Begini Tips Hemat Waktu dalam Mengerjakan Tugas

Anak UI, ngerasa tugas kuliah begitu banyak semenjak WFH? Emang gimana sih cara menghemat waktu saat mengerjakan tugas kuliah? Yuk simak dulu tips-tips berikut ini


0

Mahasiswa dan tugas merupakan dua hal yang hampir tidak mungkin terpisahkan. Bahkan tak jarang mahasiswa identik dengan begadang akibat mengerjakan tugas kuliah sembari menjalankan kegiatan lain di luar perkuliahan. Beban tugas yang banyak dan waktu 24 jam sehari mungkin terasa kurang untuk menyelesaikan tugas. Tapi jangan khawatir, masalah begadang tersebut dapat diatasi salah satunya dengan menghemat waktu saat mengerjakan tugas dengan tips-tips berikut ini

1. Atur Jadwal dan Alokasi Waktu

Sumber: pixabay.com

Tugas mahasiswa memiliki banyak jenis dan bentuk. Dengan berbedanya jenis tugas tentunya akan memiliki beban dan estimasi waktu pengerjaan yang berbeda antara satu tugas dengan tugas lain. Satu-satunya yang dapat melakukan pengukuran terhadap beban dan estimasi waktu pengerjaan tugas tidak lain dan tidak bukan adalah kamu sendiri. Maka dari itu diperlukan penentuan prioritas dan pengaturan jadwal.

Setelah menentukan waktu yang tepat alokasikan waktu pengerjaan sesuai kebutuhan karena tidak semua tugas dapat diselesaikan dalam satu kali pengerjaan. Pengalokasian waktu pengerjaan tugas ini juga bermanfaat untuk menentukan waktu jeda jika memang membutuhkan durasi pengerjaan yang Panjang.

2. Jauhkan Hal yang Tidak Perlu

Salah satu elemen terpenting dalam menghemat waktu mengerjakan tugas adalah dengan fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Dalam mengatur fokus yang paling utama adalah menjauhkan diri kamu dari hal-hal yang tidak perlu seperti menutup tabs yang tidak berkaitan dengan tugasmu seperti aplikasi chatting, sosial media, dan Netflix yang dapat mendistraksi perhatianmu. Selain itu bila perlu dapat mematikan handphone.

Kemudian jika memang tidak ada urgensi untuk mengerjakan tugas bersama atau bahkan beramai-ramai dengan teman maka lebih baik untuk mengerjakan tugas sendiri karena mengerjakan tugas sendirian dapat lebih memelihara fokusmu serta menjauhkan dari berbagai distraksi seperti mengobrol dengan teman-teman. Hal tersebut merupakan distraksi yang paling umum saat mengerjakan tugas, tetapi yang paling mengerti dirimu adalah kamu sendiri, maka hal yang perlu dijauhkan saat mengerjakan tugas untuk tetap fokus dapat berbeda sesuai kebutuhan

3. Persiapkan Sumber Referensi di Waktu Luang

Dalam mengerjakan tugas umumnya dibutuhkan referensi melalui berbagai sumber. Jika memang telah menemukan topik tugas yang akan dikerjakan, maka carilah referensi dan sumber pengayaan untuk mengerjakan tugas saat luang di sela sela kegiatan yang lain. Hal ini bermanfaat untuk menghemat waktu mencari, membaca sekilas isi referensi, atau bahkan waktu untuk mengunduh referensi tersebut.

4. Sediakan Kebutuhan Penunjang di Dekatmu Sebelum Mulai

Mengerjakan tugas yang sangat menguras tenaga dan pikiran terkadang butuh beberapa alat tertentu untuk me-refresh diri. Kebutuhan ini dapat bermacam macam serta dapat berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan tugas yang sedang dikerjakan. Contohnya seperti earphone, pencahayaan, koneksi internet, buku, camilan, air minum, dan lain lain, Kebutuhan akan barang-barang ini sebaiknya disiapkan sebelum start mengerjakan tugas karena akan sangat menghemat waktu seperti berjalan mengambil ke ruangan lain atau mencari-cari barang tersebut karena terselip.

5. Maksimalkan Penggunaan Tools yang Membantu

Di era sekarang ini, mahasiswa memiliki banyak pilihan tools yang bisa membantu atau bahkan menyediakan layanan automasi suatu tugas. Contohnya adalah penggunaan software pembuat sitasi otomatis seperti Mendeley yang bisa menghemat waktu kamu dalam menuliskan sitasi referensi yang kamu kutip sehingga terhindar dari plagiarism namun tetap hemat waktu karena tidak perlu mengetiknya secara manual. Masih banyak lagi contoh tools yang bisa sangat membantu para mahasiswa mengerjakan tugas terutama jika mendalami fitur-fitur dalam aplikasi atau perangkat lunak yang biasa digunakan seperti Microsoft office.

BACA JUGA: Mau Lulus SIMAK UI? Yuk Simak 5 Tips Ini


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply