Barang essentials yang wajib ada di kamar kosan. Halo semuanya, bulan Agustus identik dengan perayaan kemerdekaan Indonesia, selain itu bulan Agustus ini memang seharusnya menjadi bulan yang sibuk ya bagi sebagian orang khususnya mahasiswa baru. Biasanya nih ya dalam keadaan normal sebelum pandemi, di bulan Agustus seperti sekarang ini mahasiswa sedang disibukkan dengan pengisian Isian rencana studi (IRS) alias siak war, sedangkan mahasiswa baru sedang sibuk mengurus registrasi ulang, menyiapkan segala kebutuhan orientasi mahasiswa, sibuk mencari teman-teman baru, hingga sibuk memilih rumah kos-kosan yang cocok.

Mungkin ada banyak perubahan di tahun ini menyusul penyesuaian akibat pandemi covid-19 yang belum usai, tapi saat keadaan kembali normal kita mahasiswa UI harus kembali ke Depok untuk melanjutkan perkuliahan tatap wajah. Tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk isi dan perlengkapan barang untuk di kamar kosan. Buat kamu yang berencana untuk kembali ‘ngekos’ entah itu di kutek, kukel, barel, dan daerah lainnya berikut daftar barang yang akan kamu butuhkan dan wajib banget ada di dalam kamar kosan!

1. Obat Nyamuk

Ya, obat nyamuk, selain berfungsi untuk mengusir nyamuk, benda ini juga bermanfaat untuk mengusir serangga lain seperti kecoa, semut, dan kelabang. Apalagi bagi kamu yang ngekos dengan fasilitas kamar mandi di dalam kamar, gamau kan tiba-tiba ada kecoa yang mendekam di balik bantal…hii…

advertisement

2. Bumbu Masak

Karna kamu tinggal sendiri, pasti kamu butuh bumbu masak seperti penyedap rasa, garam, gula, kecap, saos, dan lain sebagainya.  Fungsinya sebagai pelengkap rasa makanan, kalau kamu pesan bakso via ojek online dan ternyata rasanya hambar, gaperlu khawatir karna kamu sudah punya stok garam di kamar.

BACA JUGA: 6 Makanan Yang Selalu Jadi Danusan, Mana Yang Paling Sering Bikin Kamu Nombok?

3. Senter/lilin

Sumber: headtopics.com

Lilinnya bukan untuk pemujaan setan loh ya, tapi untuk jaga-jaga bila suatu waktu listrik di kosan kamu padam, apalagi kalau padamnya di malam hari dan kosan kamu sepi, biar ga parno wajib banget punya senter atau lilin, tapi kalau pakai lilin kamu harus sedia korek, dan juga perhatikan tempat kamu menyalakan lilin, jangan sampai apinya membakar seisi kamar kosan.

advertisement

4. Perlengkapan makan

Sumber: pinterest.com

Ini sih sudah jelas ya, piring, mangkok, gelas, dan sendok sudah menjadi kewajiban. Jangan sampai kelupaan!

BACA JUGA: Menambah Stok Foto dengan Virtual Photoshoot, Yuk!

5. Gantungan Baju

Sumber: lazada.co.id

Selain untuk menggantung stok baju di lemari, barang ini juga kamu perlukan kalau kamu mencuci sendiri, alias tidak menggunakan jasa binatu barang ini pasti terpakai, lumayan banget untuk kamu yang lagi berusaha menghemat uang jajan dari orang tua.

advertisement

6. Alat Masak Serbaguna

Sumber: productnation.co

Alat masak yang serbabisa seperti ini sudah banyak banget tersedia di marketplace, cari alat masak yang multifungsi, untuk menggoreng, untuk merebus, mengukus, atau skedar menghangatkan makanan yang semalam kamu beli tapi gak habis. Biasanya alat masak ini menggunakan sumber daya listrik, jafi kamu gaperlu repot-repot beli gas lagi deh!

7. Karet Gelang, Lem, dan Slotip

Ini barang yang remeh/sepele tapi ternyata butuh banget di kehidupan sehari-hari. Contohnya karet untuk menutup bungkus ciki yang kamu makan, dan selotip untuk menempelkan foto atau jadwal di dinding juga bisa.

BACA JUGA: Mahasiswa UI Jabodetabek, Pilih PP atau Ngekos?

advertisement

8. Rol Kabel

Ini must have produk yang wajib ada di kamar kosan. Biasanya di dalam kamar kos hanya tersedia 1 colokan listrik, makanya kamu butuh barang ini untuk mengecas laptop, handphone, dan kipas secara bersamaan.

9. Obat-obatan dan P3K

Sumber: bukalapak.com

Untuk kamu yang memiliki alergi atau penyakit bawaan jangan lupa ya untuk bawa obat-obatan pribadi ke kosan, jangan lupa juga untuk menyetok peralatan P3K untuk berjaga-jaga kalau tanganmu terkena gunting atau benda tajam lainnya.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Tips Memilih Kos Ideal bagi Anak Rantau