Menempuh pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi menjadi mimpi sebagian besar orang. Dengan akses ke pendidikan yang lebih baik, kesempatan untuk berkarir juga menjadi lebih besar, pengetahuan semakin terbuka, dan masih banyak lagi keuntungannya.

Namun begitu, menjalani jenjang perkuliahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menyiasatinya, beasiswa menjadi solusi yang terbaik. Saat ini, terdapat banyak beasiswa yang memberikan pembiayaan pendidikan untuk jenjang sarjana di perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

Seperti apa informasinya? Simak ulasan di bawah ini.

Beasiswa S1 Luar Negeri Tahun Ajaran 2019 – 2020

 

Beasiswa Australian National University (ANU)

Australian National University adalah satu-satunya universitas bentukan Parlemen Australia yang terletak di Kota Canberra, Australia. Perguruan tinggi ini memiliki tujuh fakultas utama dengan program single degree dan double degree untuk tingkat sarjana. Untuk mahasiswa internasional, terdapat ANU-Study Canberra Indonesia Scholarship yang dibuka pada periode Januari – Juni setiap tahunnya.

advertisement

Persyaratan utama untuk mengikuti beasiswa di ANU adalah memiliki hasil ujian akhir yang memuaskan, mengikuti seleksi masuk ANU, dan lolos dengan mendapatkan unconditional offer. Nilai beasiswa mencapai 10,000 AUD yang diberikan langsung secara bertahap.

 

Ancora – Khazanah Asia Scholarship – Malaysia

Ancora Foundation bekerja sama dengan Yayasan Khazanah untuk memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa dari Indonesia. Setidaknya ada 6 universitas yang dapat dipilih termasuk Universiti Multimedia, Universiti Sains Malaysia, Universiti Malaya, dan Universiti Putra Malaysia.

Beasiswa ini ditujukan bagi lulusan SMA atau sederajat dari Indonesia yang memenuhi syarat nilai rata-rata A pada pendidikan sebelumnya. Dari 800 peserta, akan dipilih 5 terbaik yang akan mendapatkan beasiswa mencakup biaya perkuliahan, biaya hidup, dan satu kali tiket pergi – pulang. Pendaftaran Ancora – Khazanah Asia Scholarship dibuka pada periode November – Desember setiap tahunnya.

 

Monbukagakusho (MEXT) – Jepang

MEXT adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Beasiswa ditujukan bagi lulusan SMA atau sederajat dari Indonesia dengan masa studi 5 tahun. Besaran beasiswa mencakup biaya kuliah, biaya hidup sebesar 117,000 JPY (setara Rp14,4 juta) per bulan, dan satu kali tiket pesawat pergi – pulang.

advertisement

Peserta diwajibkan memiliki rata-rata nilai ujian akhir minimum di angka 84, atau memiliki sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Dengan pilihan berbagai bidang studi dalam kategori IPA dan IPS, pendaftaran dibuka pada periode April – Mei setiap tahunnya.

 

Brunei Darussalam Government Scholarships (BDGS) to Foreign Students

Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam. Terdapat 4 perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam Brunei Darussalam Government Scholarship ini yaitu Universiti Brunei Darussalam, UNISSA, Universiti Teknologi Brunei, dan Politeknik Brunei.

Pembiayaan meliputi biaya pendidikan, biaya kehidupan pribadi, uang makan, uang buku, serta akomodasi di lingkungan perguruan tinggi yang dituju. Selain itu, di akhir masa pendidikan, peserta juga mendapatkan tiket pulang dengan tambahan bagasi sebesar 250 BND. Pengajuan dibuka pada awal tahun hingga bulan Februari untuk tahun ajaran Juli 2019.

 

Art Major Asian(AMA) Scholarship Program – Korea Selatan

Beasiswa ini tersedia bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di Korean National University of Arts atau K’ARTS. Program studi meliputi seni rupa, desain, seni pertunjukan, multimedia, studi sinema, seni tari, seni musik, atau seni tradisional Korea.

Peserta harus memasukkan pengajuan beasiswa lengkap dengan portofolio seni sesuai dengan program studi yang dipilih. Jika diterima, peserta akan mendapatkan biaya kuliah, biaya hidup bulanan, asuransi kesehatan mahasiswa, serta program studi bahasa dan budaya Korea. Setiap tahunnya, Art Major Asian Scholarship Program ini dibuka pada periode Februari – Mei.

