Bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional pada tanggal 29 Juni 2020, sebuah komunitas sosial bernama Bantu Keluarga berkolaborasi dengan Tanoto Scholars Association Universitas Indonesia (TSAUI) mengadakan webinar terbuka untuk umum bertemakan Mempersiapkan Keluarga Dalam Menghadapi New Normal”.

Bantu Keluarga merupakan gerakan sosial berbasis riset yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga dengan ekonomi menengah kebawah yang kehilangan sumber penghasilan akibat pandemi COVID-19 yang didirikan oleh 6 mahasiswa Universitas Indonesia. Kelompok mahasiswa tersebut terdiri dari: Andrew Prasetya Japri (FKM 2016), Melinda Mastan (FKM 2016), Stephen Gunawan (FKM 2017), Yovita Agrippina Haryanto (FKM 2019), Kevin Harijanto (FMIPA 2018), dan Novita Pundarika (FT 2017). Komunitas ini juga telah memberi bantuan kepada 66 keluarga berupa bahan pangan untuk kebutuhan konsumsi selama 2 minggu di Teluk Naga, Tangerang dan tentunya akan berusaha memerluas dampaknya. Sedangkan, TSAUI sendiri merupakan organisasi mahasiswa penerima beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation yang memiliki visi untuk memberikan manfaat bagi sekitarnya.

BACA JUGA: 5 Spot Foto Instagramable ala Anak UI, Hits dan Kekinian!

advertisement

Sejak diumumkannya kasus pertama COVID-19 di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, berbagai upaya telah digalakkan baik dari pemerintah maupun sektor non-formal. Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan di masa pandemi beberapa bulan terakhir merupakan salah satu upaya dalam rangka mencegah penyebaran virus di masyarakat. Akan tetapi, pemberlakuan PSBB telah melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru pada masyarakat Indonesia yang kemudian menjadi tren baru yang kita kenal dengan ‘New Normal’. ‘New Normal’memberikan dampak tersendiri terhadap para keluarga Indonesia, salah satunya terkait kondisi psikologis dan perekonomian keluarga.

Sumber: Press Release Bantu Keluarga x TSA UI

Kegiatan webinar ini bermaksud untuk menjawab keresahan masyarakat, terutama keluarga dalam menjalani masa-masa New Normal. Sambil mengajak masyarakat untuk berdonasi bagi keluarga yang membutuhkan, webinar ini juga berusaha mengedukasi masyarakat dengan mengangkat tema “ Mempersiapkan Keluarga dalam Menghadapi New Normal”. Webinar ini mengundang dua pembicara, yakni Adriana Amalia selaku Psikolog Klinis Dewasa dan Co-Founder Asa Berdaya yang membawakan topik “Menjaga well-being anggota keluarga dalam masa New Normal”, dan Leonardo Cheng selaku Financial Planner yang membawakan topik “Strategi keuangan keluarga saat memasuki era New Normal”. Webinar yang dimoderatori oleh Dizza Aliftsa (FISIP 2017), mahasiswa berprestasi utama UI 2020, ini berlangsung selama 1 ½ jam melalui platform Zoom Meeting dan dihadiri oleh lebih dari 40 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

advertisement

Sumber: Press Release Bantu Keluarga x TSA UI

Pada sesi pertama, Adriana Amalia membahas mengenai reaksi psikologis manusia terhadap perubahan berdasarkan Kubler-Ross Change Curve dan bagaimana cara untuk menjaga diri dan mengelola diri dalam menghadapi perubahan tersebut. Selain itu, pembicara juga memaparkan mengenai aktivitas di dalam keluarga yang seharusnya sejalan dengan prinsip competence, relatedness, dan autonomy. Pada akhir sesi, pembicara mengajak para peserta untuk saling bersama-sama menambah daya untuk menjadi keluarga yang siap menghadapi perubahan.

BACA JUGA: Ini Dosen-Dosen UI Yang Masuk 500 Peneliti Terbaik Nasional Versi SINTA

advertisement

Pada sesi kedua, Leonardo Cheng memulai pemaparan dengan mengartikan kata ‘krisis’ dalam bahasa Cina, yaitu bahaya dan kesempatan. Pembicara mengajak para peserta untuk memaksimalkan kesempatan yang ada terkait strategi finansial pada masa pandemi dengan metode piramid keamanan, kenyamanan, dan distribusi kekayaan serta dengan mempersiapkan dana darurat. Pada akhir sesi, pembicara mengajak para peserta untuk mengetahui kondisi perekonomian masing-masing, apakah peserta berada pada kondisi need help atau can help,  yang tentunya akan berpengaruh pada strategi keuangan mereka.

Webinar diakhiri dengan ajakan untuk melakukan challenge untuk mendapatkan hadiah konsultasi keuangan dan psikologis gratis dari kedua pembicara serta foto bersama dengan pembicara dan seluruh peserta. Antusiasme peserta webinar ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk ke dalam sistem untuk kemudian dibahas oleh pembicara pada sesi tanya jawab. Bantu Keluarga bersama dengan TSAUI berharap dapat mendukung keluarga-keluarga di Indonesia dalam persiapan menghadapi era New Normal.

BACA JUGA: Bangga! UI Siap Produksi 1000 Ventilator Buatannya, COVENT 20

advertisement