Halo kawan-kawan semua. Bagaimana kabar karantina #dirumahaja nya? Sudah mulai bosan belum? Tolong sabar dan ditahan dulu yak keinginan untuk berkegiatan di luarnya sampai pandemi ini agak mereda. Memang sih berkegiatan di luar sangatlah menyenangkan dan seru. Apalagi kalo dilakuin bareng-bareng. Oh iya siapa di sini yang kangen olahraga pagi-pagi di luar rumah? Seru banget kan yak kalo udah bisa bebas olahraga pagi lagi di luar rumah. Trus siapa juga yang disini kangen sama UI? Pasti banyak nih. Nah kalo yang kangen olahraga pagi di UI ada gak? Wah enak sih ngebayangin pagi-pagi olahraga di UI. Secara UI luas dan memang banyak spot yang bisa digunakan untuk olahraga pagi. Disini anakui mau ngasih tau 8 jenis olahraga yang asik dilakukan pagi hari di UI. Selain sehat, olahraga pagi di UI juga menyenangkan loh. Dijamin pasti nagih dan tulisan ini bikin kalian kangen deh untuk olahraga pagi-pagi di wilayah UI. Yuk dicek.

1. Lari Pagi/Jogging

Olahraga pertama yang asik kalo dilakukan pagi-pagi di UI tidak lain dan tidak bukan yaitu lari pagi atau jogging. Lari pagi atau jogging masih menjadi primadona di kalangan manusia yang berolahraga pagi hari di sekitar wilayah kampus UI. Banyak sekali masyarakat baik dari civitas UI sendiri atau masyarakat luar UI yang suka sekali lari pagi atau jogging di wilayah UI ini. Apalagi kalo hari minggu. Bisa dibilang UI jadi berisi lautan manusia yang sedang berusaha membakar kalori dengan berlari.

Secara UI punya jalur khusus yang ramah untuk pejalan kaki, sehingga menjadi keuntungan bagi yang ingin lari pagi. Selain itu, wilayah UI yang terkenal sejuk dan asri berkat pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi bagaikan hutan (UI memang punya hutan sih). Hal ini membuat masyarakat yang lari pagi di UI akan merasakan kesejukan dan kenyamanan.

advertisement

UI juga memiliki lintasan yang cukup panjang yang biasa disebut UI lingkar dalam (inner ring road) dan UI lingkar luar (outer ring road). Nah sesuai namanya lintasan ini memiliki rute berbeda. Untuk UI lingkar dalam hanya memutari UI dengan check point Balairung dan kembali lagi ke Balairung melewati Fakultas Psikologi-Teknik-Stadion UI-MIPA-dan kembali ke Balairung. Sementara itu UI lingkar luar perbedaannya yaitu dari Balairung melewati Fakultas Psikologi-Gerbatama UI-Asrama-Jalan cinta-tembus ke Fakultas Teknik dan kembali ke rute yang sama dengan UI lingkar dalam. Lari pagi juga menjadi salah satu olahraga favorit mahasiswa, biasanya dilakukan ketika ada kelas pagi dan mereka terlambat sehingga mengharuskan mereka berlari-larian menuju kelas. Oh ya, sekedar info, kalian juga bisa lari di lintasan atletik yang ada di Stadion UI.

Di UI pun tiap tahun menyelenggarakan berbagai acara lari. Contohnya adalah BNI-UI Half Marathon yang diselenggarakan oleh ILUNI (Ikatan Alumni) UI dan Run Foriver yang diselenggarakan oleh MAPALA (Mahasiswa Pencinta Alam) UI. Acara lari tersebut menyediakan perlombaan lari dari 5 km, 10km, sampai dengan 21km. Buat para runners, tentu kini kalian sudah yakin kalo di UI adalah tempat yang sangat baik untuk berlari.

BACA JUGA: Setelah Tahu Fakta-fakta Ini, Lari di UI Bakal Jadi Hobi Baru Kamu

advertisement

2. Bersepeda

berspeda di ui di pagi hari

Sumber: liputan6.com

Olahraga kedua yang asik dilakukan pagi hari di UI ini bisa memanfaatkan fasilitas UI loh yaitu bersepeda. Yap, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang asik dilakukan pagi hari di UI. UI sudah sejak lama memiliki fasilitas peminjaman sepedanya sendiri loh. Sepeda tersebut dinamakan spekun alias sepeda kuning.

