Kamu Suka Malas Belajar? Hilangkan Kebiasaan Buruk Tersebut dengan Trik Ini

Sebagai mahasiswa yang harus menempuh pendidikan setidaknya tiga tahun, kadangkala perasaan malas belajar melanda. Sebaiknya, sih, tidak dibiasakan hal buruk itu ya. Tapi kalau memang sedang malas, anakUI.com punya cara jitu untuk menghilangkan rasa malas belajar. Baca di sini!


0

Bisa melanjutkan studi hingga bangku perkuliahan tentu adalah hal yang sangat menyenangkan. Sebagian mahasiswa, ada yang penuh semangat menuju kelas untuk kuliah. Tetapi, ada juga sebagian mahasiswa yang malas untuk masuk kelas dan mengikuti kuliah. Mahasiswa dengan tipe seperti ini harus tahu seperti apa cara belajar yang baik, agar kegiatan belajar menjadi semakin menarik. Ada beberapa tips cara belajar yang baik untuk mahasiswa malas, agar mereka termotivasi untuk belajar.

Temukan Penyebab Kemalasan

Bagaimana dengan lingkungamu? (Sumber:)
Bagaimana dengan lingkungamu? (Sumber:Photo Credit: Tek120 via Compfight cc)

Kegiatan yang tidak boleh terlupakan bagi seorang mahasiswa adalah belajar. Mahasiswa diwajibkan untuk belajar sungguh-sungguh, apalagi kalau bukan demi meraih gelar sarjana dan wisuda untuk membanggakan kedua orang tua. Namun, sering kali sebagai mahasiswa kamu malas belajar. Hal seperti ini, tentu nggak bisa dibiarkan begitu saja. Kalau dibiarin aja, nilai akademik bisa turun dan akhirnya menghambat kamu untuk segera memperoleh gelar sarjana.

Jika kamu mengalami hal seperti ini, maka introspeksi diri dulu. Coba tanya dalam hati, kenapa kamu bisa malas belajar, kurang lebih seperti dokter yang mencoba mendiagnosa penyakit pasiennya, lalu tentukan obatnya. Jika kamu malas belajar di rumah atau kosan, mungkin kamu bisa mencoba belajar di cafe yang menyediakan wifi atau hotspot.

Tentunya, banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa malas  belajar. Baik faktor dari luar maupun dari diri mahasiswa itu sendiri. Faktor dari luar, misalnya pergaulan. Jika kamu berteman dengan mereka yang malas belajar, bisa jadi kamu akan ikut terpengaruh dan akhirnya malas belajar juga. Kebiasaan begadang, kurang waktu tidur yang bikin gampang ngantuk dan emosi tidak stabil, serta beban mata kuliah yang banyak juga menjadi salah satu penyebab kamu akhirnya malas belajar.

 

Motivasi Diri

Gue pasti bisa! (Sumber:)
Gue pasti bisa! (Sumber:Photo Credit: m.sobota via Compfight cc)

Setelah tahu hal-hal yang membuat kamu malas belajar, tentu kamu tahu cara ngatasinnya.  Atasilah rasa malas secepat mungkin, jangan ditunda, apalagi dipelihara. Kamu perlu banget untuk memotivasi diri sendiri. Buat pola pikir bahwa rajin belajar merupakan hal utama untuk mencapai cita-cita dan kesuksesan.

Bisa juga boleh berkeyakinan, mana bisa sukses jika tidak belajar. Jika kamu sudah punya keyakinan seperti ini, maka kondisi seperti apa pun bakal tetap bikin kamu semangat belajar. Seharusnya, sih, seperti itu. Biasakan juga untuk memiliki pola hidup disiplin. Atau buat kamu yang sering ngantuk, entah karena terlalu sering begadang atau punya aktivitas segudang, sebaiknya mulai rajin olahraga dan konsumsi makanan bergizi tinggi untuk mendukung aktivitas.