 

Beasiswa Federasi Rusia

Melalui lembaga Rossotrudnichestvo, Federasi Rusia memberikan beasiswa kepada setidaknya 160 peserta setiap tahunnya. Beasiswa Pendidikan Federasi Rusia ini membebaskan peserta memilih hingga 6 perguruan tinggi yang ada di negara tersebut. Namun begitu, beasiswa hanya mencakup biaya pendidikan dan praktik. Biaya hidup, akomodasi, dan tiket ditanggung oleh peserta atau melalui sponsor.

Aplikasi dilakukan secara online, dan seleksi masuk tahap pertama akan diadakan di Kedutaan Besar Rusia di Indonesia. Bagi peserta yang belum menguasai Bahasa Rusia, wajib mengikuti kelas persiapan bahasa selama satu tahun. Periode pendaftaran beasiswa ini dibuka pada Januari – Maret untuk tahun ajaran yang dimulai pada bulan Oktober.

 

Utrecht Excellence Scholarship

Beasiswa S1 dari Utrecht Excellence Scholarship ditujukan bagi calon mahasiswa di luar Uni Eropa. Untuk jenjang sarjana, beberapa program studi yang bisa dipilih adalah bisnis dan bisnis ekonomi, ilmu seni liberal, filsafat, serta ilmu politik dan ekonomi.

Beasiswa terbatas untuk 9 peserta untuk seluruh jurusan dengan masa studi kurang lebih 3 tahun. Tergantung program yang dipilih, peserta akan mendapatkan sekitar 5.000 – 17.000 EUR. Meskipun begitu, peserta hanya bisa mendaftar setelah diterima di Universitas Utrecht. Selain itu, beasiswa sementara hanya berlaku pada tahun pertama, dan mahasiswa harus membuktikan prestasi akademik untuk mendapatkan beasiswa pada tahun kedua dan ketiga.

 

Trustee Scholarship – Amerika Serikat  

Trustee Scholarship adalah beasiswa yang ditujukan oleh calon mahasiswa Boston University. Selain nilai hasil ujian akhir yang memuaskan di tingkat SMA/K, calon peserta harus menulis dua buah esai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia Trustee Scholarship.

Biaya yang diberikan berupa biaya perkuliahan penuh selama masa studi. Beasiswa berlaku untuk seluruh jurusan yang tersedia dari 7 fakultas yang ada di Boston University. Pendaftaran beasiswa bisa dilakukan secara online dan ditutup pada 1 Desember setiap tahunnya.

 

Beasiswa Universitas Qatar

Universitas Qatar menawarkan beasiswa untuk calon mahasiswa dari negara Islam termasuk Indonesia. Peserta bisa mendaftar langsung ke Universitas Qatar atau melalui Kedutaan Besar Qatar di Indonesia. Beasiswa Universitas Qatar ini mencakup biaya kuliah, asrama, transportasi harian, dan tiket pulang tahunan.

Beasiswa bersifat kompetitif yang berarti penerimaan mahasiswa jalur beasiswa ditentukan oleh prestasi akademik. Program studi dari Universitas Qatar ini meliputi bidang seni, bisnis, pendidikan, teknik, hukum, ilmu syariat, dan ilmu kesehatan. Pendaftaran dibuka pada perode Desember – Maret setiap tahunnya.

 

Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship bisa diajukan oleh calon mahasiswa tingkat sarjana dari Indonesia. Disalurkan melalui Nuffic Neso, Orange Tulip Scholarship juga bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dan fakultas di Belanda. Dari daftar tersebut, ada sekitar 7 fakultas di universitas yang berbeda yang menerima mahasiswa S1. Untuk informasi mengenai periode pendaftaran, cek skema beasiswa Nuffic Neso.

Setiap fakultas menawarkan jumlah dan jenis beasiswa yang berbeda dari mulai biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya visa. Meskipun sifatnya meringankan beban biaya studi, Orange Tulip Scholarship bisa digabung dengan sponsor beasiswa lainnya.

Tips Sukses Mendaftar Beasiswa S1 Luar Negeri

Beasiswa program S1 yang tersedia memang tidak sebanyak beasiswa program pascasarjana. Namun begitu, calon mahasiswa tingkat sarjana, undergraduate, atau Bachelor’s degree masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa penuh atau parsial di luar negeri.

Beberapa tips yang bisa diterapkan saat mengajukan beasiswa S1 di luar negeri adalah:

 

Persiapkan Prestasi Akademik Sejak di Bangku SMA/K

Banyak beasiswa S1 internasional mewajibkan calon pesertanya memiliki prestasi akademik yang mengagumkan. Untuk itu, persiapkan diri Anda bahkan sebelum lulus dari sekolah menengah atas.

 

Aktif dalam Organisasi

Calon peserta yang memiliki pengalaman berorganisasi biasanya lebih dilirik oleh perguruan tinggi dan penyedia beasiswa. Cobalah untuk aktif dalam kegiatan organisasi siswa, atau acara kesiswaan.

