Beasiswa UI (benarkah) untuk SERIBU Anak Bangsa?

Beasiswa UI untuk Seribu Anak Bangsa telah terlaksana selama 2 tahun, sejak tahun ajaran 2007/2008. Melalui beasiswa ini, UI memberikan bantuan secara finansial untuk 1000 calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan studinya di UI. Pengajuan beasiswa ini sendiri dilakukan sejak calon penerima beasiswa masih duduk di tingkat SMA. Begitu pula dengan pengumuman daftar penerima beasiswa ini, yakni pada saat penerima beasiswa masih berada di tingkat SMA.

Pada tahun 2009 ini, pada saat pengumuman hasil SIMAK UI tangal 5 April 2009, penulis membaca pada harian Kompas di hari yang sama, 5 April 2009, tertera daftar penerima beasiswa UI untuk seribu anak bangsa. Beasiswa tersebut telah diberikan bahkan sebelum UMB dan SNMPTN diselenggarakan. Pengajuan serta pengumuman daftar penerima beasiswa yang dilakukan ketika calon penerima beasiswa masih berada di tingkat SMA menimbulkan pertanyaan baru pada sistem beasiswa ini.

Apakah beasiswa seribu anak bangsa ini benar-benar akan diberikan kepada 1000 orang mahasiswa baru UI?

Jika kita lihat dari teknis pemberian beasiswa, UI memang benar memberikan beasiswa kepada 1000 orang calon mahasiswa UI. Tapi, apakah benar akan ada 1000 orang mahasiswa baru UI yang benar-benar mendapatkan beasiswa seribu anak bangsa ini? Seribu orang penerima beasiswa ini sudah ditetapkan sejak sebelum penyelenggaraan UMB dan SNMPTN selesai. Mereka memang sudah mendapatkan hak untuk menerima beasiswa ini, tapi tentu saja mereka harus bisa lolos terlebih dahulu pada ujian masuk UI untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Asumsikan dari 1000 orang yang mendapatkan beasiswa seribu anak bangsa ini, hanya 50% yang berhasil diterima untuk masuk UI. Hal ini berarti beasiswa seribu anak bangsa ini hanya akan diterima oleh 500 orang saja, tidak benar-benar 1000 orang mahasiswa baru. Bagaimana jika dari 1000 orang tersebut hanya 30% yang diterima? Bagaimana jika hanya 10%? Ya, beasiswa seribu anak bangsa ini pada akhirnya tidak benar-benar diberikan untuk 1000 anak bangsa.

Sepertinya UI masih harus melakukan perubahan-perubahan dalam sistem penerimaan beasiswa ini jika memang ingin memberikannya kepada 1000 anak bangsa yang akan kuliah di UI. Jika masih menggunakan sistem seperti sekarang ini, maka UI sebenarnya hanya membesar-besarkan bahwa UI akan memberikan beasiswa kepada 1000 anak bangsa, padahal realita yang ada, dari 1000 orang penerima, tidak semuanya diterima menjadi mahasiswa baru UI.

6 thoughts on “Beasiswa UI (benarkah) untuk SERIBU Anak Bangsa?”

  1. Bagaimanapun UI telah mencanangkan sebuah program yang cukup bagus.
    Bukan Indonesia namanya jika tidak bohong.
    Namanya saja beasiswa untuk 1000 anak bangsa.
    Kalau memang 1000 anak bangsa itu diterima, ya jelas UI akan rugi.

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA