Jurusan Teknik Sipil mungkin termasuk jurusan yang asing bagi anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA). Asing maksudnya belum banyak yang mengenal apa itu jurusan Teknik Sipil. Sungguh terlalu, kalau di antara kamu ada yang sampai berpikiran bahwa sarjana Teknik Sipil ini nantinya akan bekerja di kantor catatan sipil.

BACA JUGA: Mengenal Program Sarjana Arsitektur UI Lebih dari Apa yang Kamu Bayangkan

Nah oleh karena itu, mari kita mengenal lebih jauh tentang jurusan yang satu ini. Siapa tahu dengan mengenalnya, akan tumbuh benih ketertarikan pada jurusan Teknik Sipil.  Yang mana lagi kalau bukan Jurusan Teknik Sipil di Universitas Indonesia.

 

Deskripsi Umum Jurusan Teknik Sipil

Deskripsi Umum Jurusan Teknik Sipil via depoknews

Deskripsi Umum Jurusan Teknik Sipil via depoknews

Teknik Sipil adalah salah satu dari cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang penerapan teknik untuk keperluan masyarakat sipil. Mahasiswa akan belajar bagaimana merancang, membangun, memelihara, serta mengevaluasi struktur bangunan yang digunakan oleh masyarakat sipil. Tidak hanya itu, di jurusan ini juga dipelajari keterkaitan bangunan dan lingkungan sekitarnya. Contohnya adalah bagaimana merancang dan membangun sebuah gedung, jembatan, bendungan, rumah sakit, sekolah yang baik dan aman, disesuaikan dengan karakteristik lingkungan sekitarnya dan bahan material penyusunnya.

advertisement

Jurusan Tenik Sipil Universitas Indonesia berada di bawah Fakultas Teknik. Fakultas ini merupakan salah satu fakultas tertua di Indonesia. Sebelumnya dikenal dengan nama Technische Hoogeschool Bandung yang telah berdiri sejak tahun 1950. Wah, hanya 5 tahun saja dari kemerdekaan Indonesia! Lalu pada tahun 1964, Universitas Indonesia mendirikan Fakultas Teknik yang saat itu hanya memiliki tiga departemen saja, yang salah satunya adalah Teknik Sipil.

Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia telah terakreditasi oleh badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai A. Program sarjana Teknik Sipil Universitas Indonesia pada tahun 2008 menjadi salah satu dari dua jurusan di Universitas Indonesia yang lolos penilaian  oleh ASEAN University Network melalui program jaminan mutu. Wow! Kualitas terbaik dan diakui secara internasional, lho.

 

Jurusan Sistem Informasi Ini Cocok Bagi Kamu yang…

Jurusan Sistem Informasi Ini Cocok Bagi Kamu yang... via eng.ui.ac.id

Jurusan Sistem Informasi Ini Cocok Bagi Kamu yang… via eng.ui.ac.id

Jadi, jurusan ini sangat cocok buat kamu yang menyukai bidang desain, konstruksi, dan hubungannya dengan kehidupan masyarakat sekitar. Selain itu, kamu juga harus menyukai pelajaran matematika dan fisika, karena di jurusan ini interaksi dua ilmu itu akan sangat sering dipakai dalam aplikasi merancang dan membuat desain. Susah? Tentu tidak. Kata susah hanya untuk orang yang malas berusaha, dan itu bukan kamu pastinya. Iya, kan?

 

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan via eng.ui.ac.id

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan via eng.ui.ac.id

Pada jurusan Teknik Sipil UI terdapat dua jenis kelas, yaitu kelas regular dan kelas paralel. Kelas regular diperoleh melalui jalur masuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan ujian tertulis SIMAK UI. Kelas regular mendapatkan hak berupa beasiswa dan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BPO-B). Yang boleh mendaftar kelas regular adalah lulusan SMA/sederajat dengan maksimal usia ijazah tiga tahun dari tahun aktual. Sementara kelas paralel tidak mengenal usia ijazah, siapa pun kamu, asalkan lulusan SMA/sederajat, boleh mengambil kelas ini. Kekurangannya adalah tidak berhak mengajukan beasiswa dan BPO-B.

advertisement

Lama belajar program sarjana jurusan ini adalah 4 tahun dengan jumlah total 144 SKS. Dalam jumlah itu, ada banyak jenis mata kuliah yang harus kamu pelajari, berupa mata kuliah umum universitas, mata kuliah dasar-dasar teknik, mata kuliah inti dan mata kuliah pilihan, seminar, dan skripsi. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (ST). Nama kamu akan lebih keren dengan tambahan ST, apalagi saat dicetak dalam undangan pernikahan kamu atau pun kartu nama.

