Siapa yang suka nonton konser musik?

Sebagai kampus yang memiliki orkestra ketiga di Indonesia dan memiliki mahasiswa/i yang aktif dalam berekspresi melalui musik, Universitas Indonesia tak jarang menjadi lokasi beberapa perhelatan konser musik terkece yang selalu tercatat dalam sejarah.

Sebut saja, Jazz Goes to Campus (JGTC), FESBUD UI, dan banyak lagi konser musik lainnya yang sering diadakan di kampus berjaket kuning ini. Namun, siapa sangka ternyata dalam setiap event musik yang terjadi di UI, kampus ini selalu kedatangan 9 tipe pengunjung konser yang hampir selalu ada.

Siapa saja sih mereka? Apakah kamu termasuk di antaranya.

BACA JUGATipe-tipe Mahasiswa yang Biasanya Datang ke Perpustakaan UI

1. Newbie

Tipe newbie: cuma penasaran aja (sumber)

Tipe newbie: cuma penasaran aja (sumber)

Biasanya baru pertama kali menonton konser musik, apalagi konser musik yang bergenre spesifik seperti jazz. Datang karena terpikat materi promosi atau karena penasaran saking hebohnya. Mereka datang, nonton, lalu bingung. Jepret foto selfie dikit, hanya untuk dipasang sebagai foto profil di Facebook, membuktikan bahwa mereka sudah pernah datang ke konser yang lagi hits ituh.

advertisement

 

2. Ababil

Tipe Ababil: sebates eksis (sumber)

Tipe Ababil: sebates eksis

Ababil, alias ABG Labil, kalau ke konser musik di UI pasti tujuannya hanya untuk eksis. Selfie sana-sini depan backdrop, depan logo-logo, atau benchmark simbol UI. Belum tentu juga suka musiknya. Seringkali keliling-keliling area tanpa tujuan. Aneh banget emang.

 

3. Music Lover

Tipe Music Lover: datang sampe ke backstage

Tipe Music Lover: datang sampe ke backstage compfight: Photo Credit: Mathieu EZAN via Compfight cc

Sudah siap dengan jadwal konser jauh-jauh hari sebelumnya. Sudah tahu akan nonton siapa saja dan di stage mana serta jam berapa. Biasanya akan nonton konser hingga akhir acara dan selalu berpindah-pindah stage. Tak lupa, mereka juga gencar mencari musisi yang tampil ke belakang panggung untuk diajak foto bersama dan cari CD/DVD album mereka. Usai nonton, pasti belanja merchandise konser yang selalu ada tiap tahunnya, seperti kaos JGTC yang desainnya kadang cuma logo JGTC dan ngeganti tahunnya doang.

 

4. Penonton Langganan

Tipe penonton langganan via kompasmuda

Tipe penonton langganan via kompasmuda

Mirip dengan Music Lover, sudah ready dengan berbagai persiapan  jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan sudah tahu tips dan trik untuk mendapatkan tiket murah. Bedanya, tipe yang satu ini sampai memprint jadwal atau mendownload aplikasi event konser (bila ada). Bahkan, tak jarang beberapa di antara mereka sudah membawa bekal untuk makan dan minum di area event, karena udah tau kalau beli di tempat, koceknya pasti nangis. Hiks.

advertisement

 

5. Local Acts Lover

Tipe Local Acts Lover: berada di barisan terdepan (sumber)

Tipe Local Acts Lover: berada di barisan terdepan (sumber)

Biasa ke konser musik di UI tapi hanya untuk nonton artis lokal dan kebanyakan perempuan. Mereka inilah yang selalu ada di barisan terdepan dan setia menonton dari awal hingga akhir. Biasanya bakal teriak-teriak kalau ada musisi yang ganteng atau nggak pas lagu galau dimainin. Terus besoknya cerita kalau konser di UI yang dia datangi itu romantis banget, padahal jomblo, ke konser juga kadang sama temen kosan. Hiks.

 

6. Fotografer

Tipe Fotografer: belum tentu tau siapa yang nyanyi (sumber)

Tipe Fotografer: belum tentu tau siapa yang nyanyi (sumber)

Tujuannya ke konser musik di UI bukan untuk dengerin musik, itu nomor dua. Tujuan utamanya adalah hunting foto. Sebagian dari mereka tau musisinya, sebagian lagi tidak. Biasanya pakai celana pendek, topi, kacamata, ransel besar, dan pastinya menenteng kamera DSLR. Bagi yang kurang paham genre musiknya,  kebiasaannya masuk desak-desakan begitu sampai di depan, jepret ini itu, lalu bertanya ke sebelahnya, “Ini siapa ya yang nyanyi?” Kalau beruntung biasanya ada cewek yang kesengsem sama tipe begini, cuma sayang, karena dia fokusnya moto-moto, giliran si cewek ngasih kode, doski gak ngeliat, jadi ya kayak sinetron gitu deh, cuma papasan doang jadinya. Padahal mungkin jodoh. Hiks.

 

7. Selebriti

Tipe Selebriti: Biasanya gak begitu mencolok via mtv.id

Tipe Selebriti: Biasanya gak begitu mencolok via mtv.id

Kita udah tau gak sedikit artis kuliah di UI. Kadang yang gak kuliah di UI pun suka datang buat nonton musisi tertentu. Kadang mereka gak mau terlihat mencolok, pakai baju yang sederhana dan berbaur di antara penonton.

 

8. Wota

Tipe Wota: kehebohannya masih kebawa (sumber)

Tipe Wota: kehebohannya masih kebawa (sumber)

Ya, wota. Hanya fans dari JKT48. Kadang suka masuk ke konser musik di UI yang gak ada hubungannya sama JKT48, bisa saja dia juga suka genre musiknya, meski begitu, kadang cara nonton konsernya masih suka kebawa atmosfir nonton JKT48. Bawa lightstick, tangan ke atas, goyangkan ke kiri dan ke kanan. Lalu histeris. Begitulah.

 

9. Anak Kampus Tetangga

Tipe Tetangga Sebelah: datang dari kampus sekitar

Tipe Tetangga Sebelah: datang dari kampus sekitar (sumber)

Sebut saja anak PNJ, Gundar, anak UP, anak IISIP, bahkan sampai anak UIN Syarif Hidayatullah yang di Cipete sana bisa tiba-tiba muncul di konser musik yang diadakan di UI. Boleh-boleh saja sebenernya. Gak ada yang larang. Cuma kalau pas di JGTC, biasanya MC-nya suka iseng ngeledekin penonton yang kebetulan berasal dari kampus lain. Jadi ya, sabar aja yak teman2 yang dari kampus lain.

Nah itu dia 9 tipe penonton konser musik di UI. Kamu termasuk yang mana, Guys? Atau kamu mau menambahkan tipe penonton lainnya?

Yuk, share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line biar makin seru!