 

Perhatikan Tanggal Pendaftaran

Tanggal penutupan pendaftaran beasiswa umumnya tidak menerapkan toleransi. Artinya, berkas pendaftaran Anda harus masuk sebelum tanggal yang ditentukan, Jika berkas dikirimkan melalui pos, perhatikan perkiraan durasi pengiriman agar berkas sampai di negara yang dituju tepat waktu.

 

Persiapkan Berkas dengan Matang

Untuk mendaftar, Anda akan diminta untuk mengumpulkan sejumlah berkas administratif dan tambahan yang berupa resume, esai, atau motivation letter. Pastikan Anda mempersiapkan semuanya dengan matang dan berlatih menulis agar aplikasi menarik perhatian penyedia beasiswa.

Baca Juga: Berbagai Jenis Beasiswa BCA untuk Mahasiswa dan Syarat Pendaftarannya

Beasiswa S1 Dalam Negeri Tahun Ajaran 2019 – 2020

 

Bidikmisi

Bidikmisi adalah beasiswa dari pemerintah yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI). Sasaran utama beasiswa Bidikmisi adalah siswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana.

Tahun 2019, kuota penerima Bidikmisi mencapai 130.000 orang. Peserta yang memenuhi syarat akan terbebas dari biaya SNMPTN dan SBMPTN. Setelah diterima masuk di perguruan tinggi dalam negeri, peserta akan mendapatkan biaya pendidikan penuh serta biaya hidup bulanan. Pendaftaran Bidikmisi dibuka dari bulan Januari hingga September.

 

Beswan Djarum

Beswan Djarum atau Beasiswa Djarum Plus adalah beasiswa yang diberikan oleh Djarum Foundation bagi mahasiswa yang sedang menjalani program sarjana di perguruan tinggi dalam negeri. Beasiswa terbuka bagi mahasiswa semester IV dengan tunjangan biaya sebesar Rp750.000 per bulan.

Bukan hanya itu, peserta juga akan mendapatkan leadership development, character building, international exposure, serta pelatihan soft skill lainnya. Persyaratan umumnya terdiri dari IPK minimum 3.00 dan berkuliah di perguruan tinggi mitra Djarum Foundation. Periode pendaftaran dibuka setiap tahunnya pada bulan April – Mei.

 

National Champion Scholarship dari Tanoto Foundation

Tanoto Foundation merupakan program dari kelompok perusahaan Royal Golden Eagle International. Penerima National Champion Scholarship adalah mahasiswa yang terdaftar pada 12 perguruan tinggi Indonesia yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation. Di antaranya adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Universitas Sumatera Utara, dan lainnya.

Mahasiswa yang sudah terdaftar pada perguruan tinggi tersebut bisa mengajukan beasiswa untuk mendapatkan bantuan biaya kuliah hingga selesai. Prestasi akademik menjadi salah satu syarat utama di antara syarat administratif lainnya. Periode pendaftaran dibuka pada Januari – Februari setiap tahunnya.

 

Beastudi Etos dari Dompet Dhuafa

Beastudi Etos dari Dompet Dhuafa menjalankan programnya di 20 perguruan tinggi yang tersebar di 18 kota di seluruh Indonesia. Penerima beasiswa adalah siswa lulusan SMA atau sederajat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah dengan prestasi akademik dan nonakademik.

Biaya yang ditanggung mencakup biaya studi selama 8 semester, uang saku sebesar Rp600.000 per bulan selama perkuliahan, asrama mahasiswa, dan program pengembangan diri. Pendaftaran dibuka pada bulan Juli setiap tahunnya.

 

BCA Finance Peduli

BCA Finance diberikan pada mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan tidak kurang dari semester 2 dan tidak lebih dari semester 8. Syarat utama untuk mendaftar adalah memiliki IPK sesuai dengan batas minimum yang ditentukan oleh BCA Finance Peduli.

Pembiayaan berupa uang kuliah sebesar Rp3.000.000 per semester hingga maksimal semester 8. Beasiswa ini menarik karena bisa diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Pengajuan bisa dilakukan melalui situs BCA Finance sekitar bulan Mei – Juli setiap tahunnya.

 

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

PBSB diberikan setiap tahunnya oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan ditujukan untuk lulusan Madrasah Aaliyah dan Pondok Pesantren sederajat. Perguruan tinggi tujuan terdiri dari 14 universitas yang ada di Indonesia termasuk IPB, ITS, UGM, UNAIR, UIN Syarif Hidayatullah, UPI Bandung, dan 8 lainnya yang bisa ditemukan di laman informasi pendaftaran PBSB Kemenag.  

