Setelah menyelesaikan program S1, ada dua jalan yang akan dipilih seseorang. Langsung bekerja untuk mendapatkan penghasilan atau melanjutkan kuliah. Mereka yang melanjutkan studi S2 lagi-lagi memilih apakah menggunakan biaya sendiri atau beasiswa S2 2019.

Kalau Anda termasuk pemburu beasiswa S2 2019 baik untuk dalam atau luar negeri, jangan lewatkan penawaran dari puluhan lembaga di bawah ini.

Beasiswa S2 2019 Luar Negeri

Berikut daftar 15 beasiswa S2 2019 luar negeri yang bisa Anda coba:

Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Amerika kepada pelajar Indonesia. Beasiswa ini didanai oleh lembaga bernama AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa akan ditanggung semua biaya kuliahnya dan biaya hidup selama di Amerika.

Semua warga Indonesia yang memenuhi syarat boleh mendaftarkan diri untuk Beasiswa Fulbright. Untuk jurusannya, hampir semuanya diterima asal jenjang magisternya ada di universitas di penjuru Amerika.

advertisement

Info pendaftaran Beasiswa Fulbright.

Beasiswa Australia Award

Beasiswa Australia Award adalah beasiswa penuh yang diberikan pemerintah Australia pada pelajar berprestasi di Indonesia. Mereka yang ingin mendapatkan beasiswa ini disarankan berasal dari daerah seperti Papua atau Nusa Tenggara. Selain itu kaum hawa dan penyandang disabilitas juga sangat diterima.

Hampir semua kampus milik pemerintah di Australia menyelenggarakan beasiswa ini. Untuk jurusannya beragam mulai dari lingkungan, komunikasi, kesehatan, sosial, administrasi publik, disabilitas, dan ekonomi.

Info pendaftaran Beasiswa Australia Award.

Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh Pemerintah Inggris kepada calon mahasiswa berprestasi jenjang S2. Semua warga Indonesia yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri agar mendapatkan pembiayaan di beberapa kampus yang menjadi mitra pemerintah Inggris seperti Oxford University.

Jurusan master yang direkomendasikan untuk beasiswa ini adalah ekonomi, energi, finansial, teknologi, kebijakan publik, dan sains. Pendaftar beasiswa diharapkan sudah menerima unconditional offer dari salah satu kampus mitra Pemerintah Inggris melalui Foreign and Commonwealth Office.

advertisement

Info pendaftaran Beasiswa Chevening.

Beasiswa NZAS

Beasiswa NZAS adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Selandia Baru kepada warga Indonesia khususnya yang berdomisili di Indonesia Timur. Jenjang yang dicakup oleh beasiswa ini adalah sertifikat postgraduate, diploma postgraduate, dan master. Program doktor juga dibuka dengan persyaratan yang sedikit berbeda.

Beasiswa NZAS diberikan pada mahasiswa berprestasi yang mau membangun daerahnya menjadi maju. Mahasiswa yang lulus tes dan seleksi akan dicarikan kampus yang cocok untuk program agribisnis, manajemen bencana, energi terbarukan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Info pendaftaran Beasiswa NZAS.

Beasiswa SISS

Beasiswa SISS atau saat ini dikenal dengan nama Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP) adalah beasiswa penuh yang ditanggung oleh Pemerintah Swedia. Beasiswa ini diberikan pada mereka yang memiliki dedikasi tinggi dalam kemajuan dan susah diterima di salah satu universitas Swedia untuk program masternya.

Tidak ada informasi terkait jenis jurusan yang mendapatkan beasiswa. Namun yang jelas, setiap bulan akan ada tambahan biaya saku sekitar Rp15 juta untuk makan dan transportasi. Oh ya, setiap tahun hanya ada 300 beasiswa saja yang diberikan, jadi persaingan akan sangat ketat.

Info pendaftaran Beasiswa SISS.

Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa Monbukagakusho selama ini sering dikenal memberikan peluang untuk mahasiswa program S1. Namun, setelah lulus S1, program riset juga masih bisa dibiayai. Dari riset ini mahasiswa juga bisa mendaftar beasiswa S2 hingga S3 dengan biaya penuh untuk kuliah dan tunjangan hidup sekitar Rp 15 juta setiap bulannya.

Yang menarik dari beasiswa Monbukagakusho dengan beasiswa lainnya adalah syarat penguasaan bahasa. di Jepang, seseorang diwajibkan memiliki kemampuan Bahasa Jepang yang baik minimal sudah mengantongi sertifikat JLPT N2. Kalau belum memiliki ini biasanya akan ada kursus khusus selama 6 bulan untuk pendalaman Bahasa Jepang.

Info pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho.

Beasiswa Rotary

Beasiswa Rotary diberikan kepada mereka yang ingin belajar tentang perdamaian dan pencegahan serta manajemen konflik. Setiap tahun ada kuota sekitar 50 kursi untuk penerima beasiswa S2 di beberapa kampus yang saling bermitra seperti University of Queensland, Australia dan University of Bradford, Inggris.

Semua kandidat yang diterima dan lolos semua persyaratan akan mendapatkan beasiswa penuh mulai dari biaya kuliah hingga biaya hidup. Pendaftaran bisa dilakukan di Rotary Club terdekat dengan domisili seperti Jakarta atau Bandung.

Info pendaftaran Beasiswa Rotary.

Beasiswa AUN/SEED-Net

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang masih masuk keanggotaan AUN/SEED-Net seperti ITB, ITS, UI, dan UGM. Selanjutnya mereka bisa mendaftar ke universitas anggota AUN/SEED-Net untuk melanjutkan studi master di bidang teknik. Selain bidang ini pemberi beasiswa akan menolaknya.

Jenis beasiswa yang diberikan oleh AUN/SEED-Net berjenis beasiswa penuh. Semua biaya akan ditanggung termasuk biaya untuk hidup. Selanjutnya untuk tujuan kuliah ada negara di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura atau Jepang.

Info pendaftaran Beasiswa AUN/SEED-Net.

Beasiswa Master Mind

Beasiswa Master Mind bukan beasiswa penuh. Mahasiswa S2 yang berhasil masuk ke sini masih harus membayar biaya  sekitar 100 euro per tahun. Namun, mahasiswa master yang berada di Finlandia ini juga mendapat uang saku sekitar 8.000 euro atau sekitar Rp127 juta per tahun. Selain itu mahasiswa yang sudah menyelesaikan separuh kredit juga bisa mengajukan beasiswa lain untuk penunjang.

Jenis jurusan yang disediakan untuk beasiswa Master Mind Finlandia adalah seni, sains, teknik, hingga sains. Hampir semua Universitas negeri yang bekerja sama dengan pemerintah mau menerima mahasiswa dengan hibah ini. Program master untuk beasiswa ini berjalan sekitar 1-2 tahun.

Info pendaftaran Beasiswa Master Mind. Beberapa kampus mitra biasanya membuka pendaftaran dengan persyaratan yang lebih spesifik.

Beasiswa KGSP

Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) diberikan secara penuh oleh pemerintah Korea ke ratusan pelajar di 163 negara. Indonesia sendiri mendapatkan kuota sekitar 22 orang. Dari kuota ini sekitar 10 pelamar bisa mengajukan beasiswa ke Kedubes Korea dan sisanya dilamar langsung dari kampus setelah diterima.

Yang menarik dari program beasiswa KGSP adalah waktu studinya. Mahasiswa S2 akan diberi waktu 3 tahun. Satu tahun pertama digunakan untuk orientasi dan kursus Bahasa Korea Hingga Mahir. Selanjutnya, selam 2 tahun program master harus diselesaikan. Oh ya, biaya kursus masih ditanggung beasiswa termasuk tunjangan hidup Rp10 juta per bulan.

Info pendaftaran Beasiswa KGSP bisa didapatkan langsung di Kedubes Korea di Jakarta.

Beasiswa ICDF

Beasiswa ICDF adalah beasiswa yang rutin diberikan oleh pemerintah Taiwan kepada calon mahasiswa baru atau mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang master dan doktor. Setiap tahun akan ada seleksi untuk menentukan siapa yang berhak kuliah di beberapa kampus mitra pemerintah Taiwan. Jenis beasiswa yang diberikan juga penuh termasuk biaya hidup dan tunjangan lainnya.