Awalnya fasilitas spekun ini diperuntukkan kepada para civitas UI. Spekun ditempatkan di beberapa halte yang ada di UI dan dijaga oleh petugas spekun. Cara meminjam spekun tersebut cukup mudah dengan menyerahkan KTM kemudian petugas spekun akan mencatat di lembar peminjaman mereka. Setelah itu taraaaa kalian sudah bisa menggunakan spekun untuk berkeliling UI.

Seiring perkembangan zaman, posisi spekun harus segera beradaptasi. Dengan kondisi spekun yang juga sudah mulai tua maka peremajaan atau pembaruan spekun diperlukan. Hingga akhirnya muncul Gowes. Suatu fasilitas umum bike-sharing yang dikembangkan UI untuk memudahkan pengunjung UI menggunakan sepeda berkeliling UI. Sistem Gowes berdasarkan aplikasi, sehingga untuk meminjam sepeda tersebut hanya perlu meng-install aplikasi Gowes.

advertisement

Perkembangan zaman ini membuat eksistensi Gowes menjadi sebuah kemajuan dalam pemanfaatan sepeda di lingkungan UI. Selain sepeda, Gowes juga menawarkan peminjaman skuter. Kembali lagi pada olahraga bersepeda. Bersepeda pagi hari di UI sangat menyenangkan loh. Adanya pohon-pohon rindang di UI membuat suasana bersepeda menjadi asri. Warna hijau dari pohon-pohon tersebut juga membuat hati dan pikiran menjadi tenang sehingga membuat bersepeda jadi nggak capek. Apalagi kalo bersepedanya bareng teman, dijamin pasti nagih deh bersepeda di UI.

Oh iya, di dalam hutan UI juga ada loh track sepeda yang sering digunakan. Tempat ini terkenal buat para penggila sepeda dengan trek menantang yaitu di Hutan UI Bike Park. Biasanya sepeda yang digunakan tipe mountain bike karena lintasannya tanah dan agak terjal. Banyak kok orang-orang yang bersepeda di lintasan dalam hutan UI tersebut

Sumber: facebook.com

Beginilah serunya bersepeda di trek Hutan UI

advertisement

Lintasan tersebut sangat cocok untuk orang-orang yang bersepeda dengan memacu adrenalin dan ingin tantangan. Selain itu, bersepeda keliling UI juga cukup menyenangkan loh. Melihat pemandangan gedung dan pohon yang ada di UI bisa membuat bibir senyum sumringah loh.

BACA JUGA: Udah Tau Trek Sepeda Favorit Anak UI di Balik Rimbunnya Pepohonan Mahkota Hijau?

3. Skuter

skuter ui

Sumber: ui.ac.id

Olahraga yang satu ini masih terbilang baru untuk dilakukan pagi hari di UI, kecuali memang memiliki alatnya sendiri. Yap berskuter ria mengelili UI bisa menjadi opsi olahraga yang asik dilakukan pagi hari di UI. Seperti telah disebutkan pada poin nomor 2 bahwa UI sendiri memiliki skuter yang memang diperuntukkan bagi pengunjung UI yang dinamakan Gowes. Sistem peminjaman skuter Gowes sama dengan sepeda Gowes. Tinggal kalian pilih lebih nyaman menggunakan sepeda atau skuter. Tempat peminjaman skuter juga sama dengan sepeda yaitu di beberapa halte yang ada di UI.

