Berita pada zaman sekarang sudah menjadi makanan sehari-hari, apalagi mahasiswa yang gak bisa lepas dari mantengin gadget. Gak di TV, radio, koran, maupun portal berita online, segala kabar terbaru mengenai seluk beluk dan carut marut dunia bisa kita ikuti. Akan tetapi, sadar gak sih, ternyata berita yang dimuat di media massa itu ya gitu-gitu aja, topiknya gak jauh-jauh dari hal yang udah sering kita baca dan denger sampe bosen. Nah loh, emangnya apa aja sih jenis beritanya? Berikut rangkuman anakui.com mengenai hal tersebut.

BACA JUGA: Gimana Caranya Biar Gak Gampang Terprovokasi oleh Media?

 

advertisement

Berita Update

Berita yang muncul setiap setengah jam sekali via lendcreative

Berita yang muncul setiap setengah jam sekali via lendcreative

Jenis berita ini merupakan berita yang muncul setiap setengah jam sekali, misalnya kecelakaan, banjir, gunung meletus, kebakaran hutan, macet, pemerkosaan, pencurian, dan sebagainya. Kita pasti udah hapal sama model berita ini karena selalu berulang-ulang dan hanya memberikan info, ditambah bumbu sedikit opini yang menyalahkan pihak pemerintah tanpa solusi yang nyata.

 

Berita Kehidupan Sosial

Berita kehidupan sosial via rri

Berita kehidupan sosial via rri

Kurang lebih sama kayak berita update tadi, bedanya berita ini gak muncul setengah jam sekali, tapi dikupas secara mendalam pada suatu sesi khusus. Contoh beritanya misalkan fenomena kemiskinan, gelandangan, wabah penyakit, dan hal lain yang menyangkut kehidupan sosial masyarakat. Dalam berita ini, pemerintah jauh lebih disudutkan daripada berita update tadi.

advertisement

 

Berita Hiburan

berita hiburan ini cuma buat seru-seruan via beritatagar

berita hiburan ini cuma buat seru-seruan via beritatagar

Sebenernya berita hiburan ini cuma buat seru-seruan dan biar asik aja sih, kayak tujuh fakta unik blablabla, tujuh destinasi blablabla, tujuh hal menarik blablabla. Berita ini sesungguhnya agak-agak kurang urgent untuk disaksikan, tapi ya namanya juga hiburan, kadang menarik juga buat nambah wawasan.

 

advertisement

Berita Politik

Inget gimana berita pemilu yang ga ada abisnya? via bonepos

Inget gimana berita pemilu yang ga ada abisnya? via bonepos

Penulis mau angkat tangan aja kalo masalah berita ini, boleh gak? Berita ini bisa dibilang gak ada matinya! Karena semua orang seolah-olah kekeuh akan pendapatnya dan pasti berada dalam satu pihak. Contoh paling nyata adalah pada saat pemilu presiden, dua kubu saling mempertahankan jagoannya masing-masing dan mencari-cari kesalahan lawan. Jangankan saat pemilu, di keseharian juga banyak berita tentang partai politik saling balas membalas, kasus-kasus korupsi, pencemaran nama baik, kritik terhadap pemerintah, dan lain sebagainya.

 

Berita Prestasi

Berita prestasi via voaindonesia

Berita prestasi via voaindonesia

Biasanya ya, berita prestasi ini muncul dari cabang olahraga. Misalnya, Timnas berhasil di pertandingan awal, kemudian berita ini akan dibesar-besarkan seolah-olah menjadi juara utama. Bukan pesimis apa gimana, tapi kebanyakan dari kita lengah akan euphoria kemenangan padahal baru di awal pertandingan.

advertisement

Akan tetapi, kita patut berbangga hati karena Indonesia Raya berhasil dikumandangkan pada Olimpiade Rio 2016 tanggal 17 Agustus kemarin berkat peraihan medali emas oleh Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir. Selamat!

 

Berita Drama

Berita drama untuk meningkatkan popularitas via antiketombe.clear

Berita drama untuk meningkatkan popularitas via antiketombe.clear

Ya, gak usah dipertanyakan lagi kalo di dunia media massa juga ada yang namanya drama untuk meningkatkan popularitas dan mendongkrak nama media. Gak masalah sih sebenernya, yang bikin kesel adalah berita ini cenderung menarik perhatian masyarakat secara lebih besar dan menutupi berita-berita lainnya yang jauh lebih penting. Pengalihan isu, namanya.

 

Berita Sensasional

Berita sensasional yang gak penting-penting amat via tyhjataivas

Berita sensasional yang gak penting-penting amat via tyhjataivas

Mirip-mirip kayak berita drama di atas, bedanya berita ini jauh lebih gak penting dan membahas kehidupan pribadi tokoh papan atas yang kalo kita bahas sampe mendalam pun sama sekali gak ada faedahnya. Ok-lah ada manfaatnya untuk menghindari hal-hal tersebut, tapi kan banyakan buang waktunya. Iya, udah gitu aja.

Dan setelah kamu membaca artikel anakui.com kali ini, kamu dapat menyimpulkan bahwa artikel ini masuk ke dalam berita yang….?