Program master yang ditawarkan oleh Beasiswa ICDF berkutat sekitar teknik, sains, kesehatan, dan teknologi. Semua pembiayaan selama 2 tahun untuk program master akan ditanggung oleh pemerintah Taiwan sehingga mahasiswa bisa konsentrasi dalam belajar dan menyelesaikan tesisnya.

Info pendaftaran Beasiswa ICDF.

Beasiswa StuNed

Beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) adalah kerja sama antara pemerintah Belanda dan Indonesia. Setiap tahun ada puluhan mahasiswa master dikirim ke Belanda untuk menyelesaikan studi dengan program prioritas seperti agrikultur, ekonomi dan perdagangan internasional, infrastruktur dan logistik, dan hukum yang mencakup keamanan.

Beasiswa StuNed diberikan penuh oleh pemerintah Belanda. Uang kuliah maksimal per tahun sebesar 20.000 Euro. Selanjutnya biaya tinggi, transportasi, dan riset juga akan diberikan hingga lulus. Sebelum mendaftar beasiswa StuNed, pastikan sudah diterima di salah satu kampus mitra di Belanda.

Info pendaftaran Beasiswa StuNed.

 Beasiswa Epos

Beasiswa Epos atau Development-Related Postgraduate Courses disediakan oleh Pemerintah Federal Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman. Jenis beasiswa yang diberikan parsial atau tidak semuanya ditanggung. Mahasiswa untuk program master akan mendapatkan biaya sekitar 850 Euro sebulan. Biaya lain-lain seperti perjalanan ditanggung sendiri atau mencari pendanaan lain.

Untuk kuliah yang menggunakan Bahasa Jerman, akan ada kursus sekitar 6 bulan dan dibiayai pemerintah setempat. Oh ya, untuk jurusan kuliah S2 yang bisa diambil meliputi ekonomi, matematika, teknik, sains sosial, kesehatan, dan pertanian.

Info pendaftaran Beasiswa Epos.

Beasiswa Bocconi

Beasiswa Bocconi diberikan oleh Universitas Bocconi di Italia. Setiap tahun kampus ini memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa internasional termasuk yang ada di Indonesia. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang mau melanjutkan S2 selama 2 tahun dengan hibah 12.700 Euro setahun.

Syarat penerima beasiswa ini adalah bukan lulusan sarjana di kampus setempat atau warga Italia. Selanjutnya kalau semua persyaratan diterima, mahasiswa master bisa memilih jurusan apa saja di kampus ini.

Info pendaftaran Beasiswa Bocconi.

Beasiswa AMA

Beasiswa AMA diberikan oleh Korean National University of Arts (K’ARTS) untuk program S1 dan S2. Siapa saja yang memiliki kemampuan hebat di bidang seni bisa mendapatkan diri ke kampus bergengsi di Korea ini.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka per tahun. Semua kandidat yang diterima akan diberi uang saku bulanan, kursus Bahasa Korea, hingga bebas biaya kuliah hingga lulus.

Info pendaftaran Beasiswa AMA.

Artikel Terkait: Beasiswa Unggulan Kemendikbud: Informasi Lengkap Jenjang S1, S2, dan S3

Tips Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Mendaftar dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri tidak sulit. Yang sering mengganggu prosesnya adalah ketidakpahaman kita sendiri. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri.

Memiliki IPK Tinggi

Kita semua tahu kalau IPK memang bukan segalanya. Terkadang IPK tinggi, tapi kemampuannya rendah. Meski demikian lembaga pemberi beasiswa selalu memberikan syarat ini sebagai filter awal.

Usahakan IPK di atas 3,00. Kalau Anda bisa memiliki IPK di atas 3,50 akan lebih baik lagi karena setiap dilakukan saringan awal, kemungkinan lolos cukup tinggi.

Mahir dalam Bahasa Inggris

Kalau ingin mendaftar beasiswa S2 2019 ke negara dengan bahasa resmi Bahasa Inggris pastikan memiliki kemampuan bahasa ini dengan baik. Nilai TOEFL iBT atau IELTS minimal 80 dan 6.0.

Memiliki Pengalaman Kerja dan Organisasi

Pastikan sudah bekerja 2-3 tahun setelah lulus S1. Agar Anda tidak perlu menunggu lama ada baiknya sudah bekerja saat kuliah. Kalau belum bekerja dan memiliki pengalaman, peluang diterima akan rendah.

