Beginilah Syarat Mengikuti UTBK 2021 di Kampus UI Depok

Jika peserta ingin meninjau lokasi ujian, panitia Pusat UTBK UI menyarankan untuk mengecek secara daring. Jangan lupa untuk nantinya memperhitungkan waktu tempuh dari lokasi rumah kamu ke lokasi Pusat UTBK UI


0

Halo adik-adik pejuang jaket kuning! Wah tidak terasa ya UTBK gelombang pertama sudah dimulai, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia serentak dilaksanakan pada tanggal 12-18 April 2021 ini.

Nah terdapat 74 titik pusat UTBK di Indonesia. Untuk mengikuti UTBK ini seluruh peserta diwajibkan membawa berkas pribadi yang menjadi persyaratan ujian seperti; ijazah yang telah dilegalisir oleh pihak sekolah atau surat keterangan lulus yang ditandatangani oleh pihak kepala sekolah atau jika tidak ada, dapat menggunakan surat keterangan kelas 12 dari sekolah yang berisi nama siswa, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), foto terbaru berwarna yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan distempel/cap dari sekolah mengena di foto.

Tak lupa peserta wajib membawa kartu tanda peserta ujian, dan kartu identitas (KTP/SIM/kartu pelajar/paspor/kartu keluarga). Harap diperhatikan baik-baik ya jangan sampai ada yang terlewat karena kamu bisa didiskualifikasi dan tidak diperkenankan masuk ruang ujian. Tahun ini merupakan tahun kedua dimana penyelenggaraan UTBK berlangsung di masa pandemi covid-19.

Merujuk pada rekomendasi Satgas Covid-19 Kota Depok, ada beberapa informasi penting yang perlu dipenuhi dan dipatuhi oleh peserta UTBK yang akan ujian di Kampus UI Depok. Berikut aturan yang harus dipatuhi peserta ujian.

Pertama peserta ujian harus dalam keadaan sehat, tidak mengalami gejala penyakit  (khususnya gejala Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan bernafas). Selain itu peserta wajib mengenakan masker medis, bukan masker kain. Kemudian, hasil pemeriksaan suhu tubuh peserta sebelum memasuki tempat ujian harus dibawah 37.3°C. Tak lupa, sebelum memasuki ruang ujian peserta disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer yang sudah disediakan panitia atau membawa hand sanitizer pribadi.

Selama berada di dalam lingkungan Kampus UI Depok disarankan menjaga jarak dari peserta lain atau orang lain minimal 1,5 meter dan tidak berkerumun sebelum maupun sesudah ujian. Nah hal ini harus diingat ya, karena kebiasaan kita sering banget berkumpul sebelum atau sesudah ujian untuk berdiskusi mengenai soal atau hanya untuk sekedar menghilangkan stress.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) juga mengimbau peserta UTBK-SBMPTN 2021 melalui laman resmi ltmpt.ac.id, untuk melakukan beberapa hal sebelum mengikuti ujian, diantaranya menjaga kesehatan dan disarankan untuk tetap dirumah dan mencari informasi mengenai UTBK secara online agar menghindari kontak fisik.

Jika peserta ingin meninjau lokasi ujian, panitia Pusat UTBK UI menyarankan untuk mengecek dengan cara menggunakan tautan s.id/petautbkui2021, lalu pilih lokasi UTBK. Jangan lupa untuk perhitungkan waktu tempuh dari lokasi rumah kamu ke lokasi Pusat UTBK UI, perkirakan jam kerja kantor yang bisa saja menghambat kamu ketika macet. Hal ini berguna untuk mengantisipasi keterlambatan atau adanya hambatan menuju lokasi ujian.

Perlu kamu ingat bahwa pada tahun ini, UI menerima mahasiswa baru jenjang S1 Reguler melalui tiga jalur penerimaan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 20% ; Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 30% ; dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI yaitu ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan mandiri oleh UI dengan kuota 50%. Bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil lulus pada SNMPTN 2021 dapat mengikuti seleksi SIMAK UI dengan periode pendaftaran 3 Mei – 9 Juni 2021 di laman penerimaan.ui.ac.id

Semangat terus ya untuk pejuang Jaket Kuning, karena percayalah, usahamu tidak akan mengkhianati hasil!

Sumber gambar header: dokumentasi humas Untidar


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
1
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply