Author: Aniesa Rahmania Pramitha Devi

4 Stigma Ini Nggak Bisa Lepas dari Mahasiswa Sastra Indonesia

Salah satu jurusan sastra yang unik tetapi sering dipandang sebelah mata adalah Sastra Indonesia (Sasindo). Orang awam pasti masih skeptis mengenai jurusan tersebut. Pertanyaan seperti “Kenapa ambil jurusan Sasindo? Kan setiap hari juga pakai bahasa Indonesia?” sering kali dilayangkan pada mahasiswa Sasindo. Padahal, secara nggak sadar masyarakat luas masih membutuhkan mereka loh. Apalagi, beberapa label juga ditempelkan pada mahasiswa Sasindo. Nah, kalau kalian mahasiswa Sasindo, pasti bisa relate dengan stigma berikut ini.

More

Walaupun Hectic, Aktif Organisasi Tetap Worth-It!

Sebagai mahasiswa, rasanya pasti jenuh kalau terus-menerus belajar. Beberapa kegiatan dipilih untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut, seperti magang atau kerja part time, berwirausaha, ikut kepanitiaan, sampai aktif di organisasi. Walaupun kesibukannya bertambah, setidaknya beban belajar mereka bisa berkurang mereka ketika bertemu dengan orang di luar kelas.

More

Hei Dudes, Coba Deh Pahami Perasaan Kaum Hawa Seperti Kami

Di balik tingkah laku unik mereka, kaum Adam ini sering merasa bahwa mereka selalu salah dan cewek selalu benar. Mereka selalu merasa bahwa mereka merasa tertindas di tengah-tengah cewek di kampus. Padahal, keadaan nggak selalu seperti itu. Kadang-kadang ada aja cowok yang seenak sendiri melakukan tindakan yang merugikan para cewek. Sayangnya, mereka nggak menyadari hal itu.

More

7 Hal Ini Mungkin Nggak Akan Dirasakan Maba UI 2020

Kabar kurang mengenakkan bagi mahasiswa baru (maba) UI 2020. Mereka nggak bisa merasakanya enak-nggak enaknya ospek secara langsung, nggak bisa berkenalan dengan teman baru secara langsung, dan nggak bisa merasakan hal-hal lain yang menjadi ciri khas dari Kamaba. Kali ini, Anak UI mau merangkum beberapa hal pada rangkaian acara Kamaba yang mungkin nggak akan dirasakan oleh maba tahun ini.

More

Inilah Daftar Paguyuban Mahasiswa Daerah yang Ada UI

Sebagai kampus yang berada di daerah ibukota dan menyandang nama Indonesia, UI memiliki mahasiswa dengan berbagai macam latar belakang. Bisa dibilang kalau UI merupakan kampus multikultural karena banyak mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Agar tidak merasa sendiri, mereka membentuk suatu paguyuban untuk menaungi mahasiswa yang berasal dari daerah yang sama.

More

Mengenal Lebih Dekat 3 Peminatan di Sastra Indonesia UI

Kali ini Anak UI akan memberikan ulasan mengenai tiga peminatan yang ada di Sastra Indonesia UI. Sebelumnya, peminatan itu bidang yang akan digunakan sebagai dasar fokus untuk tugas akhir—fyi, di Sastra Indonesia UI sudah nggak ada skripsi dan diganti dengan tugas akhir. Peminatan ini dimulai pada semester tiga dan setiap semesternya terdapat satu mata kuliah (matkul), kecuali pada semester tujuh terdapat dua matkul peminatan. Nah, kalau masih awal-awal, kalian boleh memilih lebih dari satu matkul peminatan untuk mengisi jumlah SKS. Namun, ketika mengerjakan tugas akhir, kalian harus fokus pada satu peminatan tertentu.

More

Punya Pacar Satu Jurusan, Kenapa Nggak?

pacaran satu jurusan kuliah

Kalian pernah atau sedang punya pacar yang satu jurusan sama kalian nggak? Bisa antar-angkatan atau dalam satu angkatan. Beberapa respon yang menganggu seperti “Emang nggak bosen ketemu tiap hari?” atau “Kenapa sih yang satu jurusan? Kayak nggak ada orang lain aja?” sering banget menghampiri. Kalau udah kayak gitu yang bisa dilakukan cuma berusaha masa bodo aja, toh hubungan itu juga kalian yang menjalani. Mari kita bedah satu-persatu kedua pertanyaan sinis dari masyarakat itu.

More

5 Tempat di UI Ini Ramah untuk Kamu yang Introvert

Jika memiliki waktu luang, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert ini akan memilih untuk berdiam diri di kamar untuk mengisi kembali tenaganya. Nah, bagaimana dengan introvert yang punya banyak kesibukan di kampus? Tenang aja, UI punya beberapa spot bagi kaum introvert untuk lari dari segala hiruk-pikuk perkuliahan. Di mana aja tempatnya? Berikut ulasannya.

More