Beberapa Kepanitian yang Bisa Kamu Ikuti Selama Menjadi Mahasiswa UI!

Tertarik bergabung dengan kepanitiaan di UI? Yuk simak artikel ini. Dengan mengikuti kepanitiaan, selain bisa menambah CV kamu, kamu juga akan bergabung dengan rekan tim yang asik-asik.


0

Halo warga UI! Selama kalian berkuliah di UI, selain ikut kelas, kegiatan apa aja sih yang kamu ikuti? apakah kamu merupakan tipikal mahasiswa yang kura-kura alias kuliah rapat – kuliah rapat, atau kalian termasuk mahasiswa yang kupu-kupu alias kuliah pulang – kuliah pulang? Dari sekian banyaknya warga UI, pasti banyak diantara kalian yang aktif mengikuti kegiatan di luar kelas, seperti ikut organisasi, menjadi asisten penelitian dosen, ikut lomba, dan lain-lain.

Eits, tapi ada satu kegiatan yang sayang banget loh kalau kamu lewatkan! Minimal sekali selama kamu berkuliah di UI, kamu harus coba ikut kepanitiaan mahasiswa di tingkat UI. Selain karena bisa menambah pengalaman serta mendapat teman yang beragam dari berbagai fakultas, kegiatan ini adalah kesempatan kamu untuk bisa mengenal UI lebih jauh lewat kepanitiaan. Khusus untuk kamu yang masih maba atau kamu yang bercita-cita masuk UI, lewat artikel ini aku akan menjabarkan kepanitiaan tingkat UI yang bisa kamu coba!

1. UI ART X

Sumber: cyberspaceandtime.com

UI ART X adalah pameran seni terbesar di Universitas Indonesia dibawah naungan Departemen Seni dan Budaya  BEM UI. UI ART X hadir dengan tujuan untuk memberikan seni dan para seniman ajang untuk bersinar melalui karyanya. Sebelum pandemi menyerang, acara ini digelar di Pusgiwa, namun semenjak tahun 2020 UI ART X digelar secara daring, pada edisi tahun ini UI ART X hadir dengan mengadakan pameran, penampilan seni dan musik, dan sinema digital.

2. OKK UI

Sumber: jabar.pojoksatu.id

Setiap mahasiswa UI pasti kenal dengan acara ini, bagaimana tidak? setiap mahasiswa baru wajib mengikuti setiap misi dari mentor untuk mendapatkan status IKM Aktif. Acara orientasi kegiatan kampus UI atau yang biasa disingkat OKK adalah acara orientasi atau pengenalan kehidupan kampus untuk setiap maba, uniknya di acara ini kamu bisa memilih untuk berkontribusi sebagai panitia acara atau sebagai mentor maba. Pendaftarannya dibuka sekitar bulan April, jadi jangan lewatkan ya!

3. Pemira IKM UI

Sumber: economica.id

Pemilihan Raya IKM UI adalah acara pemilihan ketua BEM UI, Ketua BEM Fakultas, MWA UI UM, ketua himpunan jurusan, dan perwakilan fakultas untuk DPM UI, jadi kamu bisa memilih langsung siapa yang layak untuk maju menjadi pemimpin.

Nah selain bisa memilih, kamu juga bisa berpartisipasi langsung di acara ini loh! apalagi divisi yang tersedia berbeda dengan kepanitiaan lainnya, ada divisi acara, Legal, Kampanye, verifikasi, dan E-voting. Lewat kepanitiaan ini kamu bisa mengenal lebih dalam mengenai politik yang berjalan di kampus ini

BACA JUGA: Anak UI Wajib Tahu 6 Rangkaian Acara Pemira IKM UI Meski Dilaksanakan Daring

4. Olim UI

Sumber: flickr.com/photos/achmadsoerio

Olim UI adalah acara kompetisi olahraga yang berada di bawah naungan departemen olahraga BEM UI, sebelum pandemi menyerang acara ini berlangsung meriah setiap tahunnya, setiap fakultas berlomba-lomba untuk memenangkan kejuaraan dan tak jarang perlombaan menjadi sengit karena setiap fakultas memiliki kontingen terbaik di hampir setiap cabang olahraga, belum lagi dengan kehadiran suporter dari setiap fakultas pada tiap pertandingan yang digelar.

Acara Olim UI diawali dengan parade dan diakhiri dengan laga final, biasanya digelar setiap akhir tahun, acara ini terakhir diselenggarakan pada tahun 2019 dan belum akan digelar sampai kondisi pandemi menjadi lebih baik.

BACA JUGA: 5 Tips dan Trik Survive Kuliah Daring Sebagai Anak UI

Apakah kepanitiaan yang seru cuma empat seperti yang disebutkan diatas? Oh tentu tidak, masih banyak kepanitiaan lain yang harus kamu tau dan coba untuk daftar, selanjutnya akan dibahas pada artikel berikutnya, untuk sementara bookmark dulu ya artikel ini di browsermu!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply