Aktivitas Apa Aja Sih yang Bisa Kamu Jadikan Side Hustles?

apa saja sih aktivitas yang benar-benar bisa dijadikan Side Hustles? Kali ini kami akan membahas apa saja aktivitas sampingan, dimulai dari hal-hal sederhana.


0
Selain dapet duit, juga melatih diri sendiri semua hal mendasar seputar public relation via alyathequeen

Di artikel sebelumnya, sudah dijelaskan apa itu Side Hustles dan apa saja manfaat yang dapat kamu tuai dari produktivitasmu. Namun apa saja sih aktivitas yang benar-benar bisa dijadikan Side Hustles? Kali ini kami akan membahas apa saja aktivitas sampingan, dimulai dari hal-hal sederhana namun dapat melatih kamu untuk lebih produktif, lebih well-managed dan lebih kreatif.

Berikut beberapa di antaranya.

BACA JUGA: Side Hustles: Manfaat Apa Aja yang Bisa Kamu Dapatkan Setelah Melakukannya?

 

Ngadmin Socmed

Selain dapet duit, juga melatih diri sendiri semua hal mendasar seputar public relation via alyathequeen
Selain dapet duit, juga melatih diri sendiri semua hal mendasar seputar public relation via alyathequeen

Nampaknya sepele, but as we all know, dunia hari ini membutuhkan banyak pekerjaan yang tidak biasa, socmed admin misalnya. Bagi perusahaan, selebritis bahkan tokoh publik seperti Pak Beye, tentunya membutuhkan jempol-jempol andal yang paham bagaimana me-posting suatu hal yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga dapat membangun citra tertentu dari si pemilik akun.

But, you know what? Ngadmin socmed ternyata gak cuma sebatas itu aja, lho. Gerakan sosial seperti Akademi Berbagi, Jakarta Berkebun, atau bahkan WujudkanID semua berawal dari hobi dan kesenangan seseorang bersocial media, namun dikembangkan lagi, hingga social media dapat menjadi alat penggerak untuk membuat perubahan yang nyata.

Dengan membangun komunitas tertentu menggunakan social media, dan dapat menjadikannya sebuah gerakan yang nyata, kamu dapat melatih diri sendiri semua hal mendasar seputar public relation, marketing, bahkan organisasi dan leadership.

Dan bila dilakukan dengan baik, tentunya hal ini dapat menjadi portfolio kamu suatu saat nanti.

 

Menulis

Raditya Dika, salah satu contoh blogger sukses via gambar-katakata
Raditya Dika, salah satu contoh blogger sukses via gambar-katakata

Adalah salah satu skill mendasar yang hampir dimiliki setiap mahasiswa. Karena kalau kamu gak bisa nulis, trus nanti skripsi sama tugas kuliah kamu isinya apa, dong?

Nah, sayangnya masih gak banyak yang sadar, bahwa skill yang satu ini bisa menjadi Side Hustles yang dapat diandalkan. Kamu bisa menulis di blog dan dikembangkan menjadi sesuatu yang bernilai, kalau kau googling Diana Rikasari, dia adalah salah satu contoh hidup bagaimana Side Hustles lewat fashion blogging bisa membawa dia ke pentas Jakarta Fashion Week dan sukses di industri fashion hingga sekarang.

Dengan menulis, ada banyak jenis Side Hustles yang bisa kamu kerjakan. Mulai dari blogging, ghostwriting—menulis buku untuk orang lain, menulis artikel di situs-situs semi portal seperti anakui.com, menulis karya sastra tertentu yang kalau kamu ajukan ke penerbit siapa tahu bisa menjadi sesuatu yang menggemparkan. Masih ingat kisah Raditya Dika? Dia juga salah satu contoh hidup bagaimana nge-blog bisa membawa dia ke penerbit dan menjadi figur publik.

So, why not?

 

Jasa Rental

Kalau punya mobil, coba aja rentalin ke grab, go car, atau uber via rentalmobiltangerang
Kalau punya mobil, coba aja rentalin ke grab, go car, atau uber via rentalmobiltangerang

Well, jika kamu merasa kamu benar-benar lack of skill dan gak tahu musti ngerjain Side Hustles apa, mungkin satu-satunya yang bisa kamu kerjakan dengan senang hati adalah hospitality alias keramah-tamahan.

Dimana kamu bisa belajar untuk memanage setiap aset yang kamu miliki sehingga ready to use oleh orang lain. Dengan ragam aplikasi seperti Airbnb, GrabCar, dan UBER, kini kamu bisa menyiapkan diri kamu untuk merawat dan memelihara aset kamu agar layak untuk digunakan oleh orang lain.

Kalau asetmu punya mobil, rentalin aja ke Grab atau UBER, kalau asetmu cuma ruang apartemen atau kosan personal? Masih ada Airbnb, dimana kamu bisa sewakan asetmu ke turis atau traveler yang sedang butuh tempat bermalam dengan harga yang cukup bersaing.

Dengan Side Hustles jenis jasa rental, kamu masih memiliki banyak waktu untuk fokus ke hal-hal yang lebih penting dalam hidupmu dan kamu pun mendapatkan pasif income dimana aplikasi-aplikasi di atas sangat membantu kamu untuk mengatur sisa pekerjaanmu.

 

 

Online Shop

Kamu bisa menjual item tertentu tanpa harus bersentuhan dengan barangnya via articles.bplans
Kamu bisa menjual item tertentu tanpa harus bersentuhan dengan barangnya via articles.bplans

Begitu denger kata “Online Shop” kamu pasti bakal langsung mikir “Wah, ribet, musti jualan, ngurus ini-itu, nyetok barang, dll”

Wets, nanti dulu, ada banyak jenis metode yang bisa kamu gunakan kalau kamu terjun menjadi online shoppers. Salah satunya adalah metode dropshipping, dimana kamu cuma perlu bikin akun di web marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak, lalu kamu bisa menjual item tertentu tanpa harus bersentuhan dengan barangnya, yup, kamu cukup menjadi perantara antara vendor/penjual aslinya dengan pembeli.

Yang tentunya kamu pun bisa mendapatkan komisi atau margin tertentu dari item yang kamu perjual belikan.

 

Proofreader

Meriksa tulisan penulis juga bisa jadi side hustle kamu via wisegeek
Meriksa tulisan penulis juga bisa jadi side hustle kamu via wisegeek

Jika kamu memimpikan untuk berkarier di dunia penerbitan atau perbukuan, kamu bisa memulainya dengan melakukan proofreading sebagai Side Hustles kamu.

Apaan sih Proofreading? Pernah nulis paper berhalaman-halaman, lalu kamu harus baca ulang lagi dari awal untuk mencari kesalahan-kesalahan kecil seperti pemilihan diksi yang tepat, tanda baca yang baik dan benar, atau jika papermu berbahasa Inggris, kamu harus memeriksa ulang apakah grammarnya sudah sesuai atau belum. Nah, kira-kira itulah yang dilakukan seorang Proofreader. Membaca ulang setiap tulisan yang sudah dibuat oleh seorang penulis, diperiksa, dan dikasih note apa saja yang harus diperbaiki dan apa saran terbaik kamu untuk membuat tulisannya menjadi lebih baik sebelum diterbitkan.

Sounds exciting?

 

Design & Photography

 Cukup pede sama porto desain atau fotografi kamu? via mandarphotography

Kamu punya hobi di dunia komunikasi visual? Cukup pede sama porto desain atau fotografi kamu? Atau malah belum punya porto?

Why don’t try to make one? One that will make people know it’s your work that makes it best.

Kamu bisa deh iseng-iseng cari kenalan artis mana, yang mau dibikinin desain logonya atau dijepret as model, atau tokoh politik tertentu atau any kind of object yang kamu bisa kerjakan komunikasi visualnya secara cuma-cuma alias free, dan kamu simpan untuk portfolio kamu. Sehingga once kamu masuk ke industri, kamu bisa pasang tarif yang bersaing karena kamu sudah memiliki karya atas tokoh tertentu.

Or you have another trick in mind? Try it and test your water. 😉

 

Extreme Sport & Drone Trainer

Atau kamu cukup pede dengan kemampuan kamu mainin drone? via dartdrones
Atau kamu cukup pede dengan kemampuan kamu mainin drone? via dartdrones

Kamu punya hobi panjat tebing atau menyusuri semilir angin dengan Hang Gliding?

Atau kamu cukup pede dengan kemampuan kamu mainin drone?

Kenapa gak mencoba untuk membuka kesempatan baru, dengan share experience kamu ke orang-orang yang baru kamu kenal. Kamu bisa memulainya dengan mengajarkan mereka segala hal yang kamu bisa, in private.

Who knows, kamu bakal end up dengan ngajarin gebetan kamu :p

Nah, itu hanya sedikit dari sekian banyak kegiatan yang menyenangkan dan bisa menjadi Side Hustles andalan kamu. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, passion adalah hal utama yang menjadi pondasi sebuah Side Hustles. So, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan kegiatan apa, sebaiknya make sure dulu apakah kamu benar-benar mencintai kegiatan tersebut? Apakah kamu siap untuk mengemasnya menjadi sesuatu yang baru? Apakah kamu bisa memelajari hal baru dengan menjadikannya Side Hustles?

If yes, then it’s time to change your life to a better one.

Yuk, bagikan inspirasi ini lewat Facebook, Twitter dan LINE kamu sekarang!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply