SEKILAS PANDANG TENTANG KOMPETISI

Tahun 2016 ini merupakan penyelenggaraan kedua kompetisi simulasi supply chain bergengsi tingkat global, yaitu Supply Chain Finance Community’s Global Student Challenge 2016 atau bisa disingkat SCFC’s GSC (lihat selengkapnya di www.globalstudentchallenge.org). SCFC’s GSC diadakan oleh Supply Chain Finance Community bekerjasama dengan Windesheim University of Applied Science yang berlokasi di Belanda. Kompetisi ini bertujuan menciptakan minat serta mendorong pengembangan lebih lanjut tentang Supply Chain Finance. Kompetisi ini akan mempertemukan berbagai universitas dan perusahaan dari seluruh dunia untuk menemukan mahasiswa berpotensi untuk mendapatkan kesempatan magang maupun berkarir di beberapa perusahaan berkelas dunia.

Kompetisi yang diperuntukan bagi mahasiswa S1 atau juga dari program S2 di seluruh dunia ini akan menantang pesertanya untuk bersaing melalui game simulasi yang bernama The Cool Connection (www.thecoolconnection.org). Simulasi ini merupakan simulasi bisnis yang sangat canggih dan telah digunakan secara internasional oleh beberapa perusahaan berkelas dunia untuk program training karyawan hingga level manajemen eksekutif dengan tema kompleksitas supply chain management dan supply chain finance. Simulasi yang merupakan bagian dari experiental learning ini dibuat sedemikian rupa hingga mendekati kondisi seperti dunia nyata untuk memberikan wawasan tentang kompleksitas dan ketergantungan ketika mengoperasikan supply chain di bawah kondisi pasar yang tidak pasti dan volatile.  

Suasana Grand Finale Week di Windesheim University, Belanda

Suasana Grand Finale Week di Windesheim University, Belanda

 

advertisement

SIMULASI THE COOL CONNECTION

Secara teknis, The Cool Connection merupakan simulasi berbasis website yang mengajak peserta untuk membuat keputusan strategis dalam mengelola perusahaan manufaktur produk-produk personal care dan kosmetik. Dari tim yang terdiri dari empat orang, masing-masing anggota tim akan berperan sebagai manajer tertinggi perusahaan dalam empat area, di antaranya Sales, Purchasing, Supply Chain, dan Finance. Semua peran tersebut saling berkoordinasi untuk menentukan masing-masing keputusan yang akan diambil untuk mendapatkan return on investment (ROI) yang positif dan bernilai besar. Tantangan dari simulasi ini yaitu untuk mengajak peserta memikirkan strategi korporasi dan tujuan dari sebuah bisnis serta mengelola cross-functional trade-offs di dalam supply chain. Semua peserta akan menghadapi berbagai dilema dalam real-life dan real-time. Mengerti akan cross-functional atau pengaruh hubungan antar berbagai fungsi manajemen dan melakukan kolaborasi antar peran merupakan komponen utama untuk bekerja bersama dalam tim untuk membuat kondisi perusahaan menjadi lebih baik.

CARA MENDAFTAR

Peserta yang berkeinginan mengikuti kompetisi ini perlu membentuk tim dengan anggota empat orang mahasiswa aktif dan perlu mengajak seorang dosen/profesor dari kampus sebagai pembimbing. Dosen/profesor tersebut perlu melakukan endorse pada mahasiswa tersebut. Untuk lebih lengkapnya bisa membuka alamat web https://www.globalstudentchallenge.org/about/regulations/.

 

advertisement

TEKNIS KOMPETISI

Kompetisi ini dibagi dalam 3 babak, yaitu Qualification Rounds, Global Challenge Rounds, dan Grand Finale. Pada dua round pertama dilakukan secara online, sedangkan Grand Finale akan dilakukan di Belanda.

Qualification rounds dimulai dari 1 Juli hingga 15 Oktober 2015. Dalam babak ini terdapat 3 kali simulasi yang dapat diselesaikan dengan waktu bebas selama masih dalam tenggang waktu tersebut. Untuk dapat lolos hingga babak Global Challenge Rounds, sebuah tim perlu menyelesaikan semua 3 kali semulasi dan minimal harus mendapatkan ROI yang positif di satu diantara tiga kali simulasi tersebut.

Global challenge rounds dimulai dari 2 November hingga 11 Desember 2015. Dalam babak ini juga terdapat 3 kali simulasi dan akan dibatasi periode waktu yang ditetapkan pada tiap kali simulasi dan akan diumumkan pada setiap permulaan simulasi di portal The Cool Connection. Untuk dapat lolos dalam babak Grand Finale di Belanda, tim harus menjadi terbaik di negaranya. Tim-tim yang terbaik di masing-masing negara atau yang mendapatkan peringkat 1 di negara-nya akan di-ranking tersendiri secara global untuk mendapatkan tim terbaik masing-masing negara yang masuk TOP 20 dengan peringkat ROI terbaik.

advertisement

Grand finale akan diadakan pada tanggal 12-15 April 2015 di Zwolle, Belanda. Dalam babak ini akan dikumpulkan 20 tim terbaik dari berbagai universitas di dunia untuk bertanding mendapatkan total hadiah Cash EUR 20,000. Dalam babak ini akan terdapat 6 kali simulasi yang di tiap simulasi-nya akan ditambahkan berbagai variasi fitur keputusan baru atau tantangan-tantangan baru yang lebih menantang.