Oh iya, sebelumnya ada fakta menarik tentang skuter. Dahulu sempat ada fasilitas peminjaman skuter yang berasal dari Grab yaitu Grab Wheels. Hal ini cukup membuat anak-anak UI terkejut dan penasaran untuk menggunakan fasilitas tersebut. Tempat peminjaman Grab Wheels berada di halte Fakultas Teknik. Namun sayang, fasilitas Grab Wheels untuk saat ini sudah tidak ada. Semoga UI dapat bekerjasama kembali dengan Grab Wheels agar dapat menambah jenis moda transportasi mengelilingi UI.

grab wheels di ui asik banget cuy

Sumber: medcom.id

Nah bagi kalian yang ingin olahraga pagi berkeliling UI tapi ingin melakukannya sambil nyantai. Maka menggunakan skuter jadi jawabannya. Kalian bisa berolahraga dengan berskuter ria mengelilingi UI dengan perasaan gembira. Hanya perlu satu sampai lima dorongan lalu naik ke atas skuter dan tinggal gas saja tuas skuter. Langsung bisa merasakan hembusan angin sambil nyantai berkeliling UI nya. Tapi jangan lupa direm yak karena bahaya kalo jalan terus, bisa bisa kalian nabrak sesuatu deh.

BACA JUGA: Ini Dia Tipe-Tipe Mahasiswa UI ketika Nunggu Hujan!

4. Badminton

Olahraga yang keempat ini tidak bisa dimainkan sendiri, harus ada partner atau lawan untuk menemaninya. Yap badminton menjadi salah satu opsi olahraga yang asik dilakukan pagi hari di UI. Selain UI memiliki suasana yang sejuk, terdapat beberapa spot yang memungkinkan kalian untuk bermain badminton karena UI lumayan luas. Misalnya saja dekat parkiran mobil Balairung UI. Biasanya jika kondisi weekend parkiran tersebut sepi dengan mobil yang parkir, sehingga bisa dijadikan tempat untuk olahraga badminton.

Selain parkiran Balairung UI masih banyak beberapa spot lain yang bisa digunakan untuk olahraga badminton misalnya saja jalan cinta UI. Jalan cinta cukup lebar dan luas sehingga bisa dijadikan spot untuk berolahraga badminton. Kondisi ini didukung dengan jalur jalan cinta yang panjang dari pintu kutek hingga asrama. Saat weekend tiba, jalan cinta pasti selalu ramai. Kalian pun dapat melakukan olahraga badminton di UI dengan perasaan senang dan seru loh. Karena badminton juga masih menjadi salah satu olahraga favorit di Indonesia. Jadi tidak ada salahnya kalian mencoba olahraga ini pagi hari di UI. Dijamin asik loh.

BACA JUGA: FISIP UI Ambil Bagian Dalam Kejuaraan Bulutangkis Nasional

5. Senam

Untuk olahraga yang kelima ini memang cukup ribet dan butuh persiapan. Karena selain membutuhkan lahan yang cukup luas juga membutuhkan beberapa peralatan tambahan seperti sound system dan lain-lain. Terlepas dari keribetan tersebut, senam bisa kalian jadikan opsi olahraga yang asik dilakukan pagi hari di UI.

Walau sepertinya jarang terlihat ada yang melakukan senam di UI, tapi sebenernya pernah ada beberapa orang yang melakukan senam loh di UI. Biasanya diselenggarakan oleh kepanitiaan atau organisasi mahasiswa UI. Nah senam tersebut dilakukan di tempat-tempat yang cukup luas seperti area balairung UI atau jalan boulevard UI. Selain luas, kedua tempat tersebut biasanya ramai dilalui orang sehingga memungkinkan untuk mencari massa agar ikut bersenam ria.

Sumber: Instagram @irfanbiceps

Sejatinya senam merupakan olahraga yang asik dan seru. Sehingga, ini bisa menjadi sarana melepas penat sekaligus menambah kebugaran badan. Dengan diiringi alunan musik dan gerakan-gerakan indah. Senam menjadi olahraga yang digemari sebagian masyarakat. Yuk gak ada salahnya loh bersenam ria pagi-pagi di UI. Gak perlu terlalu ribet nyiapin tempat yang luas, yang penting kan gerakan-gerakan senam tersebut. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Tujuh Tipe Mahasiswa Kala Menghabiskan Liburannya! Hayo, Kamu Yang Mana?

6. Workout

Olahraga yang keenam ini bisa dibilang yang paling mudah dilakukan dan gak terlalu ribet. Berkebalikan dengan olahraga kelima tadi yaitu senam. Olahraga keenam ini juga bisa dilakukan sendiri, jadi tidak ada alasan untuk malas melakukannya karena tidak ada teman. Nah olahraga tersebut yaitu workout.

