Bisa Gak Sih Lanjut S-2 Psikologi UI Tapi Bukan Lulusan Sarjana Psikologi?

Buat kamu-kamu yang S1 nya bukan dari latar belakang jurusan Psikologi tapi tertarik untuk lanjut S2 Psikologi mungkin bertanya dalam hati: bisa nggak sih aku lanjut S-2 Psikologi UI? Jawabannya ada di artikel ini. Yuk simak.


0

Gimana sih rasanya kuliah di psikologi UI? Apakah S2 Psikologi UI hanya terbuka untuk mahasiswa yang sebelumnya telah menempuh pendidikan S1 di Fakultas Psikologi juga? Apa saja sih yang dipelajari? Kira – kira berapa lama sih waktu belajarnya dalam sehari? dan masih banyak pertanyaan lainnya yang mungkin kamu semua ingin tahu tentang program pasca sarjana Fakultas Psikologi UI. Untuk lebih dalam lagi, yuk simak penjelasan di bawah!

Di Fakultas Psikologi UI, seorang mahasiswa dengan gelar sarjana non – psikologi tetap bisa belajar di program pasca sarjana psikologi lewat Program Magister dan Program Psikologi Terapan. Untuk artikel ini. kita mulai dari Program Magister dulu ya,

Program Magister atau Program Magister Sains Psikologi UI

Kamu tertarik bergabung dengan program ini? Program ini terbuka untuk lulusan S1 Psikologi maupun S2 Non – psikologi. Ketika lulus, kamu akan memperoleh gelar M.Si. Fokus dari program ini adalah untuk melakukan penelitian. Karena program ini terbuka untuk mahasiswa S1 dari segala jurusan, di program ini, kamu tidak bisa memperoleh gelar psikolog.

Oh ya, balik lagi nih… Kalau kamu juga tidak menempuh pendidikan sarjana psikologi, kamu hanya boleh mengikuti SIMAK UI gelombang ke – 3. Hal ini disebabkan karena SIMAK UI gelombang 1 dan 2 diperuntukkan untuk mahasiswa yang sebelumnya telah memperoleh gelar sarjana psikologi.

Untuk waktu kuliah, sama seperti perkuliahan pada umumnya, yaitu dimulai dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 16.00 sore. Berlangsung selama 4 semester untuk mahasiswa S1 Psikologi dan 5 semester untuk mahasiswa yang S1-nya non-psikologi (harus mengikuti mata kuliah matrikulasi).

Peminatannya ada apa aja sih?

Banyak banget, yaitu:

  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Perkembangan
  • Psikologi Kepribadian

Oh ya, untuk mata kuliahnya itu terdiri dari:

1. Semester satu:

mata kuliah umum dan mata kuliah wajib sesuai dengan peminatan,

2. Semester dua:

mata kuliah umum, mata kuliah wajib, proposal penelitian,

3. Semester tiga:

mata kuliah wajib dan persiapan tesis

4. Semester empat:

pembuatan tesis dan publikasi jurnal.

BACA JUGA: Magister Hukum Kenegaraan UI (Akhirnya Saya Kuliah Lagi)

Budaya akademis

Belajar S2 sains psikologi emang campur aduk. Mulai dari seru, susah, seneng, tugasnya banyak, dan bikin pola pikir kita menjadi lebih kritis lagi. Review jurnal sudah menjadi makanan sehari – hari, makanya gak heran kalau anak – anak magister sains punya stereotype serius – serius!

Sebagai mahasiswa non – psikologi, tentunya kamu akan merasa cukup kaget di awal perkuliahan. Materi mata kuliah matrikulasi akan cukup menyita perhatianmu. Terlebih lagi adanya peraturan bahwa IP yang harus dicapai tiap semesternya adalah minimal 3.00 yang cukup menantang. Tapi tenang aja, asalkan kamu punya keinginan belajar yang kuat dan tetap dibawa santai, penulis yakin kamu bisa mengikuti budaya akademis di sini.

Oh ya, untuk jumlah mahasiswa yang berada di satu kelas pun bisa terhitung sedikit, kurang dari 10 bahkan 5 orang. Jadi jangan aneh kalau nanti ketika kamu belajar rasanya intens banget!

Nah gimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba? Jika ada pertanyaan, kamu bisa meninggalkan komentar di bawah artikel ini. Semangat!

BACA JUGA: Mau S2 di UI Tanpa Ujian SIMAK? Begini Jalan Tikusnya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Cindy Rachma Muffidah
Cindy is a psychology student who is also a passionate writer and book reader. More of Cindy's Articles.

0 Comments

Leave a Reply