Ayo Dukung Tim Robotika UI, Menuju Regional 2


0

Tim Robotika Universitas Indonesia (TRUI) adalah organisasi kemahasiswaan bagi seluruh mahasiswa UI tanpa terkecuali yang bergerak dalam bidang robotika dan perkembangan teknologi yang terkait. Setiap tahunnya, TRUI berpartisipasi dalam berbagai kompetisi robot nasional terutama Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Perlombaan KRI dan KRCI 2011 pada tingkat regional akan diadakan di 5 tempat yaitu :

Regional 1 pada tanggal 21-22 Mei 2011 di Politeknik Negeri Batam, Batam

Regional 2 pada tanggal 14-15 Mei 2011 di Institut Teknologi Telkom, Bandung

Regional 3 pada tanggal 28-29 Mei 2011, UNY, Yogyakarta

Regional 4 pada tanggal 7-8 Mei 2011, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Surabaya

Regional 5 pada tanggal 30 April-1 Mei , Universitas Tadulako, Palu

Pada tahun ini Tim Robotika Universitas Indonesia yang termasuk ke dalam regional 2 akan mengikuti lomba KRI dan KRCI pada tingkat regional di IT Telkom Bandung pada tanggal 14-15 Mei 2011. Sama seperti  tahun lalu, Tim robotika Universitas Indonesia mengirimkan 4 tim yaitu KRI, KRCI Humanoid Soccer, KRCI Berkaki, dan KRCI Beroda.

KRI (kontes robot Indonesia) merupakan sebuah kontes robot yang diadakan setiap tahun sekali dari tingkat regional sampai ke nasional dan bagi robot-robot yang berhasil menang di tingkat nasional akan mengikuti kontes robot di tingkat internasional ABU Robocon yang merupakan kontes Internasional Asia-Pasific.  Pada tahun ini kontes ABU Robocon akan berlangsung di Bangkok dengan tema “Loy Krathong, Lighting Happiness with Friendship”. Untuk tema nasional KRI adalah “Larungan”. ABU adalah organisasi penyiaran di kawasan negara-negara Asia Pasifik yang beranggotakan lebih dari seratus televisi dan radio dari lima puluh negara.  Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) sebagai anggota.

KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) juga merupakan kontes robot tahunan. Perbedaan utama KRI dan KRCI ialah KRI mengikuti aturan baku dari ABU Robocon sedangkan KRCI mengikuti aturan baku dari Intelligent Fire-Fighting Robot Contest di Trinity College, Hartford Connecticut, Amerika Serikat. KRI biasanya terdiri dari robot manual dan otomatis sedangkan KRCI dibagi menjadi 3 kategori yakni beroda, berkaki dan humanoid soccer. Seperti halnya KRI, KRCI pun diadakan secara bertahap melalui kontes Regional yang akan diambil pemenangnya untuk bertanding di tingkat Nasional. Dari pemenang Nasional inilah yang akan mewakili Indonesia di Intelligent Fire-Fighting Robot Contest di Trinity College, Hartford Connecticut, Amerika Serikat. Pemenang divisi berkaki dan beroda ditentukan berdasarkan adu kecepatan robot dalam menemukan, memadamkan api, serta kembali ke home di lapangan masing-masing. Untuk KRCI Humanoid Soccer tahun 2011 memiliki tema Liga Sepakbola Humanoid, yakni selayaknya bermain sepak bola, robot humanoid yang memasukkan goal paling banyak maka dialah pemenangnya.

Berikut ialah Tim KRI dan KRCI dari Universitas Indonesia yang akan berlaga tahun ini. Pada KRI Regional 2 dengan robot yang bernama Wijayakusuma. Dari KRCI regional 2, dibagi 3 kategori yaitu Tim Beroda dengan nama robot WindWire, Tim Berkaki dengan nama robot Revecto, dan Tim Humanoid Soccer dengan nama robot Pamungkas.

KRI Otomatis 1
KRI Otomatis 1
KRI Manual
KRI Manual
KRCI Beroda
KRCI Beroda
KRCI Berkaki
KRCI Berkaki
KRCI Battle for Humanoid Soccer
KRCI Battle Humanoid Soccer

Oleh karena itu, kami mohon kesediaan teman-teman para civitas akademika Universitas Indonesia untuk mendukung kami dalam lomba ini agar bisa menjadi juara di tingkat regional, nasional hingga internasional.

Terimakasih atas perhatiannya. TRUI… Juara! Juara! Juara!

Salam kami dari Tim Robotika UI.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
indritsar

2 Comments

Leave a Reply