Review Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H

anakui.com – Monitor gaming dari Alienware ini menawarkan kecepatan refresh 360Hz yang mengesankan. Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H menawarkan kecepatan refresh yang sangat tinggi dan harga yang sesuai.

Spesifikasi Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H

Spesifikasi
Dimensi: 21,9 x 20,7 x 9,9 inci
Ukuran layar: 25 inci
Resolusi: 1920x1080
Tingkat Refresh: 360Hz
Input: HDMI, DisplayPort, USB-A, audio 3,5 mm
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: IPS
Berat: 26,8 pound

Kelebihan

  • + Tingkat penyegaran yang mengesankan
  • + Monokrom dan Kecerahan
  • + Desain elegan dan intuitif

Kekurangan

  • – Harga sangat tinggi
  • – Beberapa fitur yang tidak nyaman
  • – Dioptimalkan untuk pemirsa khusus

Sobat harus mengagumi kinerja Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H. Inilah monitor gaming premium hanya dengan satu tujuan. Tujuannya adalah untuk memberi para gamer komputer yang kuat kecepatan frame tercepat dengan desain paling sederhana.

Monitor 25 inci yang elegan ini tampak hebat dan memamerkan game favorit dengan lebih baik. Untuk penggemar esports yang membutuhkan kecepatan refresh tercepat di pasaran, AW2521H mungkin adalah jawabannya. Itu jika sobat dapat membelanjakan Rp. 10 jutaan untuk monitor 1080p.

Layar 360Hz AW2521H sangat mengesankan, tetapi di belakang layar harus puas dengan resolusi 1080p. Jika sobat adalah penggemar multipemain yang kompetitif, itu pasti sepadan dengan harga tiket masuknya. Jika lebih tertarik pada petualangan pemain tunggal, sobat mungkin lebih baik menggunakan monitor QHD atau UHD.

Terutama karena PC mana pun yang dapat menjalankan game 1080p pada 300 frame per detik atau lebih, mungkin akan bekerja cukup baik pada resolusi yang lebih tinggi. Konten frame rate agak rendah. Terlepas dari itu, resolusi vs. frekuensi gambar adalah sesuatu yang harus dievaluasi sendiri oleh setiap gamer.

Tetapi setidaknya kita dapat mengatakan bahwa AW2521H adalah perangkat khusus yang membutuhkan biaya. Jika tidak keberatan, ini bisa menjadi salah satu monitor gaming terbaik untuk pengaturan. Baca ulasan lengkap Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H kami ini sampai selesai.

Harga dan Ketersediaan

Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H tersedia langsung dari Dell dan dihargai Rp. 10 jutaan. (Dell menetapkan “nilai perkiraan” pada Rp. 14 jutaan, tetapi monitor tidak pernah dijual untuk jumlah tersebut. “Nilai perkiraan” Dell didasarkan pada apa yang menurut perusahaan layak untuk produk tersebut, bukan harga produk tersebut.)

Desain Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H

Desain fisik Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H sekilas sangat sederhana. Di sekitar layar 25 inci terdapat bezel hitam tipis polos, dengan logo “Alienware” yang diredam di bagian bawah. Di bagian depan, kami menyukai tampilan AW2521H. Karena itu hanya monitor sederhana yang menempatkan layar besar di depan dan tengah.

Saat  mulai melihat ke dasar dan belakang, muncul pertanyaan. Ada tombol power di kanan bawah monitor. Bagus. Namun, ada juga 5 tombol pengoperasian menu di bagian belakang, sehingga sangat sulit ditemukan. Tidak seperti kebanyakan tombol “belakang monitor”, tombol ini tidak berada tepat di atas bezel.

Sobat harus menjulurkan jari sekitar setengah inci melewati bagian kanan belakang layar untuk mencapainya. Sebagian besar monitor pesaing menempatkan tombol tepat di dekat tepi bezel. Plus, keempatnya terasa hampir sama.

Menavigasi menu monitor adalah salah satu hal yang paling merepotkan, tetapi tata letak tombol yang membingungkan membuatnya semakin tidak nyaman dari biasanya. Basisnya juga bisa sedikit lebih ramping. Desain segitiga bercabang dua terlihat bagus, tetapi memakan lebih banyak ruang daripada yang dibutuhkan.

Hal ini terasa bertentangan dengan desain AW2521H yang umumnya sadar ruang. Jika meja tidak terlalu jauh ke belakang, AW2521H dapat diposisikan lebih dekat ke wajah daripada yang diinginkan. Di bagian belakang monitor terdapat panel oval yang menyala mirip dengan yang ditemukan di bagian depan PC Alienware.

Sobat dapat menyesuaikan panel LED ini dengan warna RGB penuh. Pencahayaan tidak menghilangkan apa pun dari AW2521H. Tetapi ini adalah fitur yang bisa membuat monitor yang lebih mahal jatuh, karena tidak menawarkan banyak manfaat bagi pengguna.

Tampilan Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H

Monitor game hidup atau mati tergantung pada layarnya, dan Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H adalah salah satu monitor paling ambisius yang pernah kami lihat. Monitor dibatasi hingga 1080p tetapi memiliki kecepatan refresh 360Hz.

Jika pernah membayangkan seperti apa tampilan game favorit pada frekuensi gambar lebih dari 300 frame per detik, inilah kesempatan untuk melihatnya menjadi kenyataan. Dan percayalah, itu membuat perbedaan besar dalam game tertentu. Layarnya juga cerah, penuh warna, dan akurat.