Bisa dibilang aneh sih melakukan workout di UI secara UI kan biasanya rame di kala pagi hari. Ya itu menjadi salah satu alasan yang membuat orang akhirnya malas berolahraga walaupun hanya sebatas workout. Jika memang malu diliatin banyak orang, bisa saja cari spot di UI yang sepi. Misalnya dekat Gedung Pusgiwa UI, di sana tidak terlalu ramai orang berlalu lalang. Tempatnya pun adem dan nyaman untuk melakukan workout. Jadi kalian bisa dengan leluasa melakukan workout disana.

Untuk pilihan workout cari saja yang familiar agar kalian dengan mudah melakukannya. Contohnya push up, sit up, back up, dan squat jump. Lakukan masing-masing 10-20 kali. Itu sudah bisa membuat badanmu berkeringat. Mudah kan? Jangan malas lagi ya untuk berolahraga.

BACA JUGA: Olimpiade UI Bakalan Tambah Asyik Kalo Ada Cabang Lomba Berikut ini!

7. Sepatu Rodaan

Olahraga yang satu ini memang jarang terlihat di UI dan mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. Cuma olahraga ini bisa menjadi salah satu opsi kok jika kalian ingin berolahraga pagi di UI. Ya olahraga ini yaitu bersepatu roda. Sama halnya dengan lari pagi/jogging, bersepeda, dan berskuter. Olahraga sepatu roda juga asik dilakukan pagi hari di UI.

Mengelilingi UI dengan bersepatu roda menjadi alternatif lain jika kalian bosan lari pagi ataupun bersepeda. Ya memang sih kalian harus punya sepatu rodanya. Karena di UI tidak disediakan beda dengan sepeda dan skuter yang sudah difasilitasi. Tapi kalau kalian memang berminat dan punya sedikit rezeki untuk membeli sepatu roda. Olahraga ini bisa menjadi opsi kalian loh jika ingin melakukannya pagi hari di UI. Dijamin asik, seru, dan menyenangkan.

BACA JUGA: 5 Kesyahduan yang Bakal Kamu Dapetin Kalau Berkuliah di Fakultas Ini!

8. Renang

Nah olahraga yang terakhir ini harus memiliki fasilitas tersendiri karena tidak bisa sembarangan dilakukan. Beruntungnya UI sudah memiliki fasilitas untuk menunjang olahraga ini. Fasilitas tersebut disediakan oleh Felfest UI dan Wisma Makara UI. Yap olahraga tersebut adalah berenang.

Berenang menjadi salah satu olahraga yang asik dilakukan pagi hari di UI loh. Dengan suasana UI yang asri dan adem, lalu didukung air kolam renang yang dingin. Hal itu dapat membuat badan dan pikiran langsung fresh sehingga dapat menjalankan aktivitas dengan optimal setelahnya. Pokoknya berenang sangat direkomendasikan lah untuk dilakukan. Apalagi UI sudah punya fasilitas kolam renangnya sendiri yaitu di Felfest UI dan Wisma Makara. Kedua fasilitas tersebut sudah buka dari jam 6 pagi, jadi kalian bisa kan berolahraga renangnya dari pagi. Ketika weekend, kedua fasilitas ini cukup ramai dan menjadi tempat favorit. Jadi jangan sampai kalian melewatinya. Tidak ada lagi dong kata malas berenang dalam pikiran kalian yak.

BACA JUGA: Danau UI Bukan Cuma Soal Mitos, tapi Danau UI Juga Penting Buat Masyarakat!

***

Nah itu tadi beberapa jenis olahraga yang asik kalian lakukan pagi hari di UI loh. Ada yang bisa kalian lakukan sendiri dan ada yang harus bersama teman melakukannya. Mau dilakukannya sendiri atau bersama teman yang namanya olahraga sudah pasti asik, seru, dan menyenangkan bukan. Selain itu, dengan berolahraga kalian bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Bagi kalian yang udah kangen nih berolahraga di UI tolong ditahan dulu. Mulai aja olahraga dari rumah dahulu agar badan kalian tetap sehat dan bugar. Olahraga juga bisa menjaga kewarasan kalian di tengah pandemi ini loh. Salam Olahraga!

Sumber gambar header: Jogging di Rotunda UI