Begini Cara Menyelamatkan IP Kamu dengan Bantuan Satu Eskaes MPKO/S!

Meskipun hanya berbobot 1 SKS, mata kuliah paling favorit untuk menjadi juru selamat IP di kala nilai yang lain anjlok tidak lain tidak bukanadalah MPKS/MPKO. Langsung aja yuk dibaca tips dari anakui.com untuk memaksimalkan 1 SKS yang bisa menyelamatkan keindahan SIAK kamu ini!


0

Dunia kuliah yang super duper nyebelin adalah ketika kalian banyak diuji dengan berbagai cobaan tugas, praktikum, makalah, penelitian, dan pre-test sana-sini. Gimana nggak, sebagai mahasiswa kita mesti lakuin itu semua dengan ikhlas biar nilai kita aman-aman aja di SIAK, apalagi kalau udah laporan sama mami-papi, kalau IP kita pas-pasan bahkan anjlok, siap-siap deh uang jajan dipotong!

Terkadang, IP kita bisa anjlok gara-gara ada salah satu mata kuliah yang nggak lulus, atau dapet nilai C! Nah, atas pedoman itulah kita mesti bener-bener memaksimalkan semua mata kuliah yang kita ambil setiap semesternya. Nggak peduli itu satu, dua, atau tiga eskaes, selama nilai kalian itu bisa diselametin, pasti IP bakal kedongkrak guys!

Anyway, mata kuliah paling favorit untuk menjadi juru selamat IP di kala nilai yang lain anjlok adalah MPKS/MPKO! Weits… meskipun kedua mata kuliah itu hanya bernilai 1 SKS, tapi efeknya dahsyat guys! Khususnya buat penulis… hehehe. Langsung aja yuk dibaca tips dari anakui.com untuk memaksimalkan 1 SKS yang bisa menyelamatkan keindahan SIAK kamu!

 

Pantengin SIAK Tiap Saat

Mohon bersabar, ini ujian…

Meskipun terkesan lebay, tapi ini bener-bener manjur guys! Soalnya, berebut mata kuliah di SIAK emang betulan greget abis. Kalian mesti bertarung berhadapan ratusan, bahkan ribuan mahasiswa UI yang lain untuk sekedar memilih mata kuliah, termasuk MPKS/O. Sebab, anak UI pada suka milih mata kuliah pengembangan kepribadian yang super gabut! Ya, itu sih salah satu cara buat bikin otak lebih segar kembali dan beristirahat dari cobaan tugas yang menggunung.

SIAK War juga bisa loh buat ngelatih mental bertarung dan berkompetisi yang cepat, tepat, dan akurat, apalagi kita sebagai mahasiswa muda yang masih punya jiwa bertarung kaya Batman! Bukan apa-apa sih, tapi kalau kita bisa milih lebih cepat daripada yang lain dalam hal MPKS/O, kita bisa pilih yang kita suka atau gabut!

 

Tanya Kakak Tingkat

Kalau tips ini sih mesti dilakuin jauh hari sebelum menentukan pilihan hidup kalian.

Tanya ke kakak tingkat, “Kak, kakak suka engga sama aku?”

*eh maksudnya, “Kak, MPKS apa MPKO sih yang paling enak kelasnya?”,

“Kak, MPKS apa MPKO sih yang dosennya ganteng?”,

“Kak, MPKS apa MPKO sih yang paling hits?”,

“Kak, MPKS apa MPKO sih yang dosennya rajin menolong?”

Yup, cara yang ini bener-bener butuh kalian lakuin. Ya meskipun kakak tingkat kita bukan Dewa, tapi setidaknya mereka lebih berpengalaman lah dalam dunia percintaan mata kuliah.

 

BACA JUGA: Anak UI, Gunakan Situs ini Biar Kamu Menang SIAK WAR!