Suasana Grand Finale Week di Windesheim University, Belanda

Suasana Grand Finale Week di Windesheim University, Belanda

 

HADIAH

  • Tim yang masuk TOP 20 akan dibiayai secara keseluruhan selama perjalanan dan kompetisi di Belanda.
  • Terdapat total hadiah Cash EUR 20,000 untuk 3 tim terbaik di Grand Finale.

 

advertisement

KEIKUTSERTAAN TIM INDONESA TAHUN 2015

Tahun 2015 menjadi kesempatan emas bagi tim Universitas Indonesia sebagai perwakilan Indonesia untuk menunjukkan kompetensinya kepada dunia melalui Grand Finale kompetisi Supply Chain Finance Community’s Global Student Challenge yang baru diadakan pertama kali ini. Kompetisi yang diadakan oleh Supply Chain Finance Community dan Windesheim University of Applied Science ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan para pesertanya dalam membuat keputusan terkait dengan peran masing-masing dalam simulasi perusahaan tersebut.

Nusantara Team saat berkompetisi di Grand Finale week di Belanda

Nusantara Team saat berkompetisi di Grand Finale week di Belanda

Tim dari Universitas Indonesia yang bernama Nusantara Team yang beranggotakan empat orang, di antaranya Ahmad Adi Suhendra (sebagai Purchasing Manager), Maulia Farsiko Gama (sebagai Supply Chain Manager), IIham Andy Wira Utama (sebagai Finance Manager), dan Muhammad Yusuf Mulyana (sebagai Sales Manager) telah lolos babak kualifikasi dan memenangkan babak final nasional di Indonesia yang dilakukan selama bulan September-Desember 2014.

Foto Nusantara Team di Depan Hotel

Foto Nusantara Team di Depan Hotel

Tim Universitas Indonesia termasuk dalam 15 tim terbaik dari 15 negara di seluruh dunia yang lolos ke babak Grand Finale dan ditambah 5 tim yang mendapatkan wildcard, sehingga terdapat 20 tim secara total. Dalam Grand Finale yang telah dilakukan di Zwolle, Netherlands pada tanggal 6-11 April 2015 terdapat 6 kali simulasi untuk merebut hadiah total Cash EUR 20,000 bagi tiga tim terbaik. Setelah beberapa kali simulasi yang dilakukan, didapatkan tiga tim terbaik dari 20 tim, yaitu yang mendapatkan nilai weighted terbesar adalah tim dari India, diikuti dengan tim dari Tiongkok dan tim dari Bangladesh. Dari hasil ini bisa dikatakan bahwa pemenang dari kompetisi ini adalah all asia winners.

Dinner & Awarding Night

Dinner & Awarding Night

Selama mengikuti Grand Finale di Belanda tim Universitas Indonesia mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan. Walaupun tidak masuk dalam tiga tim terbaik, tim Universitas Indonesia sempat meraih posisi ke-empat terbaik global dan tiga orang anggota-nya masuk 5 besar di peringkat peran secara individu: Ilham Andy Wira Utama mendapatkan peringkat 2 Finance Manager terbaik global, Ahmad Adi Suhendra mendapatkan peringkat 3 Purchasing Manager terbaik global, dan Maulia Farsiko Gama mendapatkan peringkat 4 Supply Chain Manager terbaik global.

Foto Seluruh Tim Peserta dan Panitia Grand Finale

Foto Seluruh Tim Peserta dan Panitia Grand Finale

Pada akhirnya, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya tidaklah lupa disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu keberhasilan Tim Universitas Indonesia dalam keikutsertaan pertama kalinya di kompetisi Supply Chain Finance Community’s Global Student Challenge 2015, khususnya kepada otoritas-otoritas UI (Direktorat Kemahasiswaan UI, Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, serta Persatuan Orangtua Mahasiswa FEB UI), Program Bantuan Keberangkatan ke Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Budaya RI, serta pihak korporasi seperti PT Cikarang Inland Port sebagai sponsor yang telah terlibat sebagai mitra co-funding.

 

Catatan:
Daftar Universitas sebagai Grand Finalists:

1. Universitas Indonesia, Indonesia

  1. Saint Petersburg State University, Rusia
  2. Fudan University, Tiongkok
  3. California State University, USA
  4. Institute of Business Administration Karachi, Pakistan
  5. Indian Institute of Management Bangalore, India
  6. Foreign Trade University Ho Chi Minh City, Vietnam
  7. Windesheim University of Applied Science, Belanda
  8. ESADE Business School, Spanyol
  9. Kedge Business School, Perancis
  10. University of Dhaka, Bangladesh
  11. University of Stellenbosch, Afrika Selatan
  12. University of Hong Kong, Hong Kong
  13. Nordakademie Elmshorn, Jerman
  14. Politecnico di Milano, Italia
  15. S.P. Jain Institute of Management & Research, India
  16. Jonkoping International Business School, Swedia