Prioritas penerimaan peserta akan ditujukan pada santri berprestasi dari golongan ekonomi menengah ke bawah. Bagi yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi Islam, persyaratan juga meliputi hafalan Alquran. Pendaftaran biasa dibuka pada periode April – Mei.

 

Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga

BUTIK CIMB Niaga merupakan beasiswa sekaligus pendanaan usaha bagi mahasiswa yang berkecimpung di industri kreatif, produktif, dan sektor jasa. Peserta yang lolos seleksi dan verifikasi akan mendapatkan biaya pendidikan, tunjangan hidup, dan tambahan modal usaha.

Selain sudah menjadi mahasiswa setidaknya pada semester 5, peserta juga harus sudah memiliki usaha yang telah aktif selama minimum 6 bulan. Pendaftaran BUTIK CIMB Niaga dibuka pada periode September – Oktober setiap tahunnya.

 

Pendanaan Tugas Akhir Mizan

Beasiswa Tugas Akhir Mizan diadakan khusus bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang memulai skripsi untuk tingkat sarjana. Peserta bisa mengirimkan proposal skripsi yang sudah disetujui oleh pembimbing ke pihak Mizan. Peserta yang terpilih akan mendapatkan biaya penelitian serta kesempatan untuk penerbitan buku.

Selain IPK minimum di angka 2,75, syarat utama lainnya adalah topik tugas akhir harus berkaitan dengan aspek islami dari berbagai bidang. Setiap tahunnya, peserta bisa mengirimkan berkas paling lambat pada akhir Maret. Proses penilaian dan pengumuman akan final pada bulan Juli setiap tahunnya.

 

Bantuan Pembiayaan Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA)

Kemenristekdikti RI bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk memberikan BPP-PPA ini. peserta haruslah mahasiswa aktif di salah satu perguruan tinggi pengelola BPP-PPA dan memiliki IPK setidaknya 2.75.

Biaya yang akan didapatkan meliputi biaya pendidikan dan uang saku sebesar Rp400.000 per bulan. Pengajuan bisa dilakukan pada kampus yang berkaitan dengan menyerahkan persyaratan berupa transkrip nilai, bukti prestasi akademik, KRS, dan berkas administratif lainnya.

 

Beasiswa Yayasan Toyota dan Astra (YTA)

Pada tahun 2017, beasiswa Yayasan Toyota dan Astra memberikan 549 pembiayaan untuk mahasiswa setingkat sarjana atau politeknik. Selain biaya pendidikan, peserta juga bisa mengajukan oermohonan tunjangan biaya penelitian dan alat peraga.

Beasiswa ini ditujukan terutama bagi mahasiswa yang sudah terdaftar pada perguruan tinggi di Indonesia dengan program studi yang berkaktan dengan teknologi dan industri. Pendaftaran dibuka pada bulan Agustus – Mei. Peserta yang lolos dan berhasil menyelesaikan studi mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan Toyota dan Astra.

Artikel Terkait: Beasiswa LPDP: Persyaratan dan Alur Pendaftaran Terbaru 2019

Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa S1 di Perguruan Tinggi Dalam Negeri

Salah satu yang menjadi keunggulan pada beasiswa dalam negeri adalah tidak ada batasan bahasa pada siapa pun yang ingin mendaftar. Namun, sebagian besar merupakan beasiswa yang bersifat kompetitif.

Bagi yang tertarik untuk mengajukan beasiswa S1 2019 di dalam negeri, jangan lewatkan beberapa hal berikut:

 

Persiapkan Nilai Selama Bersekolah

Sebagian besar beasiswa menentukan bahwa calon peserta harus memiliki prestasi akademik yang cemerlang. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan nilai sejak masih di bangku sekolah.

 

Ikuti Kompetisi Akademik dan Nonakademik

Selain prestasi akademik, pertimbangan beasiswa S1 dalam negeri juga mempertimbangkan prestasi di luar sekolah. Untuk itu, sebaiknya Anda aktif dalam mengikuti berbagai kompetisi sesuai dengan keahlian Anda.

 

Tertib Berkas dan Tanggal Pendaftaran

Setiap beasiswa memiliki persyaratan serta tanggal pendaftaran yang berbeda. Untuk itu, pastikan Anda mendapat informasi yang tepat agar bisa mengajukan beasiswa sesuai dengan peraturan dan prosedur.

Nah, demikian info singkat mengenai beasiswa S1 2019 yang dapat Anda raih. Sebaiknya, persiapkan diri Anda dari sekarang dan mulailah bersaing untuk mendapatkan beasiswa idaman Anda!



[reaction_buttons]