 

Pilih MPKS/O yang Kalian Suka

Misalkan passion kamu drama, sampe kebawa di kehidupan sehari-hari, ya pilih kelas MPKS Teater aja! (via suma ui)

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Seni dan Olahraga memang ditujukan kampus makara agar para mahasiswa dapat mengapresiasi kehidupan seni dan olahraga. Jadi, kalau kalian sudah lulus, kalian nggak cuma jago teori tentang ilmu di bidang kalian aja, tapi kalian bisa juga terjun di masyarakat dengan berbagai keterampilan.

Anyway, kalau kalian ingin menjadi seseorang yang merdeka dan nggak mau dituntut bernilai tinggi yang gampangan, cara ini patut kalian coba! Selain bisa ningkatin skill kita di bidang kesenian atau olahraga kesukaan, siapa tau kita bisa jadi terkenal gara-gara kedua mata kuliah itu kan. Jadi, kalau kalian suka bulutangkis, jangan pilih tenis meja cuma karena tertarik akan kegabutannya.

Pilihlah apa yang menjadi passion kalian, jangan cuma karena mau nilai gede tapi hasilnya nihil! Eits, bukan sok bijak ya guys, tapi beneran loh ini penting. Banyak mahasiswa yang jurusannya jauh sama profesinya, tapi bisa jadi tenar karena suka dan ningkatin skill nya sesuai passion. Siapa tau, dengan kalian ikut MPKS Teater, meskipun kalian kuliah jurusan kedokteran, kalian bisa jadi artis kaya Mba Dian Sastro yang dulunya mahasiswa FEB UI loh!

 

Pilih MPKO, Jadikan MPKS Kekasih Kedua

Pilih MPKO aja dulu, kalo ga dapet baru MPKS hehe (via depokita)

Dari awal kalian jadi anak UI, pasti banyak banget tuh gosip hangat, selentingan, atau bisikan roh halus yang bilang kalau MPKO dijamin dapet nilai A atau A- paling mentok. Kenapa eh kenapa? Sebab, menurut pengalaman penulis, di MPKO ini selain enak buat refreshing tapi juga dosen dan tugasnya nggak rese, apalagi kalau kalian masuk kelas Tenis Meja, banyak mahasiswa yang berebut kursi kelas (sampe tarik-tarikan, gontok-gontokan, phsywar) buat duduk sebagai mahasiswa kelas Tenis Meja. Katanya sih, kelasnya paling gabut, bisa sambil goler-goleran di kelas, bisa sambil hahahihi, cabut, dan nilai A sudah pasti di tangan!

Itu sih sebabnya banyak kelas MPKO yang waiting list-nya menjalar dan mengakar sampai ke bawah bumi, alias banyak peminatnya! Beda sama MPKS, soalnya banyak anak UI yang bilang kalau ngambil MPKS, demi mendapatkan nilai super, butuh berusaha super! Apalagi, masih kata-katanya, buat dapet nilai bagus di MPKS paling banter A- ya walaupun banyak juga yang dapet A, itupun mesti usaha buat makalah, presentasi, dan praktikum! Makanya, siap-siap aja BESOK tanggal 19 jam 9 pagi  buat berjuang di medan perang!

 

BACA JUGA: Life Guide: Biar Kamu Gak Frustrasi Gara-Gara SIAK-NG

 

Sebenarnya semua mata kuliah itu sama-sama punya tingkat kesulitan dan kemudahannya masing-masing, asalkan kita sebagai mahasiswa ikhlas dan niat aja ngejalaninnya. Nggak ada usaha yang sia-sia, termasuk rebutan MPK wkwkwk. Nah, kalau kamu gimana? Mari bagikan artikel ini ke akun Facebook, Twitter, dan Line kalian biar anak UI bisa menimbang-nimbang MPK mana yang paling pas. Well, let’s share it!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Alfridho Yuliananda
Alfridho Yuliananda adalah penulis FnS Digital Consulting yang sudah giat menggeluti dunia tulis menulis di berbagai media. Pemilik motto "semua tempat adalah sekolah, dan semua orang adalah guru" ini merupakan penggemar produk jurnalistik investigasi, Arsenal, dan pemusik Freddie Mercury.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals