Deadline (ilustrasi ditambahkan admin)

Deadline (ilustrasi ditambahkan admin)

“Ada dua nikmat, tertipu di dalamnya banyak orang: kesehatan dan waktu luang.”

(HR Bukhari 7/170)

Kebiasan deadliners adalah penyakit. Tidak hanya kamu, bahkan juga saya. Ia menjadi penyakit umum pemuda saat ini. Arief Munandar pernah mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin, seharusnya kita respek terhadap 3 hal: respect of people, respect of time, and respect of system. Respect of time menjadi bagian penting diantaranya dan memang, nilai diri kita adalah sejauh mana kita  bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

advertisement

Seorang Tabiin, Hasan Al-Bashri, pernah mengungkapkan,

“jauhilah sikap menunda-nunda. Sungguh keberadaan dirimu oleh hari ini dan bukan oleh hari esok. Jika esok masih ada maka bersikaplah seperti hari ini. Jika kamu tidak ketemu hari esok, maka kamu tidak menyesali apa yang kamu tunda hari ini” (Iqtidha al-Ilm Al-Amal hal.113 karya Al-Khatib al-Baghdadi)

Sebulan yang lalu, saya mengobrol dengan Budi Rahayu dan Tino Gaus tentang bagaimana cara memanfaatkan waktu. Menurut mereka, inilah tipsnya:

advertisement

1. Just do it, now!

Mungkin ini nasihat yang klise, tetapi belum tentu semua orang bisa mempraktekkannya. Saya pernah mengikuti sebuah kepanitiaan tingkat nasional. Semua orang yang ada di kepanitiaan itu adalah tipe Just do it, now! Ada seseorang yang mendapat tugas pagi dan sorenya telah ia selesaikan. Ada orang yang mendapat tugas kepanitiaan malam, paginya telah ia tuntaskan. Intinya adalah setiap kita dapat tugas, apapun itu, langsung selesaikan saat itu juga. Bagaimana teknik penyelesaiannya? Nanti akan saya jabarkan.

2. Buatlah jadwal

advertisement

Saya disarankan untuk membuat 3 kolom di kertas. Kolom pertama berisi list tugas, kolom kedua berisi kapan tugas itu diselesaikan, dan kolom ketiga berisi kapan deadline tugas itu sebenarnya. Misalnya, kita mendapat tugas tanggal 1 dan deadline tugas itu tanggal 20. Maka, kita menulis angka 20 di kolom deadline. Lalu dengan melakukan poin satu, kita langsung mengerjakannya pada tanggal 2. Akhirnya, tugas itu selesai pada tanggal 4 dan setelah ditambah berbagai revisi, tugas itu selesai tanggal 10. Pada saat itulah tulis angka 10 pada kolom “selesai tanggal…”. Setelah selesai, beri hadiah lah diri kita karena telah berhasil membuat prestasi, yakni menyelesaikan tugas 10 hari sebelum deadline.

3. Milikilah mental ingin jadi yang pertama dan terbaik

Dua tips di atas takkan jalan jika tak dilandasi sebuah mental yang kuat. Milikilah mental selalu ingin jadi yang pertama dan terbaik! Itulah kuncinya. Seluruh juara di segala bidang memiliki mental itu. Mental seperti itu akan mendorong kita untuk melakukan sesuatu yang lebih dibanding yang lain. Seorang juara memang biasanya melakukan sesuatu sedikit lebih banyak dibanding orang biasa.

advertisement

Tips-tips untuk menyelesaikan tugas tepat waktu sudah teruraikan. Namun, pertanyaannya, bagaimana teknis terbaik untuk menyelsaikan tugas?

Ada sebuah teknik yang dinamakan teknik Pomodoro. Singkatnya begini. Misalkan kita mendapat sebuah tugas. Siapkan sebuah jam yang berbunyi “tik-tik-tik” dengan keras. Siapkan waktu 25 menit, lalu kerjakan tugas itu sebaik mungkin dalam jangka waktu 25 menit itu. Waktu 25 menit ini adalah waktu yang terbaik karena ia tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Setelah waktu 25 menit ini selesai, segera lah istirahat dan refreshing 5-10 menit. Refreshing ini sangat penting dan bagian dari teknik Pomodoro. Jangan pernah memikirkan tugas dalam refreshing ini. Lakukan saja berlari-lari kecil, menonton TV, minum teh, dan lain-lain.Setelah selesai refreshing, lanjutkan lagi mengerjakan tugasnya dengan rentang waktu 25 menit kedua. Begitu terus hingga tugas selesai.

Ketika pertama kali dilakukan, orang-orang berkata bahwa teknik ini berat dilakukan. Karena pekerjaan kita dibatasi oleh waktu yang berjumlah 25 menit sementara kita harus mengerahkan segalanya dalam rentang waktu itu. Hakekatnya kita menciptakan waktu deadline kita sendiri. Namun, kenyataannya itu adalah cara yang efektif dan efisien.

Selamat mempraktekkan!