila 2

Siapa yang tidak mengenal artis imut dan menggemaskan pelantun lagu “Libur Tlah Tiba” ini? Penulis saja dulu suka banget ama lagunya sampe kalo tidur gak muterin lagu itu, gak akan mau tidur, hihi. Perjalanan karier bintang cilik ini melejit sekali dengan membawa unsur pendidikan dan sesuai dengan usia anak-anak kecil saat itu, tidak seperti sekarang yang didominasi lagu-lagu cinta dan lagu-lagu yang menurut penulis tidak cocok untuk didendangkan anak kecil. Tasya merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Indonesia angkatan 2010 dengan menyelesaikan studinya dalam waktu 3,5 tahun dan mendapatkan IPK 3,58

 

Maissy

Mantan Artis Cilik Masuk UI - Maissy

Jujur aja, pas ngeliat Maissy yang sekarang udah jadi dokter dan cantik banget, penulis kadang ngerasa, “Ya ampun, udah tua banget ya gue”. Penyanyi cilik ini masuk Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia angkatan 2008 dan kini sudah menikah juga. Kalau dulu sering lihat Maissy ini centil dan lucu sekali tingkahnya, sekarang Maissy justru terlilhat lebih anggun, dewasa dan jauh dari sifat kekanakannya dulu saat menjadi artis cilik.

advertisement

Penulis sebenernya kasih dua jempol juga dengan Kak Maissy ini, soalnya kan kalo kecil sering masuk dunia entertainment itu terkenal ntar jadi males belajar, eh kalo Maissy dia malah semangat dan akhirnya masuk juga kan di jurusan bergengsi di Indonesia itu. Ckck.

 

Bondan Prakoso

Mantan Artis Cilik Masuk UI - Bondan Prakoso

Bondan Prakoso, sosok yang ayahnya penulis sangat tahu waktu ia kecil dan penulis aja gak tau sebenernya dia siapa pas kecil, haha. Penulis cuman tau kalo dia adalah penyanyi dengan hits single yaitu lagu “Bunga”. Artis yang merupakan lulusan D3 Sastra Belanda Universitas Indonesia ini, ketika sudah besar kemudian membangun grup musik “Bondan & Fade 2 Black”.

Oh iya, kehadiran Bondan Prakoso di kancah musik Indonesia ini, tidak berkaitan dengan terkenalnya ia saat kecil dulu. Bondan Prakoso memang hasil murni kerja kerasnya saat membawakan single “Kroncong Protol” ini. Sesungguhnya waktu dia besar dengan waktu dia kecil, gantengan pas gedenya si…. #eh

 

Mega Utami

Mantan Artis Cilik Masuk UI - Mega Utami

Penulis sebenernya ga pernah nonton sinetron “Tersanjung” sih… Tapi ngeliat sinetron ini bisa tuntas sampai season 8 atau 10 *kalau gak salah*, sebenernya sinetron ini punya daya Tarik untuk masyarakat Indonesia kala itu. Sinetron ini jugalah yang mengangkat nama Mega Utami. Dia adalah aktris di film “Joshua oh Joshua” dan bermain di sinetron “Tersanjung 3” hingga “Tersanjung 5”. Gadis kelahiran 2 April 1992 ini adalah alumni dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

 

Dhea Ananda

Mantan Artis Cilik Masuk UI - Dhea Ananda

Siapa yang tidak kenal Trio Kwek Kwek saat kita masih kecil dulu? Ya waktu kecilnya tergantung generasi mana dulu haha. Untuk generasi 90-an, Trio Kwek Kwek bikin penulis selalu seneng banget kalo denger lagunya *soalnya dulu belum punya radio*. Salah satu Trio Kwek Kwek, Dhea Ananda, merupakan lulusan Fakultas Ilmu Budaya jurusan Sastra China Universitas Indonesia. Wow! Lama gak kedengeran di televise atau radio, Dhea Ananda sempat muncul ke permukaan dengan membawakan single “Kau Tak Setia” *tapi penulis sendiri gak tau sih lagunya gimana*

 

Rachel Amanda

Mantan Artis Cilik Masuk UI - Rachel Amanda

Sebenernya nama artis cilik yang satu ini sama kayak namanya penulis *yak langsung ditebak~ ditebak~~ silahkan Pak Bu*. Nama artis cilik yang sudah menjadi remaja cantik ini adalah Rachel Amanda. Sebetulnya namanya memang sudah meredup, tapi pas penulis liat lagi fotonya, inget banget nih dulu suka sensi liat dia cantik gitu hahahaha. Penulis emang orangnya sensian gitu deh kalo ngeliat sepantarannya pas kecil terus bisa pake baju apa-apa kesukaan dia hahaha geje yak. Well, dia sedang menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi. Katanya sih dia pindah dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, terus dia ngambil ke Psikologi. Yaaa semoga betah ya Mbak Rachel Amanda ini, hehe…

Sudah disebutin semua kan tujuh mantan artis cilik yang pernah mengenyam pendidikan di kampus Universitas Indonesia ini. Kaget kan lihat transformasi artis-artis cilik itu sekarang menjadi besar dan cantik-cantik banget sekarang, bahkan ada yang bener-bener gak mirip sama waktu kecilnya. Hahaha. Yaa people change, dude. Itu artinya, lo semua udah pada tua :v hahahahaha

Bagaimana, apakah masih ada lagi artis cilik era 90an yang masuk UI dan belum disebut di artikel ini? Tambahkan di komentar ya! Share juga di Facebook, Twitter, LINE, atau WhatsApp teman-teman ya!



[reaction_buttons]