Bosan Kuliah Daring? Yuk Coba 5 Rekomendasi Olahraga Berikut

Meski jadwal perkuliahanmu sangat padat, jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga dapat menjadi pilihan untuk mengistirahatkan pikiranmu dari tumpukan tugas dan materi dosen yang melelahkan. Yuk, coba 5 rekomendasi olahraga berikut yang dapat kamu lakukan di rumah tanpa bantuan alat.


0

Meski jadwal perkuliahanmu sangat padat, jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga dapat menjadi pilihan untuk mengistirahatkan pikiranmu dari tumpukan tugas dan materi dosen yang melelahkan. Yuk, coba 5 rekomendasi olahraga berikut yang dapat kamu lakukan di rumah tanpa bantuan alat.

1. Zumba

Zumba merupakan pilihan yang tepat untuk mengistirahatkan pikiran sekaligus berolahraga. Selain mampu membangkitkan suasana hati, Zumba juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Di sela istirahat kuliah, kamu bisa memasang lagu favorit dengan tempo up beat dan lakukan gerakan Zumba sepuasnya. Kalo bingung, kamu bisa memutar video Zumba dan ikuti setiap gerakan yang terlihat di layar. Lakukan aktivitas ini selama 30 menit setiap hari agar kamu makin semangat dalam menjalani perkuliahan.

2. Plank

Sumber: 30dayfitnesschallenges.com

Olahraga yang satu ini kian digemari, terutama bagi para wanita. Gerakannya yang praktis dan efektif dipercaya dapat membuat perut tetap ramping. Selain itu, plank juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa melakukannya saat bangun tidur, saat istirahat kelas, atau sebelum tidur.

Cara melakukannya juga mudah sekali. Kamu tinggal memposisikan perut menghadap ke lantai dan kaki lurus seperti melakukan posisi push up. Setelah itu, posisikan siku dan teelapak tangan di lantai membentuk sudut 90 derajat. Perlu diingat bahwa posisi kepala harus sejajar dengan punggung dengan menjadikan jari kaki sebagai tumpuan. Pertahankan posisi ini selama 30 detik hingga 1 menit dan ulangi kembali sebanyak 3 set.

Gerakan ini dapat membantu menguatkan seluruh otot meskipun gak perlu bergerak banyak. Sebab, selama melakukan gerakan ini kamu harus menahan beban tubuh sehingga cukup menguras tenaga. Selain itu, gerakan ini juga membantu mengurangi sakit punggung dan merenggangkan otot kaki, sehingga efektif untuk menambah tinggi badan.

3. Push Up

Sumber: Pixabay.com

Push up merupakan salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Gerakannya yang sederhana sangat bagus untuk memperkuat daya tahan tubuh, membangun stamina, membakar kalori, dan melatih kekuatan tangan, area kaki, bokong, dan perut agar lebih kuat.

Cara melakukannya pun mudah. Dalam posisi tengkurap, buka tangan selebar bahu dan letakkan jari kaki di lantai sebagai tumpuan. Setelah itu, lakukan Gerakan naik turun seperti mendorong lantai dengan menggunakan kedua tangan. Pastikan posisi punggung tetap lurus. Lakukan Gerakan ini sebanyak 10 hingga 20 kali setiap harinya.

BACA JUGA: 6 Makanan Yang Selalu Jadi Danusan, Mana Yang Paling Sering Bikin Kamu Nombok?

4. Yoga

Menjalani perkuliahan secara daring tentunya melelahkan secara mental ya, AnakUI! Tugas yang menumpuk dan minimnya interaksi dengan teman membuat perkuliahan terasa semakin berat. Makanya, kamu harus memastikan bahwa tubuh dan jiwamu tetap sehat selama menjalani perkuliahan daring. Sebab, kalo udah sakit, kamu akan kesulitan dalam beraktivitas.

Supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga, yuk cobain olahraga yoga selama di rumah. Yoga membantu relaksasi tubuh sekaligus membentuk tubuh menjadi lebih indah. Tak perlu gerakan yang rumit. Kamu bisa melakukan gerakan sederhana, seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose untuk meminimalisir cedera.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teknik pernapasan (pranayama). Caranya dengan menarik napas sedalam dan selama mungkin, lalu hembuskan kembali. Cara ini dipercaya dapat menghentikan pikiran yang merusakan dan mengembalikan pikiranmu agar lebih positif.

5. Straight Leg Donkey Kick

Sumber: unsplash.com

Sesuai namanya, gerakan ini emang memerlukan tendangan yang stabil dan seimbang. Untuk mempraktekkan gerakannya, kamu harus memposisikan kedua telapak tangan dan kedua lutut di lantai. Pastikan tanganmu berada di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Nah, selanjutnya buatlah gerakan seperi menendang ke belakang kaki dan selesaikan dengan menyentuh lutut ke lantai. Lakukan gerakan yang sama pada kaki berikutnya.

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply