Sejak beberapa abad silam, anak kosan memang kerap kali bergumul dengan yang namanya masalah finansial. Perkara bertahan hidup di kosan karena kampus jauh dari rumah itu nggak sederhana dan kadang yang namanya anak kosan, saking mahirnya soal surviving, pandai melihat berbagai potensi alihfungsi benda-benda di sekitarnya. Entah kreatif, mepet, atau memang kelewat berhemat, anak kosan memang pandai kalau soal yang beginian. Berikut ini basic knowledge dari benda-benda multifungsi yang harus diketahui oleh anak kosan.

 

Kursi = Jemuran

Bukan cuma buat duduk, kursi juga bisa dipake buat ngejemur. (Sumber:)

Bukan cuma buat duduk, kursi juga bisa dipake buat ngejemur. (Sumber:)

Ketika kamu adalah anak kosan dengan finansial yang mepet, nyuci baju di laundry bukanlah pilihan yang bijaksana bagi kamu. Jadi, kamu harus nyuci di kosan. Selesai nyuci, baju harus di jemur dong? Emang kamu pikir dia pacar, didiemin bisa kering sendiri?

Nah, kalau jemur di luar dan kamu tinggal kuliah, potensi bahaya juga lebih besar. Selalu ada kemungkinan baju yang kamu jemur itu entah diambil orang atau dituker dan kamu harus keluar kocek lagi untuk beli baju karena ilang. Jadi, jemurlah pakaian kamu di dalam kamar. Kamu hanya perlu meletakkan keset atau apa pun yang menyerap tetesan air. Letakkan di bawah kursi kemudian gantung jemuran baju di kursi. Kalau kamu punya dua kursi, bisa juga diakali dengan tali atau batang kayu supaya lebih banyak space untuk menjemur.

 

Kipas = Dryer

Pake kipas buat keringin baju di kamar. (Sumber: Indotrading)

Pake kipas buat keringin baju di kamar. (Sumber: Indotrading)

 

advertisement

Terkait dengan penjelasan di atas yang menjadikan kursi sebagai tempat jemuran, kipas akan berperan sebagai pengering. Kenapa? Ya, karena kamu menjemur di dalam ruangan, sirkulasi angin yang punya peran penting dalam pengeringan. Pasang kipas kamu menghadap jemuran, terus kamu tinggal berangkat kuliah. Nggak usah takut boros listrik, toh kamu memang harus bayar listrik ke ibu kosan juga. Budget sudah dikeluarakan, so, make it count. Niscaya kamu akan menemukan pakaian kamu kering ketika pulang kuliah atau sehari setelahnya.

 

Bedak MBK

Bedak MBK Juga bisa dipakai buat kaki dan sepatu. (Sumber: Kaskus)

Bedak MBK Juga bisa dipakai buat kaki dan sepatu. (Sumber: Kaskus)

Kamu tahu kan benda ini apa? Dulu waktu deodoran roll-on belum ngetrend, ini bedak gunanya sama sama deodoran kamu. Terus, apa gunanya? Nah ini pinternya anak kosan. Bedak yang bentuknya bubuk dan menyerap bau ini punya potensi multifungsi, dan perannya vital buat kamu yang punya masalah bau kaki.

Kamu nggak perlu ngabisin duit beli sepatu yang anti bau kaki dengan ventilasi di sepatunya, kamu hanya perlu menaburkan bedak ini di dalam sepatu dan kaki kamu nggak akan bau lagi. Bisa juga kalau sepatu kamu basah, kamu hanya perlu menaburkan bedak ini ke sepatu kamu, bedaknya akan mengisap air dan sepatu kamu akan kering lebih cepat, bahkan bisa langsung sekalian pakai dan kering di jalan.

 

Sikat Gigi

Ternyata, ada banyak fungsi dari sikat gigi. (Sumber:)

Ternyata, ada banyak fungsi dari sikat gigi. (Sumber:Photo Credit: Konstantin Lazorkin via Compfight cc)

Oke ini buat sikat gigi. Tapi nggak buat itu aja, ini adalah salah satu teknologi yang multifungsi kalau sudah masuk tataran bersih-bersih. Kamu bisa pakai ini untuk bersihin keyboard laptop, menyikat sepatu, dan bersihin kuku. Buat kaum hawa, bisa digunakan untuk sisir alis dan juga bisa menata rambut dengan menyemprotkan hairspray ke sikat gigi dan menyisir rambut pakai sikat gigi itu dengan tingkat presisi yang jauh lebih tinggi dibanding sisir biasa dan tingkat kerapian yang juga jauh di atas tangan manusia. Adalah wajar kalau kamu sebagai anak kosan punya beberapa sikat gigi karena memang sikat gigi ini banyak fungsinya. Kamu bisa berhemat untuk tidak perlu beli peralatan lain karena sikat gigi bisa mengambil alih tugas peralatan lain yang mahal itu.

advertisement

Intinya, jadi anak kosan memaksa kamu mengembangkan kreativitas dan surviving skill kamu, sehingga bisa memanfaatkan berbagai hal untuk kepentingan kamu. Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter, dan Line supaya temen-temen kamu yang ngekos juga bisa survive, dan kalau ada, kamu juga bisa komentari tulisan ini dengan ide-ide kreatif kamu sebagai anak kosan untuk bertahan hidup.

 



[reaction_buttons]