Memiliki Publikasi dan Penelitian

Banyak lembaga atau kampus di luar negeri mau memberikan beasiswa kalau Anda memiliki publikasi atau memiliki ide penelitian yang sangat menarik. Penelitian inilah yang nantinya dikerjakan dan mendapat pendanaan.

Memiliki Rekomendasi

Minta rekomendasi dari dosen khususnya yang sudah memiliki nama besar. Rekomendasi ini digunakan sebagai legitimasi kalau Anda memang memiliki kemampuan.

Mengikuti Semua Alur dengan Benar

Sehebat apa pun Anda, kalau tidak mengikuti alur pendaftaran dengan baik akan susah diterima. Cari informasi dengan baik dan jangan mendaftar terlalu dekat deadline.

Beasiswa S2 2019 Dalam Negeri

Simak daftar beasiswa S2 dalam negeri di bawah ini:

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP atau Beasiswa Pendidikan Pendidikan Indonesia (BPI) dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di bawah Kementerian Keuangan. Beasiswa yang diberikan LPDP tergolong beragam mulai dari reguler untuk magister dan doktoral, afirmasi, dokter spesialis, hingga dana untuk penelitian. Semua biaya pendidikan ditanggung penuh.

Untuk program S2, calon mahasiswa harus memenuhi semua syarat termasuk mau menandatangani LoA Unconditional maksimal 24 bulan. Kampus yang dicakup beasiswa ini mayoritas kampus negeri yang bonafit dan diakui kapasitasnya seperti UI, ITB, UGM.

Info pendaftaran Beasiswa LPDP.

Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan atau lengkapnya Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dikeluarkan oleh Kemdikbud. Program penuh (uang kuliah, uang saku, dan uang buku) ini diberikan untuk masyarakat umum yang sudah diterima S2 atau maksimal semester 2 di jenjang S2 kampus ternama di Indonesia.

Karena ditujukan untuk masyarakat berprestasi, salah satu syaratnya adalah memiliki prestasi di bidang akademik minimal tingkat kabupaten/kota. Kalau Anda ingin mendaftar, pastikan memiliki piagam untuk syarat awal.

Info pendaftaran Beasiswa Unggulan.

Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa Bidik Misi juga dibuka untuk jenjang magister atau S2. Program beasiswa penuh ini diberikan pada mereka yang pernah mendapatkan beasiswa Bidik Misi untuk jenjang S1. Mereka yang belum pernah mendapatkan Bidik Misi sebelumnya juga bisa mendapatkannya asal memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Program beasiswa S2 Bidik Misi ini dikelola oleh LPDP dengan nama beasiswa afirmasi. Beasiswa ini diberikan selama 24 bulan termasuk tunjangan untuk keluarga kalau sudah berumah tangga.

Info pendaftaran Bidik Misi (LPDP Afirmasi).

Beasiswa SEARCA

Beasiswa SEARCA diberikan kepada pegawai tetap pemerintah atau lembaga penelitian di kampus anggota SEARCA (Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture). Kampus yang masuk dalam kelompok ini adalah IPB, UGM, UPM Malaysia, KU Bangkok, dan UPLB Filipina.

Beasiswa ini memberi pendanaan penuh untuk program perikanan, kehutanan, statistik, ilmu lingkungan, dan ilmu sosial. Pelamar harus berada di Asia Tenggara atau negara anggota yang memiliki SEARCA.

Info pendaftaran Beasiswa SEARCA.

Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa Tanoto Foundation diberikan kepada mahasiswa S2 yang tengah menjalankan studinya. Pembiayaan ini ditanggung penuh termasuk tunjangan di luar biaya kuliah. Mahasiswa yang bisa mengajukan beasiswa ini berasal dari keluarga yang memiliki kesulitan ekonomi.

Semua jenis jurusan akan dibiayai oleh Tanoto Foundation. Namun, jurusan itu harus ada di universitas negeri yang menjadi mitra. Universitas yang bekerja sama pada jenjang S2 adalah UI, ITB, IPB, UGM, USU, Unhas, dan Undip.

Info pendaftaran Beasiswa Tanoto Foundation.

