Antara Paradigma dan Keyakinan

Assalamualaikum. Saya adalah maba UI 2012 yang sedang mencoba belajar menulis diforum ini.

Saya akan membahas tentang beberapa jurusan&universitas yang kurang populer dalam paradigma kebanyakan orang. Pernahkah anda mendengar pertanyaan: “Jurusan apatuh? baru denger..” “Universitas mana tuh? dikit banget yang daftar, pasti masuknya gampang..” atau “Mau jadi apaan nanti kerjanya? gak bakal banyak duitnya..” dan pertanyaan-pertanyaan dengan nada meremehkan lainnya.

Menurut saya, ada dua tipe orang yang berkata demikian: tipe pertama adalah orang yang belum bisa menggapai mimpinya sehingga terselip kecemburuan sosial dalam jiwanya. Tipe kedua adalah orang yang sudah berhasil menggapai mimpinya sehingga ia bertengger diatas kepuasan&kesombongan sehingga melahirkan jiwa primodial.

Tidak ada manusia di dunia ini yang semasa hidupnya tidak pernah berguna. Bukankah kita ini seperti mata rantai yang saling membutuhkan? bahkan seorang pengemis pun berguna bagi kita karena membuat kita terus bersyukur akan keadaan kita sekarang.

Jadi, jalani saja apa yang diyakini, singkirkan paradigma orang yang menghambat, karena sesungguhnya bukan di jurusan mana kamu berada, bukan di universitas mana kamu belajar, tapi bagaimana kamu berkontribusi untuk negara..  bukan dijurusan mana kamu berada, bukan di universitas mana kamu belajar,tapi bagaimana kamu bermanfaat untuk sesama.

Leave a Comment