Bagi teman-teman yang sering menonton televisi, pasti sering mendengar adanya iklan mengenai beasiswa Djarum atau sering dikenal dengan nama Beasiswa Beswan Djarum (Beasiswawan Djarum) yang diubah pada tahun 2003. Beberapa teman penulis juga ada yang mengikuti program ini dan penulis lihat mereka-mereka yang diterima menjadi Beswan Djarum sering diikutkan acara-acara yang mengembangkan leadership dan pertemuan-pertemuan dengan Beswan Djarum se-Indonesia. Keuntungan dan persyaratan beasiswa Beswan Djarum akan dikupas di artikel ini, maka simak baik-baik ya!

Beasiswa ini bermula pada tahun 1984 dengan nama Djarum Beasiswa Plus. Beasiswa ini hadir tidak hanya memberikan bantuan pendidikan, akan tetapi memberikan pelatihan mengenai wawasan kebangsaan, pengembangan karakter, kepemimpinan, kreativitas, serta beberapa kegiatan lain dalam bidang sosial, lingkungan, pendidikan dan budaya. Hingga kini, beasiswa ini selalu dinantikan oleh mahasiswa-mahasiswa di semester 3 (tahun kedua perkuliahan) dikarenakan banyaknya pelatihan-pelatihan yang sangat cool!! Selain pelatihan-pelatihanya, ternyata para Beswan Djarum diasah kemampuannya juga pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Beswan Djarum (LKT-BD).

Pada website Djarum Foundation, dijelaskan bahwa seleksi yang harus diikuti oleh calon penerima beasiswa ini mencakup seleksi Intelligence Quotation (IQ) dan Emotional Quotation (EQ). Selain itu, persaingan sangat ketat dikarenakan beasiswa ini melibatkan 74 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di 24 provinsi di seluruh Indonesia.

Keuntungan Beasiswa Beswan Djarum

Wah, secara sekilas saja beasiswa yang memiliki tagline Come Join Us!” ini sangat menggiurkan bagi teman-teman yang doyan sekali untuk mencari banyak teman se-tanah air. Keuntungan apa saja yah yang bisa didapatkan untuk beasiswa Beswan Djarum ini?

Keuntungan pertama tentunya kita akan mendapat bantuan pendidikan yang berjumlah 750.000 per bulannya selama satu tahun. Bagi teman-teman yang mengalami kesulitan keuangan bisa mengikuti beasiswa ini untuk menambah uang saku teman-teman J

Selain itu, keuntungan adanya pelatihan-pelatihan yang meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development dan juga Community Empowerment. Penulis akan menjelaskan secara singkat apa aja sih yang dilakuin di segudang pelatihan yang kayaknya ribet itu? Yang pasti, rugi banget kalau kamu langsung gak baca artikel ini sampai habis!

advertisement
  • Nation Building

Acara ini adalah “pertemuan pertama” para Beswan Djarum se-Indonesia. Biasanya acara ini diadakan di bulan November dan bertempat di PRPP (Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan Jawa Tengah) Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan ini menurut salah satu Beswan Djarum sangat menarik dan paling berkesan karena pada rangkaian acara itu terdapat pelatihan paduan suara dan teater yang ditujukan untuk malam puncak kegiatan Nation Building. Selain itu, para Beswan Djarum akan diajak juga ke Kota Kudus untuk melihat langsung proses produksi rokok, melihat berbagai macam peninggalan sejarah dan kebudayaan. Lalu, menurut salah satu Beswan Djarum, terdapat talkshow yang dimoderatori oleh presenter ternama dan mendatangkan tamu artis ibukota serta pembicara yang kompeten di bidangnya.

  • Character Building

Kegiatan ini adalah kegiatan kedua dari para Beswan Djarum dan dilangsungkan di Cikole, Lembang. Menurut salah satu Beswan Djarum, permainan-permainan yang dilangsungkan terdapat 15 permainan yang menantang sekaligus dapat merekatkan teamwork sesama Beswan Djarum

  • Leadership Development

Kalau penulis lihat sih, acara ini cenderung tipikalnya lebih serius dan lebih banyak dihabiskan di indoor (kegiatan ini biasa dilakukan di kota besar seperti Jakarta, Jogja dan Surabaya). Berbeda dengan acara-acara sebelumnya yang sering dilakukan di outdoor dan jaraknya jauh (ya lumayan jaraknya kalo acaranya di Semarang dan Bandung, tapi rumah di Surabaya, apalagi jomblo, ga ada yang ngangenin). Sesuai namanya, acara ini memang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin diri sendiri, oranglain dan lingkungannya, dengan kegiatan-kegiatan seperti debate competition, project presentation dan lainnya.

  • Community Empowerement

Kalau teman-teman sering dengar tentang KKN (Kuliah Kerja Nyata) atau Pengmas (Pengabdian Masyarakat), acara ini mirip-mirip seperti kegiatan tersebut. Para Beswan Djarum diharapkan dapat menggali potensi daerah (dari segi sumber daya alam dan sumber daya manusia) di sekitar tempat asal Beswan Djarum. Jika penggalian sudah dilakukan, Beswan Djarum harus memberikan pelatiha-pelatihan yang kelak akan menghasilkan lapangan pekerjaan dan sumber penghasilan baru untuk jangka waktu yang panjang.

Persyaratan Beasiswa Beswan Djarum

Adapun persyaratan untuk menjadi beasiswa Beswan Djarum ini dapat terbagi menjadi persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan umumnya adalah teman-teman wajib berada pada Tingkat Pendidikan Strata-1 atau Diploma 4 dan duduk di semester 4 dari seluruh disiplin ilmu (beasiswa ini tidak mengkhususkan adanya jurusan tertentu tidak boleh ikut), IPK teman-teman wajib berada pada angka 3.00 di semester 3 (kalau belum menuntaskan semester 3, jangan dicoba-coba ikut ya!), mampu mempertahankan IPK hingga akhir semester 4, aktif berorganisasi dan tidak sedang menerima beasiswa lain.

Well, mempertahankan IPK itu adalah syarat umum seluruh beasiswa. So, jangan harap untuk makin males belajarnya kalau sudah dapat tambahan uang saku lho. Be responsible, greater you stand, greater responsibility you held.

advertisement

Untuk syarat administratifnya adalah teman-teman harus mengisi formulir di website www.djarumbeasiswaplus.org, melampirkan satu foto 4×6 berwarna dan wajib memakai jas almamater, fotokopi kartu tanda mahasiswa, fotokopi transkrip nilai hingga semester 3, fotokopi sertifikat kegiatan organisasi/surat yang menyatakan teman-teman aktif berorganisasi, fotokopi ijazah/tanda lulus SMA dan surat keterangan yang ditandatangani ketua jurusan menyatakan teman-teman tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Membahas sedikit tentang keuntungan lainnya, penerima beasiswa Beswan Djarum ini pasti sangat bangga sekali karena setiap penerima akan memiliki gelar Beswan Djarum. Konon katanya, kata “Beswan” diambil dari kata “best-one”. Tambahan sedikit, salah satu Beswan Djarum berkomentar kalau beasiswa ini memberikan kesempatan pada perusahaan-perusahaan agar penerima Beswan menjadi prioritas. Wuih, ga ngiri tuh? Persyaratan beasiswa Beswan Djarum ini juga sebetulnya gak begitu ribet kok!

Sumber:

1 2 3 4

 



[reaction_buttons]