9 Universitas Terbaik di Indonesia versi Times Higher Education, Kampus Kita Peringkat 1

Ribuan institusi di dunia mengirimkan data-data yang diperlukan ke THE, kemudian data tersebut diolah untuk penyusunan peringkat dengan mempertimbangkan 13 indikator kinerja yang dikelompokan kedalam lima aspek. Apa saja? Yuk simak!


0

Times Higher Educations (THE) berasal dari majalah TIMES yang berbasis di London, secara berkala membuat laporan khusus pada isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan tinggi. Dilansir dari situs resminya, Tim pakar data mereka mengevaluasi universitas kelas dunia berdasarkan 13 indikator kinerja terpisah, yang mencakup berbagai bidang aktivitas penting universitas ternama yaitu: pengajaran, penelitian, kutipan, pendapatan industri, dan pandangan internasional.

THE telah menjadi sumber informasi yang penting bagi siswa, data yang dimiliki membantu mereka membuat salah satu keputusan terpenting dalam hidup yaitu menentukan  siapa dan dimana mereka harus mempercayakan pendidikannya.

Times Higher Education membuat peringkat universitas untuk menilai kinerja kampus tersebut di panggung global dan menyediakan sumber informasi bagi pembaca untuk memahami berbagai misi dan kesuksesan lembaga pendidikan tinggi. Pemeringkatannya mencakup tiga misi utama aktivitas universitas yaitu, penelitian, pengajaran, dan dampak.

Setiap universitas dalam pemeringkatan memiliki profil terperinci, dengan rincian skor keseluruhan di seluruh peringkat dan data tambahan yang dirancang untuk membantu mahasiswa untuk menentukan pilihan universitasnya. Misalnya, ada data tentang rasio staf-mahasiswa di setiap universitas, pendapatan total per mahasiswa, proporsi mahasiswa internasional dan pengelompokan jenis kelamin mahasiswa. Berikut 9 Perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Rankings 2021.

1. Universitas Indonesia

Menempati urutan pertama Universitas Indonesia menduduki peringkat 801-1.000 dengan jumlah siswa internasional sebanyak 10%, perbandingan siswa perempuan dan laki-laki adalah 66:34, dengan nilai pengajaran 37,6, penelitian 20,7, citations 15,2, pendapatan industry 84,5, dan pandangan international mendapat nilai 51,3.

2. Institut Teknologi Bandung

ITB berhasil menempati urutan kedua dengan jumlah siswa internasional sebanyak 2%, dengan nilai pengajaran 22,9, penelitian 16,5, citations  17,3, pendapatan industry 89,7, dan pandangan internasional 29,5.

3. Universitas Brawijaya

Peringkat ketiga disusul oleh Universitas Brawijaya dengan perolehan nilai pengajaran sebanyak 16,9, penelitian 8,7, citations 10,2, pendapatan industry 36,3, dan pandangan internasional sebanyak 21,9.

4.  Universitas Diponegoro

Selanjutnya ada Universitas Diponegoro dengan perolehan nilai pengajaran sebanyak 21,1, penelitian 10,5, citations 15,0, pendapatan industry 43,2, dan pandangan internasional sebanyak 26,5.

5. Universitas Gadjah Mada

Peringkat kelima diisi oleh Universitas Gadjah Mada dengan perolehan nilai pengajaran sebanyak 24,2, penelitian 12,3, citations 13,1, pendapatan industry sebesar 56,7, dan pandangan internasional sebanyak 38,4.

6. Institut Pertanian Bogor

Keenam ada Institut Pertanian Bogor dengan perolehan nilai pengajaran sebanyak 24,7, penelitian 10,1, citations 12,6, pendapatan industry 58,1, dan pandangan internasional sebanyak 40,8.

7. Universitas Padjajaran

Selanjutnya diperingkat ke tujuh ada Universitas Padjajaran dengan perolehan nilai pengajaran sebanyak 22,5, penelitian 8,6, citations 14,5, pendapatan industry 40,5, dan pandangan internasional sebanyak 22,0.

8. Institut Teknologi Sepuluh November

Disusul dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan perolehan nilai pengajaran sebanyak 19,7, penelitian 12,1, citations 17,5, pendapatan industry 61,9, dan pandangan internasional sebanyak 38,2.

9. Universitas Telkom

Diperingkat kesembilan ada Telkom University dengan perolehan nilai pengajaran sebanyak 12,9, penelitian 8,5, citations 22,2, pendapatan industry 33,8, dan pandangan internasional sebanyak 15,5.

***

Itulah 9 Universitas terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE). Ribuan institusi di dunia mengirimkan data-data yang diperlukan ke THE, kemudian data tersebut diolah untuk penyusunan peringkat dengan mempertimbangkan 13 indikator kinerja yang dikelompokan kedalam lima aspek yaitu aspek pengajaran bernilai 30 persen, aspek penelitian bernilai 30 persen, kemudian ada aspek Citation atau kutipan sebanyak 30 persen juga, aspek pandangan internasional yang memiliki nilai 7,5 persen, dan terakhir ada aspek pendapatan industry yang memiliki nilai 2,5 persen.

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply