Akhir Tahun 2011: Sumbangsih Kebanggaan dari Departemen Teknik Industri untuk UI

redtube, pandora, limewire redtube, pandora, limewire


0

Akhir tahun 2011 ditutup dengan prestasi gemilang oleh mahasiswa Teknik Industri Universitas Indonesia dengan meraih penghargaan ilmiah tingkat nasional, yakni pada acara  SEC 2011 Universitas Padjadjaran, Bandung, TEBFC Universitas Trisakti, Jakarta dan SIMUDA 2011 IPB, Bogor.

SEC (Seminar & Economic Conference) 2011 adalah suatu acara nasional yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Bandung yang diselenggarakan pada tanggal 28 November-1 Desember 2011. Rangkaian acara ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu Call for Paper yang dilaksanakan padahari pertama dan kedua. Di hari ketiga diadakan Konferensi Nasional yang menghasilkan konsensus berupa policy recommendation pada pemerintah dan dan di hari terakhir ditutup dengan Seminar Nasional dan Expo.

Pada kompetisi Call for Paper dengan tema “Penerapan Green economy sebagai Pembangunan Berkelanjutan untuk Keberlangsungan Kehidupan Dunia” ini, satu-satunya finalis dari Universitas Indonesia, Khaira Al Hafi berhasil memperoleh peringkat pertama. Mahasiswa semester tiga Teknik Industri ini berhasil unggul dari rival-rival yang berasal dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia dengan mengangkat topik Identifikasi Profil dan Perilaku Green Consumer dalam Rangka Peningkatan Green Market Share dan Akselerasi Pengembangan Industri dan Bisnis Ramah Lingkungan di Indonesia

Mahasiswa peraih beasiswa unggulan CIMB Niaga ini juga ditunjuk sebagai perwakilan mahasiswa peserta konferensi yang mempresentasikan konsensus hasil konferensi nasional pada acara simposium nasional hari terakhir acara yang berlokasi di Graha Sanusi Hardjadinata,kampus UNPAD Dipatiukur, sebagai penghargaan atas sumbangsih pemikirannya yang dominan pada penyusunan konsensus tersebut.

Prestasi yang juga membanggakan juga  diraih pada acara Trisakti Economics & Business Fair Competition (TEBFC)

TEBFC adalah sebuah acara kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Kelas Unggulan, Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti Jakarta. Kompetisi ini sebelumnya  hanya berfokus pada bidang manajemen saja, namun dalam perkembangannya, masalah-masalah ekonomi yang kompleks dan tidak hanya terbatas pada isu-isu di bidang manajemen saja, seperti akuntansi dan ekonomi secara agregat ikut dikompetisikan.

Pada acara yang dilaksanakan pada tanggal 8-10 Desember ini tim Universitas Indonesia dari Teknik Industri 2008 ; Farid Akbar Harahap, Tegar Septyan, dan Meilinda berhasil memperoleh peringkat pertama pada kategori kompetisi statistik dan memperoleh penghargaan hadiah sebesar Rp 7 juta.

Berita prestasi menggembirakan lainnya datang dari Institut Pertanian Bogor Jawa Barat. Tegar Septyan Hidayat (TI 2008) dan Oktioza Pratama (TI 2008) berhasil meraih  JUARA 1 Lomba Paper IPB pada Subtema Ketahanan Pangan pada Acara Simposium Kepemudaan Nasional IPB yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 Oktober 2011.

Semoga pencapaian-pencapaian pada tahun 2011 ini dapat menyebarluaskan virus semangat berkompetisi dan menjadi momentum pembuktian Universitas Indonesia yang digadang-gadangkan sebagai World Class University , untuk meraih prestasi yang lebih cemerlang di tahun 2012.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Khaira Al Hafi
Kegelisahannya pada kecendrungan pemuda untuk menuntut dan hanya bicara tentang perubahan Indonesia yang lebih baik sangat mewarnai perjalanan Al Hafi sebagai mahasiswa. Melalui organisasi yang didirikannya, UI to PIMNAS dan Kreanovator Indonesia, Al memiliki visi untuk menciptakan budaya 'perubahan adalah Saya' , dimulai dari diri sendiri. Ia pun percaya bahwa, agar perubahan tiap individu bisa berdaya guna untuk sekitarnya, dibutuhkan modal : ilmu. Itulah sebabnya Al sangat berminat di bidang riset sehingga dapat memenangkan berbagai kompetisi seperti Oikos UNDP International Economic Competition 2013, Green Economic national Call for Paper competition Fakultas Padjadjaran 2012, Inovator layak paten Kementrian Pendidikan Nasional 2013, Mahasiswa Berprestasi Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2013, dll. Al juga telah diundang untuk berbagi pandangannya mengenai pemuda, inovasi, dan kepemimpinan pada berbagai kesempatan seperti G20 Youth Forum, St. Petersburg, Russia, Central and Eastern European Economic Meeting 2013, Warsaw, Poland, International Interdiciplinary Conference 2013, Venice, Italy, Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Negara 2013 UI Depok, dan belasan kesempatan lainnya baik di luar maupun dalam negri.

3 Comments

Leave a Reply

  1. Selamat yaa……

    Tapi ada yg sedikit mengganggu….Ini menangnya di kompetisi2 yg diadakan oleh Fakultas2 Ekonomi & Bisnis ya? Ini beneran Teknik Industri atau Manajemen Industri ? #justaskingpeaceee……

    1. Makasi mbak Lily,
      saya coba jawab sesuai am yg saya ketahui ya..
      kalo ada tmn2 tmn2 teknik industri yg tar mau koreksi atau nambahin sangat disarankan..

      Setau saya mba lily, manajemen industri itu sendiri adalah bagian dari teknik industri..
      Kurikulum teknik industri secara umum terbagi tiga, yaitu : Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, dan Sistem Industri dan Tekno Ekonomi.

      Pada poin terakhir, jelas terlihat kalo kurikulum teknik industri juga beririsan sama ekonomi, mbak… di Teknik Industri kita juga belajar ekonomi mikro n makro, cost accounting, statistik industri n bisnis, etc..Jadi tidak heran kalo mahasiswa TI juga sering berpartisipasi di kompetisi berbau ekonomi..
      Tentu saja kita juga berpartisipasi di sub bidang lain : contohnya Lomba Keilmuan Teknik Industri yang setiap tahun kami adain ,mbak. Tahun ini temanya : Green Manufacturing ( boleh mampir di webnya http://lkti-ui.com/ ) disini juga dikompetisikan sub bidang sistem manufaktur : ex perancangan pabrik, ergonomi, dll..

      Semoga menjawab ya mbak 🙂

  2. iya makasi mbak lily..mungkin belum banyak dari kita yang tau ya kalau teknik industri adalah satu-satunya teknik yang mendalami ilmu ekonomi juga mbak
    kita disini belajar cost accounting, statistik industri n bisnis, ilmu ekonomi makro n mikro,etc..

    Selain itu, bahkan kalaupun seandainya di teknik industri itu sendiri tidak adalah kurikulum yang berbau ekonomi sekalipun, saya sendiri sangat menghargai kenginan belajar melampaui batas-batas spesialisasi akademis masing-masing..
    Ini insya allah nunjukin keinginan haus ilmu yang lebih..

    Saya sendiri mengidolakan ibn sina dan HAMKA yang bukan hanya membuktikan diri paham ilmu agama,namun juga spesialisasi masing2,ibn sina :ilmu kedokteran n HAMKA : sastra,ilmu humaniora..

    itu pendapat saya lo mbak ..:D