Beberapa cara Merawat Silaturrahmi

anakui.com – Dalam hidup kita harus memiliki orang yang benar-benar dekat dengan kita. Namun tidak selamanya kita mudah merawat silaturrahmi, dengan bertemu mereka, menjalin hubungan yang nyata serta memelihara persaudaraan atau persabahatan. Kondisi ini umumnya terjadi setelah kita dewasa, terlebih setelah dihadapkan dengan banyak tugas, pekerjaan, dan cara bersosialisasi kita yang berubah.

Dibawah ini beberapa cara merawat silaturrahim agar langgeng :

Jadilah diri sendiri

Jika Anda ingin benar-benar terhubung dengan orang lain dan menjalin persahabatan yang langgeng, maka jadilah diri sendiri. Artinya anda harus jujur kepada orang-orang tentang siapa anda dan apa yang anda sukai. Sehingga anda akan tehubung dan bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki kesamaan minat dan tujuan dengan anda.

Belajar menyesuaikan

Ini adalah cara mengenali seseorang lebih dalam sehingga membuat hubungan anda lebih nyaman. Caranya dengan mencari celah seperti memperhatikan kesamaan masing-masing.

Misal seseorang suka tempat tertentu, maka anda pilih tempat itu dan berkunjung bersama. Maka di tempat itu kalian akan sama-sama merasa nyaman dan berkomunikasi santai dan terbuka. Cari berbagai alasan yang bisa lakukan untuk menghabiskan waktu bersama. Dengan Merawat Silaturrahmi, anda akan lebih mudah bertemu kembali di lain waktu.

Berlatih mendengarkan secara aktif

Ketika anda mencoba mengenal seseorang, maka cobalah mendengarkan. Mendengarkan secara aktif berarti memberikan perhatian penuh pada percakapan, tidak menyela dan meluangkan waktu untuk memahami apa yang orang sampaikan. Kemudian memberikan dorongan seperti menganggukkan kepala atau menanggapi ketika mereka selesai berbicara.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berbicara tentang diri sendiri memicu kesenangan di otak. Jadi jangan biarkan percakapan menjadi sepihak. Belajarlah aktif mendengarkan dan tunjukkan minat anda dengan mengajukan pertanyaan, maka merekakan senang dan menghabiskan waktu bersama anda ini juga salah satu untuk Merawat Silaturrahmi terhadap orang lain.

Luangkan waktu untuk teman-teman anda

Mendapat teman baru hanyalah permulaan, yang lebih penting adalah anda bisa menjaga persahabatan atau akan berpisah. Maka masukkan dalam buku harian anda untuk menelepon atau bertemu dengan teman anda dalam beberapa waktu tertentu supaya anda tertap terhubunga.

Cari cara untuk tetap saling berkomunikasi, misal dengan membicarakan acara TV yang anda tonton, seperti pertandingan sepak bola atau tayangan lainnya. Bisa juga dengan mengirimkan foto atau video lucu. Dengan begitu anda akan lebih dekat.

Cobalah lebih terbuka

Untuk membangun persahabatan yang benar-benar dekat, anda perlu investasi emosional dan juga waktu. Tertawa bersama memang menyenangkan, tetapi untuk mengenal seseorang lebih dalam, penting untuk dapat berbagi dengan mereka, saling memberikan harapan dan mendukung impian masing-masing.

Jika anda terlalu menjadi pribadi, maka anda bersahabat dengan seseorang untuk sementara waktu. Maka cobalah lebih terbuka, misalnya dengan meminta nasihat terkait masalah yang anda alami atau meceritakan sesuatu yang lebih pribadi yang tidak anda ceritakan yang lain.

Dengan begitu mereka akan senang karena anda memercayainya dan mereka mulai berbagi lebih banyak tentang diri mereka sendiri.

Leave a Comment