Beranilah Tuk Jadi Seorang Pemimpi


0

Depok – Di sebuah ruang auditorium 4101 kampus FIB UI (6-5), telah berlangsung sebuah percakapan yang penuh dengan inspirasi dan mimpi. “Talkshow Dare to be a Dreamer” adalah satu dari beberapa rangkaian acara dan lomba yang ada di Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) FIB UI dari tanggal 6 Mei sampai 12 Mei 2010. Menjadi pembuka di acara keilmuan pertama dan terbesar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, talkshow yang dimulai pada pukul 14:00 WIB ini mendapat tanggapan positif dari para mahasiswa bermotivasi tinggi untuk meraih prestasi.

Dipandu oleh Nila Rahma selaku kepala Departemen Keilmuan dan Kajian Budaya BEM FIB UI, talkshow ini menyuguhkan sebuah percakapan santai antara Muchdlir Jauhary (Mahasiswa berprestasi Nasional 2009), Mansyur Ridho (Pemenang Pimnas 2008), M. Ilman Akbar (Admin anakui.com), dan Ibu Lily selaku manager penelitian FIB UI. Tak ada yang istimewa dari para pembicara ini, kecuali kontribusi dan dedikasi mereka bagi ilmu pengetahuan.

Dimulai dengan perbincangan bersama Ibu Lily, beliau menerangkan tentang keadaan iklim keilmuan di Universitas Indonesia, dan FIB pada khususnya. Sejauh ini menurut beliau, riset atau penelitian ilmiah itu masih dianggap oleh mahasiswa FIB sebagai sesuatu yang asing. “Susah dan seram” dua kata yang dilontarkan untuk merepresentasikan tanggapan mahasiswa. Dilanjutkan lagi oleh beliau bahwa sebenarnya untuk menulis ilmiah atau penelitian budaya di FIB itu tidak sulit. “Mulailah dari hal-hal kecil dan sederhana” ujar manager penelitian FIB UI ini. Beliau pun menyarankan agar penelitian itu dimulai dari hal sehari-hari yang unik dan original. Dari sana akan terbentuk keinginan dan kegemaran untuk menjadi peneliti muda.

Sama halnya dengan yang disampaikan oleh Muhammad Ilman Akbar tentang motivasi untuk menulis, Admin situs anakui.com yang juga mahasiswa berprestasi Fasilkom 2009 ini memberikan kiat-kiat untuk memotivasi keinginan menulis. “Mulailah dari menulis notes dan blog di internet. Itu adalah tempat paling mudah bagi kita untuk mulai menulis” ujar mahasiswa Fasilkom angkatan 2005 ini. Ilman melanjutkan dengan hasil riset kecilnya terhadap materi yang paling sering diakses di internet. Dari penjelasan Ilman, ternyata akses untuk ke situs edukasi itu menempati peringkat bawah para pengguna internet dunia. Oleh karena itu, Ilman mengajak para mahasiswa untuk menulis hal-hal bermanfaat dan membaginya di media internet public seperti blog atau situs komunitas.

Tak banyak berbeda dengan dua pembicara sebelumnya, Mansyur Ridho memberikant kiat dalam mengikuti kompetisi keilmuan seperti OIM dan Pimnas. Banyak pengalaman berharga yang dibagikan oleh mahasiswa Sosiologi FISIP angkatan 2006 ini. Di antaranya adalah bagaimana untuk membuat menulis itu sebagai sesuatu yang fun dan asik. “Menulis itu jangan dijadikan sebagai sesuatu yang sulit, ribet, atau memusingkan. Tapi jadikanlah menulis itu sebagai hal yang menjadi kegemaran atau hobi” saran alumni SMA 2 Jombang Jawa Timur ini.

Berbeda dengan pembicara sebelumnya, Muchdlir Jauhary memotivasi peserta talkshow dengan pengalamannya sebagai mapres nasional. “tadinya hanya sekedar ingin tahu saja, tapi setelah terpilih sebagai Mapres FE dan harus mewakili di tingkat UI, saya sadar bahwa ada amanah yang lebih besar daripada itu” komentar mahasiswa Akutansi FE angkatan 2006 terhadap awal mula ia maju ke kompitisi Mahasiswa Berprestasi. Ada pengalaman dan motivasi yang lebih ketika Johar memasuki tahap mapres nasional. Berikutnya, Johar turut memberikan presentasi singkat mengenai makna sukses. Menurut dia, seseorang yang sukses adalah dia yang memiliki target dan tujuan dalam hidupnya. Tanpa ada target pencapaian dalam hidup, mustahil ada keinginan untuk menjadi lebih baik.

Terakhir, talkshow ini ditutup dengan pertanyaan mengenai makna mimpi bagi para pembicara. Menurut Ibu Lily, setiap kita butuh mimpi. “tanpa ada mimpi, tak mungkin ada inovasi dan ilmu pengetahuan” ujar manager penelitian FIB UI yang juga mengajar di program studi Jerman ini. Lanjut beliau, ketika kita sudah bermimpi akan sesuatu, pasti akan ada tindakan baik oleh diri kita atau orang lain untuk mewujudkan mimpi tersebut. Tak jauh berbeda dengan Ilman Akbar, dia memiliki cita-cita besar untuk dapat mendirikan perusahaan bertaraf internasional, yang dengan itu mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang banyak.

Sedangkan Mansyur Ridho, dia mengutarakan bahwa menulis itu tidak pernah menjadi mimpinya sampai di SMA. Hal ini berubah ketika ada seorang guru yang meminta Mansyur untuk menulis dan mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Dengan usaha keras dan dukungan Ibu, Mansyur mampu terus mengembangkan dirinya dan menjadi seseorang yang menjadikan menulis adalah sesuatu yang menyenangkan. “Saya percaya akan proses”, ujar teman semasa SMA Muchdlir Jauhary ini. Sama dengan Johar, dia tak pernah ada mimpi untuk menjadi mapres sampai ia browsing di internet dan menemukan nama seseorang yang menjadi ketua English Debating Society UI (EDS) yang juga seorang mapres. Dari sana, ia punya tujuan untuk masuk Universitas Indonesia selain hanya kuliah. Ia ingin berkenalan dengan orang itu, dan mengikuti jejaknya menjadi mahasiswa berprestasi.

Acara hari ini berakhir dengan sebuah kalimat besar dalam benak tiap peserta talkshow “Dare to be a dreamer, Beranilah menjadi seorang pemimpi”. Ada kekaguman dan semangat yang tiba-tiba meluap untuk mengikuti jejak mereka menjadi lebih baik. Selanjutnya, acara OIM FIB UI ini akan diteruskan esok hari dengan rangkaian acara berupa lomba Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, OIM Kuis, presentasi Esei Pemikiran Kritis, dan apresiasi Kreasi Puisi. *DPM

Laporan Kegiatan OIM FIB UI 6 Mei 2010

Dimas Prasetyo Muharam

Staf Biro IT dan Media BEM FIB UI

Sumber: http://bem.fib.ui.ac.id/beranilah-tuk-jadi-seorang-pemimpi


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Dimas Prasetyo Muharam
masih kuliah di sastra Inggris UI sampai insya allah tahun 2011 nanti. Punya hobi menulis, blogging, web programming, dan main catur. Visit blog pribadi saya di http://www.dimasprasetyo.net serta kegiatan komunitas kami di alamat http://www.kartunet.com

0 Comments

Leave a Reply