Percaya gak percaya, fashion yang digunakan setiap orang bisa menggambarkan ciri khasnya. Anak UI juga gak beda jauh sama manusia pada umunya, dari pakaian yang dikenakan, kita bisa langsung mengira-ngira dia anak fakultas apa, IPK nya berapa, bahkan bisa tahu berapa jam waktu tidurnya semalam.

Hal yang simple seperti fashion itu juga bisa dipengaruhi berkat lingkungan sepertemanan dan fakultasnya. Nah, berikut kategori fashion style ala anak UI:

Kemeja Bercelana Semi Bahan

Kemeja Bercelana Semi Bahan via bem.fk.ui

Kemeja Bercelana Semi Bahan via bem.fk.ui

Mungkin pakaian ini terkesan cukup formal buat anak kuliahan, tapi lain halnya kalau untuk anak RIK (Rumpun Ilmu Kesehatan) dan FMIPA. Mereka akan berasumsi bahwa pakai kemeja dan celana semi bahan itu rapi dan wajar karena mereka terbiasa dengan lingkungan fakultasnya yang mewajibkan seluruh mahasiswa untuk pakai pakaian yang rapi.

advertisement

Kalau jalan-jalan ke fakultas mereka, kita akan lihat warna serupa, ya kebanyakan mahasiswanya selalu pakai gaya yang gak jauh dari itu. Buat perempuan berjilbab, kebanyakan dari mereka selalu pakai hijab ala paling sederhana atau pakai hijab yang benar-benar syar’i. Umumnya baju mereka rapi, gak kusut, dan warna baju didominasi warna pastel.

 

Kemeja Tambah Celana Jeans atau Denim

Kemeja Tambah Celana Jeans atau Denim via pujiekalestari

Kemeja Tambah Celana Jeans atau Denim via pujiekalestari

Gaya pakaian ini setingkat di bawah formal ala anak RIK. Meskipun pakai kemeja, bawahannya keren dan kelihatannya gaul, kok! Celana jeans sudah jadi style umum, tapi kalau anak UI yang pakai, celana jeans bisa berubah bentuk jadi pakaian yang lebih nyentrik atau lebih pada semi formal. Ada dua jenis style yang dimodifikasi anak UI.

advertisement

Pertama jeans ketat banget, atasannya kemeja yang gak jauh ketat, pakai sneaker atau flat shoes, dan tas selempang ukuran mini. Bisa diperkiran IPK mereka menembus angka 3 dan jam tidurnya sangat-sangat teratur. Kedua, kemeja yang cukup longgar bersama jeans yang lumayan ketat, dan bagpack ukuran standar. Kalau pakai jenis kedua, bisa jadi dia anak teknik atau Fasilkom dengan IPK di atas 3.

Jeans dan Kaos

Jeans dan Kaos via pujiekalestari

Jeans dan Kaos via pujiekalestari

Gaya berikut merupakan gaya yang paling umum digunakan. Kaos yang digunakan ke kampus standarnya kaos berkerah, tapi umumnya anak UI pakai kaos biasa tanpa kerah. Biasanya, sih kalau dosennya request pakai kaos yang sopan, mahasiswa inisiatif buat ngelapisin kaos dengan kemeja yang dijadikan sebagai pajangan.  Tapi, kalau dosennya gak peduli dengan kaos apa pun, mahasiswa senang seenaknya pakai kaos belel, dan kadang di belakang kaos ada nama-nama sponsor.

Biasanya style ini punyanya anak FIB atau FISIP yang notabennya punya dosen agak santai. Tapi, kalau pakai kaosnya kaos bermerek, berkerah, dan rapi, bisa jadi dia anak FEB, Psikologi, atau Hukum.

advertisement

 

Style ala-ala VS Vintage

Style ala-ala VS Vintage via fesbudui

Style ala-ala VS Vintage via fesbudui

Ada golongan tertentu yang pakai style ala-ala, ada ala-ala orang Jepang, Barat, dan Korea. Biasanya mereka pakai dress rapi dengan polesan bedak dan blush on, atau pakai stocking dengan rok mini ala cosplayer, percaya gak percaya yang kayak gitu ada, loh. Di samping itu, gaya vintage yang kuno juga banyak yang pakai. Anak UI suka memadukan kaos biasa dan rok mini, lalu pakai sepatu kebanggaan seperti merek Converse, Nike, dan Adidas, jadilah vintage style yang lebih simple dan kekinian. Keduanya sama saja, sama-sama dikategorikan sebagai style yang feminin.

Itulah beberapa style yang umum digunakan anak UI. Seru, kan bisa lihat beragam macam gaya dalam satu kampus. Kalau kamu biasa pakai yang seperti apa?

advertisement