Anak UI Wajib Tahu 6 Rangkaian Acara Pemira IKM UI Meski Tahun Ini Dilaksanakan Daring

Pemilihan Raya Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia atau yang biasa disingkat menjadi PEMIRA IKM UI, adalah wadah formal dan legal bagi seluruh aktivitas kemahasiswaan di UI yang merupakan perwujudan sistem demokrasi di kampus! Yuk simak rangkaian-rangkaiannya!


0

Pemira IKM UI 2020 Dilaksanakan secara Daring. Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, padahal kita sudah berada di penghujung tahun 2020, biasanya kalau di UI khususnya di akhir tahun seperti ini, banyak pasangan-pasangan atau individu yang sudah gencar mengkampanyekan visi dan misinya sebagai calon ketua dari suatu lembaga di UI, mulai dari ketua himpunan, departemen, hingga lembaga BEM, DPM, dan MWA unsur mahasiswa di tingkat UI.

Ada agenda yang tidak boleh luput di setiap akhir tahun, yaitu Pemira IKM UI. Apa sih Pemira itu?

Pemilihan Raya Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia atau yang biasa disingkat menjadi PEMIRA IKM UI, adalah wadah formal dan legal bagi seluruh aktivitas kemahasiswaan di UI, merupakan saranan suksesi lembaga kemahasiswaan yang dilaksanakan dalam lingkungan UI untuk memuluh kertua dan wakil ketua BEM UI secara berpasangan, anggota MWA UI unsur mahasiswa dan anggota DPM UI yang bersifat perseorangan. Nah berikut ini adalah rangkaian-rangkaian pemilihan raya di UI yang tidak boleh anak UI skip!

1. Pendaftaran Calon

Sumber: Twitter Pemira IKM UI

Pertama-tama ada proses pendaftaran calon yang dilakukan terlebih dahulu, dalam proses ini peserta yang ingin mendaftar diharuskan membayar uang pendaftaran sebanyak Rp 300.000 untuk mendaftar sebagai calon MWA, DPM, atau BEM UI. Setelah mengkonfirmasi pembayaran pendaftaran barulah peserta bisa melakukan pengambilan berkas yang kemudian diisi dengan data yang sesuai, setelah itu berkas diserahkan kembali kepada pihak panitia PEMIRA UI.

2. Sidang Verifikasi

Sumber: suma.ui.ac.id

Selanjutnya ada proses yang harus dilalui oleh masing-masing peserta yaitu sidang verifikasi, proses ini akan menentukan apakah peserta yang mendaftar layak untuk dijadikan calon ketua atau anggota lembaga kemahasiswaan UI, jika berkas yang dilengkapi memenuhi syarat maka dapat lolos dan melanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Grand Launching

Sumber: Twitter Pemira CS UI

Lalu, ada grand launching yang menandai pembukaan PEMIRA, di acara ini para peserta PEMIRA masing-masing calon lembaga akan mengambil nomor urut yang akan diundi secara acak, setelahnya akan ada sesi eksplorasi dimana mahasiswa UI dapat mengulik lebih jauh lagi mengenai masing-masing calon, kita bisa mengetahui visi misi mereka, tanggapannya mengenai suatu isu, dan lain-lain lewat acara eksplorasi ini.

Ada pula yang tak kalah penting, yaitu acara debat calon, masing-masing peserta akan dihadapkan satu sama lain untuk diuji dengan berbagai pertanyaan yang diajukan, dengan adanya debat calon ini diharapkan masyarakat ui dapat menilai masing-masing calon dan pasangan yang akan dipilih, bagaimana pendapat dan pandangan mereka mengenai isu-isu tertentu.

BACA JUGA:  Ini Dia 6 Organisasi Persma di UI yang Bikin Mahasiswa Melek Isu Kampus

4. Masa Kampanye

Sumber: Twitter Pemira UI

Tidak lupa pastinya akan ada masa kampanye, tahun lalu ketika PEMIRA masih dijalankan secara offline banyak pasangan calon yang berkampanye di tempat-tempat strategis di UI seperti pintu kutek, pintu kukel, Stasiun Pocin, Stasiun UI, dan PUSGIWA. Masing-masing calon memiliki agenda dan caranya sendiri dalam berkampanye, ada yang membagi-bagikan makanan kecil, ngobrol bareng, atau diskusi mengenai kampus.

Sayangnya masa kampanye tahun ini terpaksa dilaksanakan secara online, jadi pastikan kamu mengetahui siapa orang yang menjadi calon lembaga kemahasiswaan di fakultasmu dan di tingkat UI.

5. Hari Pemungutan Suara

Setelah masa kampanye berakhir maka tibalah hari PEMURA atau pemungutan suara. Tahun lalu pemungutan suara dilakukan secara langsung dengan mencoblos kandidat yang kita pilih, lalu memasukannya ke dalam kotak suara persis seperti Pilpres. Namun untuk tahun ini Pemira IKM UI akan menggunakan website khusus sebagai penggantinya dan melakukan pemilihan secara e-vote.

6. Grand Closing dan Pengumuman Terpilih

Sumber: teknikaftui.net

Terakhir rangkaian kegiatan acara PEMIRA IKM UI akan ditutup dengan acara grand closing. Pada acara ini akan diumumkan pasangan dan individu yang terpilih untuk menjabat di lembaga kemahasiswaan di tingkat UI, selain itu akan ada penyampaian orasi dan penampilan menarik.

Seluruh rangkaian acara PEMIRA daring tahun ini akan dibuka untuk mahasiswa UI. Kamu bisa menonton langsung lewat siaran live di YouTube PEMIRA. Jangan sampai terlewat, pastikan kamu ketahui dengan benar calon atau pasangan yang akan kamu pilih dengan terus mengikuti kegiatan Pemira IKM UI, follow ya Instagram-nya di @pemiraikmui

Sumber gambar header: suaramahasiswa ui

BACA JUGA: Ini 4 Hal yang Bisa Kita Lakukan saat Bosan Mendengar Umbar Janji Kampanye Pemira!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.