Mahasiswa Harus Tau Perbedaan Antara Saham dan Reksadana! Apa perbedaan saham dengan reksadana? Tentu bagi mahasiswa yang sudah sering bermain saham dan reksadana pasti tau perbedaannya :D, tapi ternyata masih ada lho beberapa orang yang belum tau perbedaannya antara saham dengan reksadana.

Reksadana dan Saham (Sumber: finansialku.com)

Teman-teman saya yang juga bermain saham banyak dari mereka yang belum tau, padahal teman saya itu cukup jago membaca peluang saham dan kemampuan teknisnya mengenai alat saham cukup hebat tetapi ternyata kemampuan dasar seperti pengertian broker, reksadana, saham dan lainnya, dia sama sekali tidak paham. Nah penting banget buat kalian untuk tau perbedaanya, jangan sampai kalian nyamain saham dengan reksadana ya, mau tau apa aja perbedaannya? Yuk simak

1. Risiko

Sumber gambar: store.steampowered.com

Tepat sekali, perbedaan yang utama antara saham dan reksadana adalah risikonya hihihi, Apa itu risiko? Saya sendiri mendefinisikan risiko dalam investasi adalah peluang kegagalan untuk mendapatkan return atau bahkan kehilangan uang kalian.

advertisement

Nah untuk kalian yang bermain saham maka bisa saya katakan risiko atau peluang kehilangan uang atau kegagalan untuk mendapatkan return cukup besar. Intinya saham memiliki risiko yang lebih tinggi sementara reksadana memiliki risiko yang rendah.

Mengapa saham memiliki risiko yang tinggi?

Hal ini dikarenakan dalam bermain saham anda adalah pengelolanya artinya uang investasi anda sepenuhnya anda yang mengelolanya, entah anda ingin menjual atau membeli saham sepenuhnya berada di tangan anda. Sementara di dalam reksadana uang anda di kelola oleh manajer investasi yang berpengalaman sehingga risiko anda untuk rugi kecil. ย Nah tau kan perbedaanya dalam tingkat risiko? Tapi bukan risiko doang ya :D.

advertisement

2. Return

Return termasuk salah satu yang membedakan antara saham dan reksadana, apa itu return? Tentu saja return bukan sekedar pengembalian yang artinya balik modal tetapi keuntungan yang anda dapatkan dari penanaman dana anda.

Nah jika kalian bermain saham maka bisa saya katakan return yang anda dapatkan sangat menguntungkan dan lebih besar dibandingkan reksadana. Jadi perbedaan kedua adalah pada tingkat pengembalian atau return.

Mengapa saham memiliki return yang tinggi?

advertisement

Hal ini dikarenakan dalam bermain saham anda tidak perlu membayar jasa manajer investasi atau tenaga ahli pengelola, karena dana saham anda seluruhnya yang mengelola tentu jika mendapatkan keuntungan anda tidak perlu membaginya kepada siapapun. Bedahalnya dengan reksadana, karena dalam reksadana dana investasnya dikelola oleh manajer investasi maka keuntungan dari penanaman modal anda harus dibagi dengan manajer investasi sebagai biaya pembayaran jasa. Nah jadi bagi kalian yang ingin dapat keuntungan besar lebih baik bermain saham dari pada reksadana ๐Ÿ˜€

3. Pajak

Sumber: torontosun.com

Nah ini perbedaan yang ketiga antara saham dan reksadana, yaitu pajak hihihi, pasti pajak terkadang menjengkelkan bagi para investor ya ๐Ÿ˜€ Nah jika kalian bermain saham maka baik dana dividen ataupun penjualan dari saham anda akan dikenakan pajak.

Berapa besaran pajaknya?

advertisement

Pajaknya berkisar 10% dari total dividen atau dana penjualan anda. Nah kalo reksadana maka anda tidak akan dikenakan pajak. Nah itu perbedaan ketiga antara saham dan reksadana, nah pertimbangkan juga hal ini ketika kalian ingin memilih antara reksadana dan saham ya ๐Ÿ˜€

4. Besaran Investasi

Sumber: afndaily.com

Besaran Investasi termasuk hal yang membedakan antara saham dan reksadana, kaloย  kalian pernah bermain saham maka pasti kalian tau minimal pembelian saham adalah satu slot, nah satu slot itu sama dengan 500 lembar (1 slot=500 lembar) sementara harga minimal dari 1 lembar itu rata-rata adalah Rp.10000, jadi minimal dana yang digunakan untuk berinvestasi di dalam saham adalah 5 juta rupiah (Rp.10000 x 500), banyak juga ya dana awal untuk investasi? Tentu saja sementara itu dana awal untuk bermain reksadana cukup murah yaitu cuma seratus ribu rupiah. Nah kalo kalian emang gak ada dana, jangan paksain main saham, main aja dulu reksadana ๐Ÿ˜€