Peminatan di jurusan ini terbagi dalam 6 bidang, yaitu struktur, geoteknik, transportasi, manajemen sumber daya air, manajemen konstruksi, dan lingkungan. Oh, ya! Ada jalur cepat bagi kamu yang ingin menyelesaikan sarjana (S1) dan magister (S2) hanya dalam waktu 5 tahun saja. Kamu bisa menghemat waktu 1 tahun dalam program ini. Selama kamu memiliki syarat yang telah ditentukan untuk program fast track ini, jangan ragu untuk mendaftar.

 

Prospek Kerja

Prospek Kerja setelah lulus via fadhilah23

Prospek Kerja setelah lulus via fadhilah23

Sesuai dengan misi jurusan Teknik Sipil UI di mana para lulusannya dicetak agar menguasai pengetahuan dasar teknik, kemampuan desain, keterampilan memecahkan masalah teknik dan eksperimental atau pelaksanaannya secara global, sehingga mampu bersaing dalam kancah nasional hingga internasional. Prospek kerja bagi para lulusan Teknik Sipil sangat bervariasi.

Tersedia pada sektor umum dan swasta, level nasional hingga internasional. Bisa bekerja di bidang konstruksi, properti, produksi, pemerintahan, atau pun perbankan sebagai penilai kualitas bangunan. Lulusan Teknik Sipil juga biasanya adalah calon menantu idaman. Coba bayangkan, untuk sebuah bangunan saja, dia harus mendesain struktur dan membangun sesuai dengan karakteristik lingkungannya dengan penuh perhitungan dan penuh tanggung jawab! Apalagi untuk merancang rumah tangga bersamamu nanti? Wuih, enggak kuat deh bayanginnya.

 

Kampus Lain dengan Jurusan Serupa

Kampus Lain dengan Jurusan Serupa via channelpondasi

Kampus Lain dengan Jurusan Serupa via channelpondasi

Selain Universitas Indonesia, ada beberapa universitas negeri dan swasta yang juga memiliki program studi Teknik Sipil dengan akreditasi A. Universitas negeri di Jawa Barat hanya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain itu, inilah daftar beberapa universitas swasta yang memiliki program studi Teknik Sipil buat kamu yang tidak bisa jauh dari Jakarta:

  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Mercu Buana
  • Universitas Tarumanagara
  • Universitas Trisakti

 

Biaya Kuliah

Biaya Kuliah di Teknik Sipil UI? via sinarmas_land

Biaya Kuliah di Teknik Sipil UI? via sinarmas_land

Universitas Indonesia memiliki sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai sistem pembayaran yang berlaku. Sistem ini merupakan biaya paket pendidikan yang sudah ditetapkan dan tidak lagi membayar sesuai SKS yang diambil mahasiswa. Biaya kuliah S1 reguler disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya yang bersangkutan (BPO-B) di mulai dari Rp100.000,00 – Rp7.500.000,00 dan tidak perlu membayar uang pangkal. Sedangkan untuk program paralel, besaran BOP setiap semesternya adalah Rp7.500.000,00 dan uang pangkal sebesar Rp45.000.000,00.

Nah, apakah kamu siap bergabung dengan jurusan Teknik Sipil UI? Siap dong, ya.

 

Sumber:

http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-teknik-2/s1-teknik-sipil.html

http://ban-pt-universitas.blogspot.my/2015/05/universitas-jurusan-teknik-sipil-terbaik-di-indonesia-peringkat-a.html



[reaction_buttons]