Beasiswa PMDSU

Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) diadakan oleh Dikti. Fungsi dari program ini adalah mencetak lulusan doktor yang mau mengabdi menjadi dosen di kampus negeri. Selain itu program ini juga dibuat untuk mempercepat jumlah doktor di Indonesia yang masih sedikit.

Beasiswa ini tergolong penuh mulai dari penelitian maksimal 60 juta per tahun, biaya kuliah, dan tunjangan hidup. Lama program sekitar 4 tahun dari S2 hingga S3. Beasiswa ini juga mensyaratkan promotor sebagai tahap awal seleksi. Jadi, mumpung masih kuliah S1 cari promotor yang tepat.

Info pendaftaran Beasiswa PMDSU.

Beasiswa AUN/SEED-Net

Beasiswa AUN/SEED-Net diberikan pada staf universitas anggota dan mahasiswa lulusan dari kampus tersebut. Di Indonesia sendiri, kampus anggota AUN/SEED-Net terdiri dari UGM, ITB, UI, dan ITS.

Pembiayaan beasiswa AUN/SEED-Net tergolong penuh termasuk tunjangan hidup. Pembiayaan diberikan untuk mahasiswa yang ingin menjadi ahli atau dosen di kampus anggota AUN/SEED-Net selama 2 tahun untuk S2 khusus jurusan teknik. Calon mahasiswa disarankan sudah punya proposal tesis untuk penilaian tambahan.

Info pendaftaran Beasiswa AUN/SEED-Net.

Beasiswa SPs UGM

Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada atau SPs UGM rutin memberikan beasiswa selama 4 semester untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah S2 di sana. Beasiswa yang diberikan hanya untuk pendidikan saja tidak termasuk tunjangan lainnya.

Semua lulusan S1 yang memenuhi syarat bisa mendaftar. Jurusan yang dibuka untuk program ini cukup spesifik dan akan ada perubahan setiap tahunnya. Jurusan yang sering dibuka adalah Ilmu lingkungan, Kajian Budaya, dan Kajian Pariwisata.

Info pendaftaran Beasiswa SPs UGM.

Beasiswa Filkom UB

Beasiswa Filkom UB ini diberikan pada mahasiswa yang sudah lulus seleksi masuk S2 Filkom UB. Selanjutnya seleksi dilakukan untuk pembiayaan. Nantinya akan ada mahasiswa dengan pembiayaan penuh 100 persen, 75 persen, 50 persen, dan 25 persen. Biaya yang disubsidi hanya SPP saja.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa untuk mendorong publikasi internasional. Nantinya kalau publikasi dilakukan, mahasiswa juga akan mendapatkan insentif dari kampus.

Info pendaftaran Beasiswa Filkom UB.

Beasiswa Guru

Beasiswa Guru ini diberikan oleh Kemdikbud kepada guru SD dan SMP yang berprestasi dan ingin meningkatkan pengetahuannya. Beasiswa ini biasanya diberikan pada guru sekolah negeri atau yayasan. Biaya yang diberikan berupa biaya akademik, biaya hidup, dan tunjangan lainnya.

Beasiswa ini berjalan kurang lebih 2 tahun penuh. Dalam jangka waktu itu, mahasiswa harus melakukan studinya hingga selesai. Kampus yang menyelenggarakan pendidikan untuk beasiswa ini meliputi UM, Unesa, UNY, UPI, dan UNS.

Info pendaftaran Beasiswa Guru bisa dilihat di website kampus penyelenggara

Beasiswa MM UB

Universitas Bakrie juga menyediakan beasiswa khusus jurusan manajemen. Kalau Anda merupakan lulusan yang masih satu linear, program beasiswa Magister Manajemen bisa dilamar dengan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan. Beasiswa ini diberikan pada siapa saja lulusan PTN atau PTS di seluruh Indonesia dengan akreditasi minimal B.

Beasiswa yang diberikan oleh UB ini hanya sebagian saja atau sekitar 15 persen dari total biaya kuliah saja. Biaya lain tidak diberikan termasuk untuk buku dan biaya hidup.

Info pendaftaran Beasiswa MM UB.

