Pendidikan merupakan sarana utama untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Didasari hal tersebut, setiap tahunnya PT Bank Central Asia, Tbk  (BCA) selalu memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

Beasiswa yang diberikan oleh BCA ini terdiri dari beberapa jenis, di antaranya ada Beasiswa BCA Finance, Beasiswa Bakti BCA, Beasiswa PPA, serta Beasiswa PPTI. Apa saja keuntungan yang ditawarkan oleh beasiswa tersebut? Bagaimana cara mendaftarnya? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut.

Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance merupakan program beasiswa dari BCA untuk mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di semester 2. Beasiswa ini pertama kali diselenggarakan sejak tahun 2009, dan masih konsisten menerima peserta setiap tahun.

Keuntungan yang diberikan BCA bagi penerima program Beasiswa BCA Finance adalah dana beasiswa sebesar Rp3.000.000 per semester hingga semester 8 perkuliahan. Berbeda dengan beasiswa korporasi lainnya, penerima Beasiswa BCA Finance ini bebas dari ikatan dinas apapun. Namun bagi mahasiswa yang bidang studinya sesuai dengan kebutuhan BCA Finance, mereka akan mendapat prioritas untuk mengikuti seleksi penerimaan karyawan

Syarat Pendaftaran

Persyaratan untuk mendapatkan Beasiswa BCA Finance adalah sebagai berikut:

advertisement

  1. Mahasiswa Strata 1 (S1) atau Diploma 4 (D4) dari segala jurusan
  2. Minimal telah atau sedang menyelesaikan semester 2 perkuliahan
  3. Memiliki IPK minimal 3,00 pada skala 4,00 untuk PTN dan 3,40 untuk PTS
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
  5. Aktif berorganisasi

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran Beasiswa BCA Finance dilakukan secara online di halaman www.bcafinance.co.id/beasiswa. Kamu bisa mengklik menu Pendaftaran Beasiswa BCA, lalu mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar. Setelah mengisi semua data yang diperlukan, selanjutnya ikuti petunjuk yang diberikan di halaman tersebut.

Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi Beasiswa BCA Finance terdiri dari 2 tahap. Berikut adalah penjelasannya:

Tahap 1 (Penentuan Awal):

Penentuan 150 calon penerima beasiswa. 150 calon penerima beasiswa yang telah diumumkan selanjutnya wajib mengirim sejumlah dokumen persyaratan yang meliputi fotokopi Kartu Keterangan Mahasiswa (KTM), Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW setempat, Kartu Keluarga (KK), rekening listrik dan air, surat anggota berorganisasi atau surat keterangan aktif berorganisasi  yang ditandatangani oleh ketua organisasi

Tahap 2 (Penentuan Akhir):

Penentuan 100 penerima beasiswa yang berhak mendapat dana beasiswa sebesar Rp3.000.000 per semester.

Perlu kamu ketahui, proses seleksi penerima beasiswa tersebut dilakukan oleh tim seleksi dari BCA Finance. Adapun keputusan hasil seleksi adalah keputusan mutlak yang tidak bisa diganggu gugat.

Beasiswa Bakti BCA

Selain Beasiswa BCA Finance, beasiswa lain yang diberikan oleh BCA untuk putra-putri terbaik Indonesia adalah Beasiswa Bakti BCA. Jika Beasiswa BCA Finance diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah atau sedang menempuh semester 2 perkuliahan, beasiswa ini lebih ditujukan untuk mahasiswa yang sedang berada di semester 7. Adapun keuntungan yang didapat oleh penerima beasiswa adalah biaya SPP, SOP, serta uang saku sebesar Rp500.000 per bulan selama satu tahun.

advertisement

Namun, perlu diketahui, Beasiswa Bakti BCA ini tidak terbuka untuk umum. Hingga saat ini, hanya ada 16 perguruan tinggi yang terdaftar sebagai mitra Beasiswa Bakti BCA, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Udayana (Unud), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Universitas Mulawarman (Unmul), serta Universitas Cenderawasih (Uncen).

Tak hanya itu saja, perbedaan lain dari Beasiswa Bakti BCA dengan Beasiswa BCA Finance adalah tim seleksinya. Untuk Beasiswa Bakti BCA, penentuan penerima beasiswa diserahkan langsung kepada tim internal dari universitas terkait, bukan tim dari BCA. Harapannya, pemilihan penerima beasiswa bisa lebih adil karena anggota tim seleksi akan lebih tahu dan mengenal para calon penerima beasiswa.

Syarat Pendaftaran

Bagi kamu yang berniat untuk mendaftar Beasiswa Bakti BCA, berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi:

  1. Mahasiswa program Strata 1 (S1) yang sedang menyelesaikan semester 4
  2. Memiliki IPK minimal 3,00 pada standar 4,00
  3. Belum menikah
  4. Berusia maksimal 21 tahun saat mendaftar beasiswa
  5. Tidak merokok
  6. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain, dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan dari fakultas
  7. Melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua
  8. Bersedia mengikuti proses seleksi dan ketentuan persyaratan beasiswa
  9. Mengisi formulir pendaftaran yang terdiri dari formulir permohonan beasiswa dari universitas, formulir Beasiswa Bakti BCA, surat pernyataan yang diberikan oleh PT Bank Central Asia, Tbk
  10. Melampirkan 1 foto berwarna ukuran 4 x 6 cm
  11. Melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 1 lembar
  12. Melampirkan fotokopi transkrip nilai 3 semester terakhir
  13. Melampirkan surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian
  14. Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas dari narkoba dari dokter
  15. Melampirkan rekomendasi dari ketua fakultas
  16. Melampirkan surat rekomendasi dari Pembantu Rektor III atau Pembantu Dekan III

Tata Cara Pendaftaran

Untuk seleksi Beasiswa Bakti BCA ini biasanya diselenggarakan pada bulan September setiap tahunnya. Karena proses seleksi dilakukan oleh tim internal dari universitas, batas akhir pengumpulan berkas akan disesuaikan oleh fakultas masing-masing.

Jadi , itulah penjelasan lengkap mengenai program Beasiswa BCA Finance dan Beasiswa Bakti BCA. Apabila kamu memiliki pertanyaan, kunjungi saja halaman beasiwa BCA berikut ini https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/korporasi/csr/solusi-cerdas-bca/.



[reaction_buttons]