Pada bagian sebelumnya kita sudah mengetahui tips dan trik belajar bahasa Korea dengan mudah melalui Drama Korea. Tidak hanya sampai di situ Korea juga membawa demam bagi pecinta musik Korea atau yang lebih dikenal dengan K-Pop. Korean Pop sangat digandrungi remaja di Indonesia khususnya wanita karena perpaduan musik, suara yang merdu, dan penyanyi yang tampan menjadi pemikat hati tersendiri.

Seolah tidak mau kalah, remaja pria Indonesia juga sangat tergila-gila dengan K-Pop terutama yang dibawakan oleh Korean Girl Band. Kecantikan dan merdu suaranya seolah menggoda para penikmati musik untuk berdendang. Ditambah lagi drama Korea juga dilengkapi dengan K-Pop.

K-Pop dan Korean Drama tersebutlah yang telah mendorong pergeseran trend remaja muda Indonesia. Sehingga, belajar bahasa Korea menjadi trend terbaru. Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Korea adalah dapat memahami lebih mengenai musik dan drama Korea yang mereka tonton atau dengarkan. Mungkin, lebih jauh untuk kepentingan lainnya misalnya menuntut ilmu atau bekerja di Negeri Ginseng tersebut adalah pencapaian besar lainnya.

Nah, belajar bahasa Korea bukan hanya melalui drama Korea, belajar di internet, atau mungkin ke tempat kursus bahasa Korea yang semakin banyak bermunculan di Jakarta. Kita juga bisa belajar bahasa Korea melalui K-Pop. Bagaimana caranya?

Membaca Teks Korea dan Indonesia

Membaca Teks Korea dan Indonesia ketika Mendengarkan K-Pop

Membaca Teks Korea dan Indonesia ketika Mendengarkan K-Pop. (sumber:Photo Credit: FrANk.H ^.^ via Compfight cc)

Ketika kita mendengarkan K-Pop, usahakan untuk selalu mempersiapkan liriknya atau teksnya dalam bahasa Korea dengan huruf latin dan bahasa Indonesia. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh, yaitu kita dapat mengetahui huruf Korea secara sederhana dan penyebutannya dalam bahasa Indonesia. Selain itu kita juga dapat mengetahui arti dari setiap kata yang kita nyanyikan.

Tentunya dengan menyanyikan penuh keceriaan kita akan dengan mudah mengingat setiap kata dari K-Pop tersebut. Apalagi jika dikerjakan dengan rutin. Bukan tidak mungkin kita bisa berbahasa Korea, meskipun masih terbata-bata. Tapi jangan khawatir jika Anda sudah mulai memahaminya tapi masih terbata-bata, cobalah untuk berlanjut ke tingkatan berikutnya.

advertisement

 

Mendengarkan K-Pop Sambil Menebak Liriknya

Mendengarkan K-Pop Sambil Menebak Liriknya. (Sumber:)

Mendengarkan K-Pop Sambil Menebak Liriknya. (Sumber: Photo Credit: fernandotakai via Compfight cc)

Sesungguhnya, cara ini banyak diterapkan di kursus-kursus bahasa Inggris. Karena cara ini terbukti cukup efektif untuk melatih daya ingat kita dalam menghapal kosakata bahasa Korea. Caranya sangat mudah, kita cukup mencetak lirik lagu K-Pop kemudian menghilangkan beberapa bagian. Cobalah untuk tidak mengingat bagian yang kita hilangkan. Kemudian, sembari mendengarkan K-Pop cobalah untuk mengisi titik-titik yang kita kosongkan dengan menggunakan huruf Korea ataupun huruf latin. Setelah selesai, jika masih kosong cobalah untuk mengulang kembali lagu tersebut sampai Anda berhasil memenuhi seluruh kata yang kosong. Jangan lupa koreksi kembali untuk meningkatkan latihan Anda.

 

Menerjemahkan Lirik K-Pop 

12986899653_1ae94b0c5a_b

Jangan lupa terjemahkan apa yang mereka nyanyikan. (Sumber:Photo Credit: KOREA.NET – Official page of the Republic of Korea via Compfight cc)

Sembari mendengarkan lagu K-Pop, jika telah melalui tahapan pertama dan kedua, Anda dapat mencoba tahapan selanjutnya. Di sini tingkat kesulitan semakin tinggi. Cobalah untuk mendengarkan K-Pop dan menuliskan artinya dalam bahasa Indonesia di selembar kertas. Cobalah untuk membuka kamus dan mengulang lagu tersebut berkali-kali. Tahapan ini memakan waktu yang cukup lama jika Anda kurang rutin melakukannya. Dengan melalui tahapan ini anda diharapkan agar benar-benar dapat memahami percakapan dalam bahasa Korea.

 

Menghapal Kosakata Korea dari K-Pop

Menghapal Kosatakata. (Sumber:)

Menghapal Kosatakata. (Sumber:Photo Credit: tochis via Compfight cc)

 

advertisement

Kosakata Korea yang digunakan dalam K-Pop pada umumnya adalah kata-kata yang sederhana dan umum digunakan di masyarakat. Sebenarnya ini adalah tahapan finishing. Di mana, Anda tinggal memperbanyak kosakata bahasa Korea dan mempersiapkan diri menghadapi kosakata slank atau kosakata yang tidak baku. Seperti kita ketahui, terkadang K-Pop menggunakan kosakata yang tidak terdapat dalam bahasa baku Korea. Maka cobalah untuk memberikan catatan khusus terhadap kosa kata yang jarang ditemukan tersebut.

Pada akhirnya, kita diharapkan memang benar-benar dapat berbicara, mendengar, dan menulis bahasa Korea dengan sangat fasih. Salah satu kekurangan belajar bahasa Korea hanya melalui K-Pop adalah kemampuan menulis kita akan sedikit lemah meskipun kemampuan mendengarkan dan berbicara bahasa Korea kita akan sangat fasih. Oleh karena itu tidaklah cukup hanya dengan mendengarkan K-Pop. Cobalah untuk membaca beberapa artikel-artikel berbahasa Korea. Selain itu dengan metode ini kita akan mudah memahami bahasa Korea tanpa harus menguras kocek lebih dalam untuk kursus Bahasa Korea.



[reaction_buttons]