Pernah ada dosen yang bilang bahwa selain teknologi itu memudahkan, juga bisa bikin males. Terutama dalam hal perkuliahan. Memang bener sih, kuliah saat ini tuh banyak banget kemudahannya. Coba aja bayangin, seberapa parah kuliah kamu kalau gak ada teknologi-teknologi seperti yang ada di bawah ini:

Komputer dan Laptop Kini Sudah Menjadi Kebutuhan

Bayangin hidup tanpa komputer atau laptop via

Bayangin hidup tanpa komputer atau laptop via Photo Credit: Marco Wessel via Compfight cc

Ini paling essential. By the time you read this, penulis sedang asik nonton film atau tv series atau malah main game di laptop. Iya sih, komputer ada banyak, tapi ya jelas banget kalau laptop itu essential-nya udah akut dewasa ini. Bayangin kalau gak ada komputer dan kamu masih harus ngetik pake mesin tik….bayangin bunyinya. Rusuh. Kalau salah ketik, sedihnya gak ketulungan. Masih inget kalau kamu udah ngantuk dan maksain ngerjain tugas dan ujungnya typo, sampe nama si dia ketulis dalam makalah yang lagi bahas kalkulus?

BACA JUGA: Sering Mangku Laptop Pas Ngerjain Tugas Bisa Bikin Impotensi Loh

Lebih essential lagi, kamu mobile. Itu benda bisa memudahkan kamu untuk kerja di mana pun, mau di kelas, di café, di café tradisional (warkop maksudnya), dan lain sebagainya. Sayangnya ya ini juga bisa bikin males, seperti sabda dosen tadi. Kamu lagi di café, kopi di tangan, sofanya nyaman. Boong kalau gak tergoda ngebuka file atau aplikasi apa pun selain word dan temen-temennya di office.

 

Saat Ini Sudah Ada Mbah Google

Gimana jadinya hidup kamu tanpa di Mbah Google

Gimana jadinya hidup kamu tanpa adanya Mbah Google

Bayangin susahnya kalau gak ada si mbah yang satu ini! Ya coba bayangin kalau kamu kuliah di tahun 70-an atau 80-an yang waktu itu Google belum ada. Kamu harus melakukan semuanya secara manual. Dateng ke perpustakaan, cari buku. Sekarang? Ketik aja keyword-nya. Kamu mau file apa? PDF? EPUB? Atau mau ngutip satu kalimat aja? Mau tau penelitian orang lain yang sejenis. Google it. Tuh, dia udah jadi verba sekarang.

advertisement

Namun, doi juga bikin males. Kamu gak lagi terfokus untuk mencari suatu hal. Kalau dulu gak ada Google, orang-orang harus ke perpustakaan dan ketika mereka udah nyampe, mereka gak mau buang waktu dan nyari sampe dapet, karena kalo gak ketemu, rumit semua perkara.

 

BACA JUGA: 7 Aplikasi Ponsel Pintar yang Maba Harus Punya!

Lah sekarang? Googling udah bisa dari hp. Kamu lagi di toilet pun bisa. Buku apa juga banyak yang ada di web, kamu bajak seenak jidat juga gak ada yang peduli-peduli banget. Eh, udah segampang itu kamu malah googling namanya si dia, atau googling artis idola kamu, atau buka google chrome dan liat ui.cantik…yah kalo ui.cantik agak gak bisa disalahin sih.

 

Ga Perlu Nyalin Satu-satu Lagi dengan Mesin Fotokopi 

Males nyatet, solusinya ya mesin ini via hukumonline

Males nyatet, solusinya ya mesin ini via hukumonline

Ini sangat memberi kemudahan buat kamu yang suka cari referensi dan lain sebagainya. Mau punya buku tapi yang lebih murah atau mau punya buku yang udah gak dicetak lagi. Dulu, waktu mesin fotokopi baru muncul, disembah macam dewa; gak perlu lagi ke perpustakaan pinjem buku dan ngantri gara-gara satu orang boleh pinjem sampe dua minggu, dan harus pinjem berkali-kali karena emang baca sekali gak mempan. Ada mesin fotokopi, dikopilah itu buku. Selesai perkara.

advertisement

Sebelumnya, sempet dibahas yang namanya membajak. Salah satu oknumnya adalah mesin fotokopi. Iya sih, ini sangat memudahkan, say kamu bikin makalah dan kamu butuh ngasih ke dosen dan satu di-keep. Print dua kali mahal dong, jadi dikopiin aja.

BACA JUGA: UI Mendidik Untuk Membajak? (Hanya Pemikiran Seorang Mahasiswa)

Lain cerita ketika kamu ngopi itu buku catetan temen. Menjelang UAS, kamu kopi catetan dia satu semester, berharap kamu bisa melahap segala materi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Iya sih, yang punya catetan mungkin gak mempermasalahkan catetannya dibajak, toh dia udah ngerti semua materi. Lah, kamu? Selesai fotokopi, liat catetan setebel itu langsung nyerah, gak mood baca. Di awal semester, kamu udah males nyatet dan berpikiran, ah nanti fotokopi catetan si A aja. Tuh kan, males.

BACA JUGA: Ada 5 Tipe Males Mahasiswa. Nah, Kamu yang Mana?

Beberapa orang juga pakai kamera buat ‘ngopi’ catetan. Ketika dibuka di hp itu foto catetan, slide-slide scroll-scroll, akhirnya malah tamasya liat-liat koleksi foto-foto pribadi. Dasar narsis. Jadi males dan gak belajar deh.

—

Nah, liat kan betapa mudahnya kuliah sekarang ini? Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line supaya temen kamu pada rajin belajar (tampaknya gak bakal ngaruh), atau mungkin mereka tahu teknologi apa lagi yang memudahkan kehidupan perkuliahan mereka dan mau berbagi.

 



[reaction_buttons]