 

Punya Kelompok Belajar Berisikan Mahasiswa Pandai

Bikin kelompok belajar (Sumber:)
Bikin kelompok belajar (Sumber:Photo Credit: n_sapiens via Compfight cc)

Kebanyakan berpendapat bahwa kelompok diskusi belajar seperti ini, hanyalah tempat bagi mahasiswa pemalas untuk me-copy-paste hasil pekerjaan mahasiswa yang pandai. Tentu hal ini tidak selalu terjadi. Bagi kamu yang merasa pemalas, jangan langsung main copas hasil pekerjaan teman, tapi cobalah untuk meminta penjelasan si dia. Pilih juga tempat yang nyaman untuk diskusi belajar biar kamu nggak gampang bosen dan belajar jauh lebih efektif.

 

Strategi Belajar

Strategi belajar. (Sumber:)
Strategi belajar. (Sumber:Photo Credit: English106 via Compfight cc)

Coba, deh, ingat-ingat. Ketika berada di kelas dan mengikuti perkuliahan, kamu ngerasa nyaman nggak? Lalu bagaimana dengan cara belajar selama ini? Jangan-jangan cara belajar selama inilah yang membuat kamu tidak nyaman dan akhirnya semakin membuat malas belajar. Mencari strategi yang sesuai adalah salah satu cara dalam mengatasi kemalasan, baik saat belajar di rumah atau di kampus.

Untuk materi hapalan, cara yang biasa justru akan ngebuat kamu sulit menghapal. Coba cara lain yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Misalnya dengan buat singkatan lucu untuk mudah diingat atau  menghubungkan hal-hal yang berkaitan dengan orang terdekat kadang kala sangat membantu.

 

Prioritas Belajar

Tentukan prioritas belajar. (Sumber:)
Tentukan prioritas belajar. (Sumber:Photo Credit: bandita via Compfight cc)

Buatlah skala prioritas untuk kegiatan belajar. Membuat prioritas belajar merupakan hal yang penting, karena jika tidak kamu bisa keteteran dan semakin malas untuk belajar. Terkadang, melihat jadwal kuis yang berbarengan dan tugas yang menumpuk serta jadwal bimbingan dengan dosen, membuat kamu langsung malas belajar. Oleh karena itu, buatlah prioritas belajar. Bisa jadi dengan belajar sebentar untuk satu materi lalu dilanjutkan dengan tugas yang harus dikumpulkan besok atau dengan memprioritaskan materi yang kurang kamu kuasai.

 

Diskusi dengan Dosen

Aktif di kelas. (Sumber:)
Aktif di kelas. (Sumber:Photo Credit: GCMCOnline via Compfight cc)

Jangan malu untuk bertanya sama dosen. Saat di kelas, di sesi pertanyaan, acungkanlah tangan dan tanyakan materi mana yang belum kamu pahami. Hal ini bisa sangat membantu, apalagi jika kamu termasuk orang yang malas belajar di rumah. Dengan mengajukan pertanyaan seperti ini, pikiran kamu pun akan lebih lama mengingat pertanyaan dan jawaban dari dosen.

 

Jangan Belajar di Atas Pukul 21.00

Tidak belajar malam hari. (Sumber:)
Tidak belajar malam hari. (Sumber:)

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah hindari belajar di atas pukul 21.00. Hal ini akan membuat kamu semakin malas dan mudah untuk tertidur. Cobalah berpikir kalau kamu lebih baik cepat belajar dan tak menunda. Pikiran kamupun juga akan lebih mudah untuk diajak belajar daripada menggunakan waktu malam hari.

Dari semua uraian di atas, cara belajar yang baik untuk mahasiswa malas adalah dengan melakukan tindakan. Atasi rasa malas belajar dengan melakukan tindakan kecil. Meski hanya tindakan kecil, jika kamu lakukan secara terusmenerus, bisa jadi kamu akan menjadi mahasiswa yang rajin belajar. Selamat mencoba.

 

Sumber:

  1. Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud berkerjasama dengan Rineka
  2. http://bacakilat.com/5-rahasia-mengatasi-rasa-malas-belajar/

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ilmanakbar

suka menulis dan berbagi. sudah lulus dari kampus. sudah tidak jomblo lagi, yeay! \^_^/

0 Comments

Leave a Reply