Beasiswa Unhan

Universitas Pertahanan membuka peluang beasiswa S2 untuk jurusan Pertahanan dan yang masih satu kelompok.  Calon mahasiswa harus lulusan S1 dengan jurusan spesifik di setiap jenjang S2 yang diambil.

Beasiswa untuk Universitas Pertahanan ini penuh termasuk pendidikan dan biaya penelitian. Selain itu akan disediakan tempat tinggal, makan setiap hari, baju dinas, dan fasilitas berteknologi tinggi lainnya.

Info pendaftaran Beasiswa Unhan.

Beasiswa Kaltim Cemerlang

Beasiswa Kaltim Cemerlang ini dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari Kalimantan Timur. Siapa saja bisa mendaftar asal memiliki KTP kawasan itu dan memenuhi persyaratan yang sudah diberikan untuk jenjang diploma, S1, hingga S2.

Info pendaftaran Beasiswa Kaltim Cemerlang.

Beasiswa STAR BPKP

Beasiswa STAR diberikan khusus oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kepada PNS atau pegawai pemerintah daerah yang bekerja di bidang keuangan dan auditor internal. Semua biaya kuliah ditanggung oleh BPKP termasuk pemondokannya.

Saat ini mitra BPKP dalam memberikan beasiswa S2 ada 26 universitas negeri di Indonesia. Pendaftaran bisa dilakukan di kampus terdekat kalau STAR sudah dibuka.

Info pendaftaran Beasiswa STAR BPKP.

Beasiswa The Future Leader

Beasiswa The Future Leader atau TFL ini diberikan oleh PPM School of Management. Total uang beasiswa per orang sekitar Rp113 juta. Selain itu juga ada uang saku selama 20 bulan untuk maksimal 10 orang per tahunnya.

Beasiswa ini ditujukan pada mereka yang sudah mempelajari manajemen sejak S1. Diharapkan saat belajar manajemen di PPM School of Management, kemampuannya akan meningkat.

Info pendaftaran Beasiswa TFL.

Tips Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S2 Dalam Negeri

Mendaftar beasiswa S2 dalam negeri ternyata tidak lebih mudah dari luar negeri. Anda harus mengikuti tips di bawah ini agar peluang mendapatkan beasiswa menjadi besar.

Menyiapkan TOEFL dan IELTS

Meski kuliahnya di dalam negeri, syarat mendaftar beasiswa dalam negeri banyak yang mensyaratkan TOEFL, IELTS, atau keduanya. Jadi pastikan menyiapkan hal ini dengan baik. Anda bisa melakukan kursus dahulu agar nilai kemampuan Bahasa Inggris di atas baik.

Mencari Informasi Beasiswa dengan Benar

Cari informasi beasiswa dengan benar. Anda mungkin bergabung di grup beasiswa dan mendapatkan informasi sekilas. Cocokkan informasi itu dengan website resmi dari pemberi beasiswa.

Baca semua informasi yang diberikan dengan baik. Kalau ada informasi yang membingungkan lebih baik bertanya agar tidak terjadi kesalahan saat melengkapi berkas.

Memilih Jurusan dan Kampus

Peluang mendapatkan beasiswa dengan jurusan yang linear akan besar. Misal Anda mengambil S1 jurusan Matematika, selanjutnya saat mengajukan beasiswa harus berada di jurusan yang sama atau masih satu lingkup.

Pilih juga kampus yang terbaik dan sesuai dengan jurusan tersebut. Biasanya beberapa penyedia beasiswa melakukan kerja sama dengan kampus tertentu.

Ada Rekomendasi Lebih Baik

Kalau Anda mendapatkan rekomendasi dari dosen atau profesor yang dulu membimbing skripsi akan lebih baik. Rekomendasi ini akan menjadi legitimasi apakah Anda memiliki kemampuan atau tidak dalam melanjutkan jenjang S2.

Sudah Memiliki Penelitian

Beasiswa S2 akan lebih mudah didapatkan kalau Anda sudah memiliki penelitian untuk dikerjakan pada jenjang S2. Kalau pun belum ada penelitian Anda diharapkan sudah memiliki publikasi dalam bentuk jurnal.

Demikian ulasan tentang beasiswa S2 2019 dalam negeri dan luar negeri. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin melanjutkan sekolah tanpa perlu memikirkan biaya.



[reaction_buttons]