Selain berdampak pada kegiatan akademik, pandemi Covid-19 turut berdampak pada kegiatan non-akademik mahasiswa. Program kerja (proker) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, misalnya. Hal tersebut dapat dilihat dalam Surat Keputusan Ketua BEM UI tentang Penyesuaian Fungsi dan Program Kerja BEM UI Periode 2020 dalam Menyikapi Kebijakan-kebijakan Terkait Pandemi Covid-19.

Surat dengan nomor 434/SK/KETUA/BEMUI/VIII/2020 tersebut menetapkan sistem pelaksanaan fungsi dan proker BEM UI 2020 menjadi tiga sistem pelaksanan, yaitu daring, luring, dan kombinasi keduanya. Ada pula yang statusnya masih ditentukan kemudian, yakni album kenangan dan jalan-jalan akhir tahun. Keduanya merupakan proker internal BEM UI.

Selain itu, surat yang ditetapkan pada 4 Agustus 2020 lalu juga menetapkan peniadaan proker yang tidak dimungkinkan untuk diselenggarakan pada periode ini. Dari keseluruhan proker BEM UI, terdapat delapan proker yang ditiadakan. Berikut uraiannya.

advertisement

1. Bazaar Welcoming Maba (BWM)

Sumber: bem.cs.ui.ac.id

BWM merupakan salah satu proker Biro Keuangan (Birkeu) BEM UI yang diadakan bersamaan dengan daftar ulang maba. Kegiatan yang merupakan bagian dari Welcoming Maba (Welmab) ini diadakan tiga kali dalam setahun, yakni ketika daftar ulang jalur undangan (SNMPTN dan PPKB), jalur SBMPTN, dan jalur SIMAK UI. Namun, karena pandemi ini, daftar ulang diadakan secara daring dan otomatis berdampak pada kegiatan Welmab.

2. Buku Saku UI

Senada dengan BWM, Buku Saku UI juga merupakan proker Birkeu BEM UI yang ditiadakan tahun ini. Buku panduan yang berisikan informasi mengenai rektorat, fakultas, lembaga kemahasiswaan, UKM, paguyuban di UI, lokasi kost, dan informasi umum lainnya tentang UI tersebut diperuntukkan bagi maba dan diberikan saat daftar ulang.

Sumber: issuu.com

Namun, berdasarkan penelusuran anakui.com, Buku Saku UI 2019 tersedia dalam bentuk soft file dan bisa diakses di platform Issuu. Informasi umumnya kurang lebih masih relevan, sehingga masih bisa digunakan oleh maba 2020 sebagai buku panduan.

advertisement

BACA JUGA: 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Cari Uang Sambil Kuliah

3. Tes Minat Bakat (Mikat) UI

Tes Mikat UI merupakan proker ketiga dari Birokeu BEM UI yang ikut ditiadakan tahun ini. Proker tersebut merupakan proker yang bekerja sama dengan Lembaga Terapan (LPT) UI untuk membantu siswa SMA dalam mengetahui minat bakatnya sebelum melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Acara tersebut biasanya diadakan secara langsung di Kampus UI. Namun, karena pandemi, UI menutup kampusnya untuk kegiatan yang menyebabkan kerumunan.

4. UI Art War (UIAW)

Sumber: beritakita6.wordpress.com

Siapa yang nggak kenal sama acara yang satu ini? UIAW merupakan kompetisi seni terbesar di UI yang diadakan setiap tahun. Acara yang merupakan proker Departemen Seni Budaya (Senbud) BEM UI tersebut biasanya diselenggarakan pada semester ganjil. Karena acaranya selalu menimbulkan kerumunan, UIAW pun turut ditiadakan tahun ini.

advertisement

5. UI Ethnovaganza

Sumber: ui.ac.id

UI Ethnovaganza merupakan pagelaran budaya terbesar di UI yang melibatkan paguyuban mahasiswa daerah yang ada di UI. Acara yang juga merupakan proker Departemen Senbud BEM UI tersebut biasanya diadakan di dalam dan di luar kampus UI, serta melibatkan masyarakat umum sebagai pengunjung atau penontonnya. Sayang sekali, tahun ini kita nggak bisa menikmati pagelaran budaya nusantara tersebut karena pandemi.

BACA JUGA: Mengenal HopeHelps UI, Organisasi Nirlaba Anti-Kekerasan Seksual di UI

6. OLIM UI

Sumber: Teknika FTUI

Bisa dibilang, OLIM UI ini saudaranya UIAW karena diadakan berbarengan. Kalau UIAW itu ada di bidang seni, OLIM UI ini merupakan kompetisi olahraga terbesar di UI. Selain ajang untuk berlomba, proker Departemen Olahraga (Depor) BEM UI ini juga menjadi ajang untuk menunjukkan jiwa solidaritas antarmahasiswa di fakultas. Hal itu dapat dilihat dengan adanya parade yang diadakan saat pembukaan OLIM UI dan UIAW. Sayangnya, tahun ini kita nggak bisa merasakan ramainya parade dan serunya menjadi suporter buat tim masing-masing.

advertisement

7. University Sport Championship UI

Sumber: ui.ac.id

Acara yang juga merupakan proker Depor BEM UI ini merupakan kompetisi olahraga tingkat nasional yang diselenggarakan di UI dan diikuti oleh universitas-universitas di Indonesia. Karena acaranya pasti akan mendatangkan orang dari luar UI dan turut menimbulkan kerumunan, acara ini pun turut ditiadakan.

8. Sekolah Sepak Bola (SSB) UI

Sumber: Instagram @ssb_ui

Satu lagi proker BEM UI yang ditiadakan, yaitu SSB UI. Proker milik Depor BEM UI ini diperuntukkan bagi anak usia 6—16 tahun yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di olahraga sepak bola. Biasanya, latihannya diadakan di Stadion UI atau lapangan sepak bola di sekitar UI. Karena keadaan tidak memungkinkan untuk mengadakan latihan olahraga, SSB UI pun akhirnya ditiadakan.

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI

Itu tadi ulasan delapan proker BEM UI yang ditiadakan tahun ini. Semoga tahun depan bisa kembali diadakan ya, apalagi UIAW dan OLIM UI. Siapa sih yang nggak kangen parade dan teriak-teriakan buat nyemangatin fakultas masing-masing?

Oh iya, surat keputusan tersebut dapat kalian akses pada tautan bem.ui.ac.id/SKPenyesuaianBEMUI2020.