Mungkin sebagian di antara kamu ada yang menjalani kuliah di kampus kuning dengan beasiswa, baik full ataupun setengah-setengah. One thing about scholarship adalah ia biasanya hanya berlaku untuk 1 kali waktu tertentu, once waktunya habis kamu harus mencari alternatif lain agar tetap bisa kuliah.

Salah satu cara untuk melanjutkan kuliahmu adalah dengan mengikutsertakan dirimu untuk terdaftar pada lebih dari 1 kali institusi yang menyediakan beasiswa.

Biasanya beasiswa dan dermasiswa menetapkan syarat tertentu seperti ujian bahasa, atau tes masuk tertentu, dimana kamu perlu menyiapkan diri sebelumnya. Semakin awal kamu memperoleh informasi ini, semakin banyak waktumu untuk mempersiapkan diri.

BACA JUGA: Informasi Beasiswa S2 Dalam Negeri 2016 Terbaru

Banyak beasiswa dari pemerintah yang ditujukan untuk mereka yang tidak mampu, misalnya untuk mereka yang tinggal di daerah terpencil, perempuan, mahasiswa yang menderita cacat fisik, atau memang benar-benar tidak mampu secara finansial.

Beasiswa untuk program master dan doktoral juga banyak diberikan oleh pemerintah. Hanya saja persaingannya sangat ketat. Namun begitu, beasiswa ini patut dicoba, sebab dana yang diberikan seringkali mencakup semua total biaya kuliah hingga kamu lulus.

advertisement
Banyak beasiswa dari pemerintah yang ditujukan untuk mereka yang tidak mampu via eng.ui.ac.id

Banyak beasiswa dari pemerintah yang ditujukan untuk mereka yang tidak mampu via eng.ui.ac.id

Universitas dan perusahaan swasta bukanlah satu-satunya sumber beasiswa. Kamu bisa juga mencoba beberapa charitable foundation dan beasiswa dari per orangan. Biasanya beasiswa ini tidak hanya berlaku untuk tujuan belajar di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Seperti halnya beasiswa dari pemerintah, beasiswa yang diberikan oleh charitable foundation ditujukan untuk mereka yang kurang beruntung atau specific target. Terkadang beasiswa jenis ini hanya menawarkan beasiswa program pendidikan tertentu untuk calon mahasiswa dari daerah yang belum dianggap maju. Tapi, beasiswa dari charitable foundation ini juga tidak menutup kemungkinan untuk mereka yang aktif berorganisasi atau aktif dalam melakukan kerja sosial.

amu bisa juga mencoba beberapa charitable foundation dan beasiswa dari per orangan via lottemart

amu bisa juga mencoba beberapa charitable foundation dan beasiswa dari per orangan via lottemart

Seperti halnya sekolah, jangan ragu untuk mendaftar beasiswa yang peminatnya sedikit, atau hanya menawarkan biaya pendidikan yang tidak banyak.

Lakukan riset, baca syarat dan ketentuan beasiswa dengan jelas sebelum mulai mendaftar. Jangan berkecil hati sebelum mencoba, karena beasiswa tidak melulu ditujukan untuk mereka yang memiliki prestasi akademis sempurna. Talenta dan bakatmu pun bisa saja menjadi modal utama untuk meraih beasiswa impian.

Yuk, bagikan artikel ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu sekarang!



[reaction_buttons]

advertisement