Selamat datang di kampus makara, putera puteri terbaik bangsa!

Siapa yang gak merinding dan super haru coba baru masuk aja udah disambut sedemikian rupa? Eits, jangan seneng berlebihan dulu, kamu masih harus mengikuti orientasi untuk menjalankan kehidupan di kampus, baik akademis maupun non akademis. Tapi tenang aja, orientasi yang ini beda banget sama orientasi yang itu, kok.

Yak, Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) ini merupakan orientasi yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru mengenai dunia akademis kampus Universitas Indonesia. OBM ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa sebelum mengikuti masa perkuliahan.

Sebelum mengikuti OBM, biar kamu ngejalaninnya ada persiapan terlebih dahulu dan agar maksimal, yuk coba perhatiin beberapa poin di bawah ini dalam pelaksanaan OBM biar makin seru dan meminimalisir hal-hal yang gak diinginkan!

BACA JU&GA: Ini Hal-hal yang Mahasiswa Baru Rasakan: Balada Semester Perdana

 

advertisement

Siapa sih yang gak suka orang yang rapi?

Ciptakan first impression dengan berpakaian yang rapi via storyofvianindya

Ciptakan first impression dengan berpakaian yang rapi via storyofvianindya

Berhubung OBM merupakan wadah pertama kamu untuk mengenal dunia kampus, jadi ciptakan first impression kepada dirimu sendiri maupun orang lain dengan berpakaian yang rapi selayaknya mahasiswa. Kemeja flannel, jeans, dan sneakers juga udah cukup kok buat kamu baik mahasiswa maupun mahasiswi Universitas Indonesia! Ditambah dengan tas ransel yang bikin kesan “mahasiswa”nya tuh kerasa banget. Tapi bebas sih, silakan berpakaian serapi dan senormal mungkin yang bikin kamu nyaman, tapi ya gak pake jas dan blouse aja, dong…

 

SKSD aja, nothing to lose kok

OBM jadi wadah untuk kenalan dengan banyak orang via bestmistakeofbella

OBM jadi wadah untuk kenalan dengan banyak orang via bestmistakeofbella

OBM juga merupakan wadah buat kamu kenalan sebanyak-banyaknya dengan berbagai jenis manusia di muka kampus. Mulai dari yang nerdy, super asyik, sampe yang ngeselin juga banyak. Ngobrol asyikin aja, tambahin networking a.k.a jaringan pertemanan kamu. Gak ada salahnya kan nambah kenalan dan banyak teman? Kapan lagi hayo sekelas seminggu full bareng temen-temen dari berbagai fakultas.

 

Tingkatkan ketelitianmu, cek ulang jadwal dan lokasi sebelum berangkat

cek ulang jadwal dan lokasi sebelum berangkat via petrabarus

cek ulang jadwal dan lokasi sebelum berangkat via petrabarus

Kalo kamu gak punya temen sejati yang sekelas dari awal sampe akhir OBM, sudah tentu menjadi tanggung jawab penuh bagi dirimu sendiri untuk meningkatkan ketelitian dan keakuratan dalam pembacaan jadwal serta lokasi OBM. Jangan sampe salah loh ya, nanti kamu malu sendiri hehehehe. Emang sih harus banyak temen dan kenal banyak orang, tapi kalo dikenalnya dengan cara salah ruangan maupun jadwal kan gak enak juga.

 

advertisement

Gak usah takut, ini bukan OSPEK

Gak usah takut, ini bukan OSPEK via hanifafarah

Gak usah takut, ini bukan OSPEK via hanifafarah

Selama OBM kamu dituntut untuk berkontribusi aktif dalam mengikuti segala apa yang disampaikan pembimbing. Santai aja Bro, Sis, gak usah takut, ini bukan OSPEK kok. Malah keren banget kalo kamu bisa terus berpendapat dalam setiap kelas yang kamu ikuti, karena itu memang tujuan OBM; Orientasi Belajar Mahasiswa, mengubah kebiasaan pasif di kelas saat SMA menjadi aktif saat memasuki dunia perkuliahan. Explore sebanyak-banyaknya yang kamu ingin ketahui, ya!

 

Ikutin aja, banyak banget manfaatnya

 kamu harus mengikuti semua kegiatan OBM karena banyak banget manfaatnya via marzetrezitadina

kamu harus mengikuti semua kegiatan OBM karena banyak banget manfaatnya via marzetrezitadina

Sumpah deh, kamu harus mengikuti semua kegiatan OBM karena banyak banget manfaatnya, super informatif, dan membantu kamu banget nanti untuk survive di dunia perkuliahan. Ada, bahkan banyak, hal-hal yang akan jauh lebih mudah untuk kamu kerjakan jika mengikuti serangkaian kegiatan OBM ini. Makanya, jangan disia-siain ya, gak bayar kok! Selain itu, OBM ini juga merupakan prasyarat untuk mengikuti mata kuliah MPKT A dan MPKT B loh, jadi ya mau gak mau, mager gak mager, kamu harus tetep ikut.

Sama siapa, kapan, dan di mana pun kamu mengikuti OBM ini, nikmatin dan jalanin aja, gak ada yang sia-sia kok. Pasti akan banyak pengalaman yang kamu dapetin serta grup di Line atau WhatsApp akan nambah satu. Meski setelah OBM selesai mayoritas ngumpul lagi hanya akan menjadi sebuah wacana yang hakiki, tapi jokes dan cerita selama OBM gak akan pernah jadi wacana buat dibahas kembali, kok.



[reaction_buttons]