Semua setuju kalau kompleks kampus UI di Depok ini luasnya patut dibanggakan, dan banyak tempat-tempat yang bisa dikatakan strategis buat berbagai jenis aktivitas. Tiap Sabtu Minggu, pasti ada pengunjung yang merasa UI adalah taman nasional dan mereka piknik dan rekreasi di kompleks UI.

BACA JUGA: “Bertamasya” di Pustaka UI Depok

Ada yang jogging, bahkan ada anak SMA atau SMP yang menghemat duit dan foto buat buku tahunan di UI, sambil harap-harap mupeng suatu hari bakal ngampus di UI. Di antara banyak tempat itu, ada beberapa tempat yang cocok banget buat dipake syuting. Nah, di mana aja tuh?

advertisement

Teksas

Tau kan kalau Cakra Khan pernah bikin video klip di jembatan Teksas via goslink

Tau kan kalau Cakra Khan pernah bikin video klip di jembatan Teksas via goslink

Semua udah tau dong ya, Chakra Khan pernah syuting video klip di jembatan Teksas. Gak boong, memang keliatannya biasa aja, tapi ini tempat emang ikonik banget di UI dan bagus buat syuting film pendek ataupun videoklip.

BACA JUGA: Sejarah Danau UI (Between Legend ‘n Myth)

Anggap aja ada dua mahasiswa yang tanpa disengaja beberapa kali berpapasan di jembatan setiap siang atau setiap sore. Terus lama-lama mereka ngapalin jam-jam itu dan hanya melewati jembatan pada jam-jam tertentu itu, bahkan sampe nangkring di depan jembatan beberapa saat supaya bisa papasan. Duh, klise abis. Tinggal kenalan susah amat.

advertisement

 

Perpustakaan UI

Segala jenis film juga bisa kalo mau syuting di perpusat ui ini via libui

Segala jenis film juga bisa kalo mau syuting di perpusat ui ini via libui

Ada berbagai tempat di perpus UI yang bisa dipakai untuk syuting. Pertama, jelas banget kalau buat film nerdy-nerdy gitu bisa pake ruang koleksi yang isinya penuh buku. Ain’t gonna get books that many anywhere else. Mau film horor? Coba datengin toilet-toilet perpus entah di lantai tiga atau empat yang remang-remang itu.

BACA JUGA: (Horor) Ternyata Dosen Baru yang Ngajar di FHUI Tengah Malam Itu Adalah…

advertisement

Mau film yang agak futuristik atau drama? Berbagai skenario bisa dimainkan di ruang koleksi skripsi yang menghadap ke danau—dimana, lighting-nya kalau lagi siang atau sore, luar biasa. Mau film romantis? Ya, bisa pake pinggir danau. Banyak deh.

 

Taman-taman UI

Taman di Fakultas Psikologi ini juga cocok buat syutif film drama gitu via panoramio

Taman di Fakultas Psikologi ini juga cocok buat syutif film drama gitu via panoramio

Ini juga cocok buat videoklip ataupun pemotretan, bangku dari batu dan ruang terbuka yang lumayan hijau ini bisa diadu sama taman-taman kota lain, loh. Belum lagi luas dan ada fasilitas jalan setapaknya, yang minimal bisa ngasih kamu adegan jalan berdua atau adegan jogging yang lumayan enak dilihat.

advertisement

BACA JUGA: Stiker Berteknologi Fotokatalisis

Banyak juga mahasiswa yang syuting di deket-deket situ untuk memenuhi tugas dari dosen yang rada iseng meminta mereka bikin video percakapan gitu.

 

PSJ

Kalau ini sih sering banget di FTV-FTV gitu via bibirkudalaut

Kalau ini sih sering banget di FTV-FTV gitu via bibirkudalaut

Sering liat mobil dari stasiun tv swasta yang muncul dan parkir di sekitar PSJ (Pusat Studi Jepang)? Lengkap sama mobil pick-up atau mobil box yang dipake buat bawa-bawa peralatan syuting?

BACA JUGA: Fakultas Teristimewa Di UI? Ya, FIB Jawabannya. Emang Ada yang Lain?

Iya, memang PSJ itu udah populer jadi tempat syuting sinetron-sinetron yang suka nampang di layar tv kamu di rumah. Kenapa? Ya, karena memang lokasinya bagus dan keren. Mau ngomong apa?

 

Kandang rusa

FIlm horror? Di kandnag rusa juga bisa! via wisatamistis

FIlm horror? Di kandnag rusa juga bisa! via wisatamistis

Iya, kamu lihat kandang rusa yang kini sudah tak dihuni rusa lagi? Jadi kaya hutan kan? Lumayan ngeri kan kalau malam? Yam itu cocok buat kamu yang mau bikin film rada horror atau malah mau remake cerita-cerita tentang orang terdampar atau tersesat di hutan. Masalembo 2, mungkin? Hutan UI juga lumayan kece buat acara begitu. Asal kalau mau syuting jangan lupa bawa lotion anti-nyamuk aja ya, just in case.

 

Kelas yang membosankan

Kelas yang ngebosenin juga bisa jadi tempat syuting via jakarta32c

Kelas yang ngebosenin juga bisa jadi tempat syuting via jakarta32c

Kelas yang membosankan adalah tempat yang cocok buat kamu untuk syuting remake film semacam Prison Break atau Shawshank Redemption. Morgan Freeman jadi narator bisa digantikan sama suara dosen yang lagi ngajar, bedanya ya Morgan Freeman keren dan suaranya bikin merinding, dosen kamu bisa aja suaranya bikin bosan dan ngantuk. Dan karena kelasnya ngebosenin tapi kamu gak bisa keluar, udah sama kan tuh sama skenario kabur dari penjara? Agak sinis sih, tapi ya memang begitu adanya. Hehe 😛

Nah, ada lagi area atau tempat di UI yang mungkin bisa dijadiin tempat syuting? Balairung misalnya? Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line, siapa tau ada temen yang lagi nyari lokasi syuting.