Dalam hal kecerahan, rata-rata AW2521H adalah 397 nits, memiliki rasio warna sRGB 105 dan akurasi warna Delta-E 0,32 (mendekati 0 lebih baik, sangat bagus). Bandingkan dan kontraskan dengan monitor 1080p lain yang telah kami ulas, seperti MSI Optix MAG272C, yang memiliki kecerahan hanya 224 nits, tetapi rasio sRGB 134 dan Delta-E 0,24.

Demikian pula, Acer XFA240 memiliki kecerahan 352 nits, 106% spektrum sRGB, dan Delta-E 0,26. Memang, AW2521H terlihat bagus untuk produktivitas dan bermain game. Tetapi tidak dapat disangkal bahwa sistem lainnya sedikit lebih baik dalam hal spesifikasi dasar. Hal yang sama berlaku untuk sistem yang jauh lebih murah.

Performa Gaming

Ukuran dan desain Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H membuatnya sangat cocok untuk penggunaan kantor, Tetapi kecuali benar-benar menyukai game, sobat tidak akan kehilangan lebih dari Rp. 10 juta untuk monitor 25 inci. Untungnya, AW2521H melakukan itu terutama berkat kecepatan refreshnya.

Kami menguji AW2521H bersama desktop Alienware Aurora R11 yang sangat kuat dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3090. Ini memungkinkan game seperti Doom Eternal, Age of Empires III: Definitive Edition, Baldur’s Gate III, dan Final Fantasy XIV disetel setinggi mungkin pada setelan minimum 1080p.

(Age of Empires III tidak terlalu tinggi, tetapi masih sangat menyenangkan dan terasa lancar dan bersemangat pada 144fps.) Doom Eternal mungkin di mana frame rate tinggi membuat perbedaan terbesar.

Penggemar penembak orang pertama ini tahu bahwa hidup atau mati tergantung pada gerakan sepersekian detik. Bahkan keraguan sedetik pun dapat membuat harus menembak.

Kecepatan dan akurasi Doom Eternal lebih dari 300 fps tidak hanya tampak hebat berkat warna merah, jingga, dan biru AW2521H yang dalam dan cerah. Tetapi juga membuat perbedaan nyata dalam gameplay.

Tetap saja, frekuensi gambar yang lebih tinggi membantu dalam situasi yang tidak saya duga, seperti berjalan-jalan di kota Ul’dah di Final Fantasy XIV atau menavigasi ruang bawah tanah di Baldur’s Gate III.

Mampu mempertahankan frame rate yang stabil di area yang ramai atau melihat detail lingkungan kecil yang mungkin diperbudak oleh beberapa animator bisa sama bermanfaatnya dengan bergegas melalui medan perang yang kacau.

Apakah layak membeli layar 1080p ketika sebagian besar perangkat keras modern memprioritaskan tampilan QHD dan UHD, sulit untuk dikatakan. AW2521H memiliki beberapa keunggulan bagi pemain eSports atau penggemar biasa yang hidup dan matinya didorong oleh judul multipemain yang kompetitif.

Tetapi bahkan dengan penurunan frame rate, kami tidak dapat menghilangkan perasaan bahwa ingin memindahkan GPU seperti 3090 ke resolusi yang lebih tinggi dan (mungkin) layar yang lebih besar.

Setiap gamer harus membuat keputusan ini untuk dirinya sendiri. Tetapi jika ingin membelanjakan Rp. 10 jutaan untuk layar 1080p, sobat harus yakin bahwa akan senang dengannya setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

Antarmuka Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H

Seperti disebutkan di atas, menavigasi antarmuka Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H agak rumit. Dengan penempatan tombol yang tidak nyaman dan pemahaman yang tidak jelas tentang fungsi setiap tombol.

Namun, terdapat tombol kontrol yang dapat digunakan untuk menavigasi menu dengan lebih efektif, meski sedikit lebih lambat. Ini memberi opsi untuk preset layar, kecerahan, kontras, mode Nvidia G-Sync, pencahayaan strip LED, dan volume speaker.

Setelah mengetahui di mana semua opsi berada, antarmuka AW2521H berfungsi cukup baik dan beberapa prasetel berguna. Apalagi karena ada hal-hal yang mengutamakan performa esports. Memodifikasi pengaturan opsional seperti Variable Backlight dan Dark Stabilizer juga bisa menyenangkan.

Tapi begitu menemukan garis dasar yang disukai, sobat tidak perlu terlalu sering masuk ke menu.

Kesimpulan

Sebelum membeli Monitor Gaming Alienware 25 AW2521H, sobat hanya perlu bertanya pada diri sendiri satu pertanyaan. Apakah bersedia membelanjakan Rp. 10 jutaan untuk monitor game 1080p, 360Hz? Jika jawabannya ya, maka AW2521H bisa dibilang merupakan implementasi terbaik dari ide tersebut di pasaran saat ini.

Ini menjanjikan layar yang cerah dan penuh warna, desain intuitif, dan tingkat kinerja yang presisi. Namun, pertimbangkan bahwa pesaing AW2521H, seperti XFA240 atau MAG272C, harganya kurang dari Rp. 4,5 juta dan masih menawarkan resolusi 1080p yang sama.

Mereka maksimal pada 144Hz dan 165Hz masing-masing, jadi ini bukan perbandingan apel dengan apel. Namun, sobat bisa mendapatkan model yang agak mirip dengan harga kurang dari setengahnya, dan model ini layak dipertimbangkan untuk para gamer dengan mesin yang kurang bertenaga.

Tetapi jika tidak yakin untuk memprioritaskan frekuensi gambar daripada resolusi, AW2521H adalah penjualan yang lebih sulit. Ini adalah perangkat yang sangat terspesialisasi dan mahal untuk boot. Tetap saja, tidak ada lagi yang bisa dikatakan tentang AW2521H.

Leave a Comment