Baru Semester Dua, Mahasiswa FKG UI Raih Juara 2 Kompetisi Internasional

Anak UI, mitos bahwa perkuliahan daring bikin produktivitas menurun sepertinya gak berlaku untuk Anak UI. Buktinya nih, mahasiswa tahun pertama dari makara hijau putih turut mengharumkan nama UI di kompetisi internasional.


0

Aysha Azzahra Bachmimsyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) angkatan 2020 berhasil meraih penghargaan juara 2 atau Most Outstanding Delegate di Indonesia MUN in World Food Program 2021. Hasil kompetisi ini diumumkan pada puncak acara pengumuman atau Awarding Night yang dilaksanakan secara daring pada 6-7 Februari 2021.

For your information, Model United Nations (MUN) merupakan sebuah konferensi simulasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menempatkan peserta menjadi seorang diplomat yang kritis. Di konferensi ini tiap delegasi nasional dan internasional, baik itu di sekolah menengah maupun universitas akan terlibat dalam masalah internasional secara diplomatik.

Jadi, acara tersebut bukan hanya sebagai wadah untuk berpura-pura menjadi diplomat, tiap peserta akan diuji melalui kemampuan berbahasa Inggris diplomasi, negosiasi, kepemimpinan, pidato impromptu, drafting, dan problem- solving skills.

Anak UI, meskipun baru pertama kali mengikuti lomba internasional, wanita berhijab yang kerap disapa Aysha ini tampil dengan sangat mengagumkan. Mahasiswa semester 2 FKG UI ini mempresentasikan negara Peru dengan topik ‘Preventing Hunger Crisis During and After Pandemic’ di hadapan 56 peserta lainnya.

Pada hari pertama, Aysha memimpin kelompok dengan 25 peserta untuk mencari solusi yang tepat sesuai dengan topiknya. Dengan gagasannya yang cemerlang, Aysha berhasil melewati proses seleksi dan masuk ke babak berikutnya.

Berbekal pengalamannya pada hari pertama, Aysha menjadi lebih percaya diri untuk melanjutkan kompetisi hingga akhir. Kemampuan analisis dan negosiasinya meningkat, terbukti dengan solusi yang dipaparkannya dapat diterima oleh para peserta lainnya.

Menurut Aysha, kompetisi ini cukup menantang karena informasi mengenai negara Peru yang terbatas dan kurang signifikan pada topik yang dipilihnya.

“Persaingan antar peserta sangat terasa dalam perlombaan ini, misalnya ada peserta lain yang mencoba berargumentasi untuk menjatuhkan negara saya di hadapan peserta lainnya.

Pada akhirnya, saya berhasil menjadi Sponsor dan Presenter, atau pemimpin pada kelompok besar tersebut. Terima kasih kepada pelatih MUN dan pihak-pihak lainnya yang mendukung saya dalam menjalani perlombaan ini,” ujar Aysha.

BACA JUGA: Berawal Dari Start-Up, Mahasiswa FISIP dan FKM UI Raih Prestasi di Kompetisi UNDP Saat Pandemi

Pada saat perlombaan dimulai, tiap peserta akan diuji pengetahuannya mengenai topik, negara yang mereka representasikan, sistem PBB dan  solusi yang mereka bawakan melalui diskusi dan perdebatan yang muncul pada konferensinya. Tentunya suasana menjadi semakin menegangkan sebab peserta harus selalu siap melakukan pidato dalam bahasa Inggris dan berdebat dengan tetap mempertahankan kemampuan diplomasi.

Serunya lagi, opini dan solusi yang peserta bawakan juga harus dinegosiasikan kepada partisipan lain yang biasanya berjumlah 30-90 orang. Di sini nih kemampuan negosiasi peserta diuji. Sebab, peserta diharuskan membuat kelompok yang berisikan negara-negara dan memimpin diskusi serta jalannya agenda kelompok tersebut.

“Jika berhasil memimpin sebuah kelompok besar dan memberi pengaruh yang cukup kuat kepada seluruh peserta, kita bisa dijadikan nominasi juara oleh para juri,” kata Aysha.

Acara yang diselenggarakan oleh UI MUN Club bertujuan untuk memperluas jaringan pesertanya, mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum, negosiasi, perancangan hukum, dan meningkatkan komunitas mereka dengan belajar di luar batas ruang kelas. Melalui berbagai kegiatannya, Indonesia MUN berharap dapat meningkatkan semangat Model United Nations dan meningkatkan kemampuan delegasi sebagai calon pemimpin bangsa.

BACA JUGA: Membanggakan! Ini Prestasi dan Inovasi Mahasiswa UI yang Dapat Mengubah Dunia


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
3
like
dislike dislike
1
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
1
omg
atut atut
1
atut
sumringah sumringah
1
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017). Baca artikel Ditha Adinda lainnya.

0 Comments

Leave a Reply