Halo pembaca setia anakUI.com! Apa kabar? Semoga kalian sampai detik ini sehat selalu, ya. Oh iya, pastinya banyak nih di antara kalian yang masih harus belajar atau bekerja di rumah. Bosen, ya? Sama, penulis juga. Udah kangen banget sama suasana kampus dan ke-hectic-an dinamikan perkuliahan offline. Tapi gimana dong? Masa kita mau maksain diri? Iya gak?

Nah, buat kalian nih yang masih melakukan aktivitas belajar dan bekerja secara remote, udah pada nyoba pake aplikasi apa aja? Terus, menurut kalian, hambatan apa yang paling sering muncul? Kalau dari penulis sih, salah satu hambatan yang paling menonjol dalam bekerja dan belajar secara online ini adalahnya kurangnya interaksi antara host atau pemberi materi, dengan peserta. Sebagai contoh nih guys, pasti sering banget kan ada sesi tanya jawab. Biasanya, sesi tanya jawab ini dilakukan untuk memperoleh feedback atau opini dari peserta mengenai topik yang dibahas. Permasalahan yang sering banget muncul tuh pasti gak ada yang jawab. Hening. Pokoknya suasanya awkward banget. Apalagi kalau lagi pada on camera. Kasian deh

Sebenernya, banyak alasan kenapa peserta malas menjawab. Terutama saat rapat atau pembelajaran disampaikan lewat online. Bisa jadi karena mereka tidak memerhatikan materi yang disampaikan sebelumnya. Adanya batasan-batasan untuk berlaku aktif dari aplikasi yang digunakan, misalnya kamera dan speaker yang tidak berfungsi dengan baik. Dan masihhhh banyak lagi.. Oleh karena itu, kali ini anakUI.com akan menghadirkan artikel mengenai aplikasi online menarik (yang gak itu-itu aja) yang bisa kamu gunakan selama masa PJJ dan WFH ini. Mau tahu apa aja? Yuk disimak!

advertisement

1. Zoom

Sumber: Zoom

Pastinya banyak dari kalian yang mikir “lah, apa istimewanya? Semua juga pada tahu kali dan make zoom” Eitts.. Tunggu dulu. Mungkin selama ini kamu udah menggunakan zoom untuk meeting dan presentasi. Tapi kamu tahu gak, ada fitur-fitur lain yang bisa kamu gunakan untuk menambah keefektifan dari diskusi peserta? beberapa fitur yang banyak orang tidak tahu diantaranya:

a. annotation

advertisement

dengan fitur ini, kamu bisa menulis, mengetik, menggambar di screen yang sedang dishare oleh orang lain. Umpamanya google docs, kamu dan teman-temanmu bisa menuliskan hasil diskusimu dan apa yang kalian tulis di screen tersebut dapat dilihat oleh semua peserta. Keren kan? Fitur ini bisa kamu gunakan dengan cara meng-klik opsi view option yang ada di bagian atas.

b. breakout meetings

Kamu ingin membagi kelompok menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melakukan diskusi terpisah? Bisa banget. Caranya adalah dengan memilih opsi Account Management kemudian Account Settings. Di opsi ini, kamu akan menemukan pilihan Breakout Rooms yang bisa kamu pilih. Tinggal tentukan deh siapa aja anggotanya! Gampang kan?

advertisement

2. Mentimeter

Ingin melakukan presentasi sambil survey dan langsung tahu hasilnya apa aja? Bisa banget pake Mentimeter. Wah, apaan tuh? Jadi guys, mentimeter ini adalah suatu aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk melakukan presentasi dan di waktu yang bersamaan, sambil melakukan survey. Sebagai contoh, kamu sedang melakukan presentasi mengenai topik A. Kamu ingin mengetahui pendapat peserta atau mungkin hal-hal yang peserta ingin ketahui lebih dalam dari topik tersebut. Kamu tinggal membuka sesi tanya jawab dan nanti, peserta tinggal memasukan kode yang sudah disediakan oleh pihak mentimeter untuk menjawab atau mengirimkan pertanyaan. Jawaban atau pertanyaan tersebut dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari wordcloud, diagram, dan masih banyak lagi. Tertarik mencoba?

advertisement

3. Google Jamboard

Kerja dan belajar pnline jadi super terbatas karena gak ada papan tulis untuk nyoret-nyoret dan nempelin sticky notes? Mau coba make Microsoft Surface Hub, tapi gak mampu?? Tenang aja, kalian masih bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan Google Jamboard. Memiliki konsep yang sama dengan zoom annotations, kamu bisa bekerja secara kolaboratif dengan peserta lainnya. Yang membedakan dengan annotation dari zoom adalah, Google Jamboard bisa menyimpan slides yang tadi didiskusikan dan dibagikan ke peserta lainnya.

4. Sevima Edlink

Paket serba komplet mulai dari absen, video conference, penyusunan jadwal yang teratur dan notifikasi yang siap mengingatkan sesuai jadwal, evaluasi belajar dan meeting yang lebih interaktif, efektif, dan menyenangkan, fitur sharing materi, diskusi, dan kuis secara online, pengumpulan tugas dan rekap kegiatan untuk penilaian dapat dilakukan dalam satu aplikasi dan satu gadget? Bisa kamu temukan dalam Sevima Edlink. Lebih ringkas dan praktis, kan?

5. Kahoot

Capek meeting dan kuliah online terus pengen seru-seruan? Bisa banget! Kahoot adalah suatu aplikasi pembelajaran online berupa game interaktif yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna. Tampilan game dari Kahoot sendiri berupa pilihan ganda, yang nanti bisa dipilih oleh masing-masing peserta game.

Cara bermainnya sederhana, semua peserta terhubung menggunakan PIN permainan yang disediakan, dan menggunakan perangkat untuk menjawab pertanyaan yang dibuat oleh guru, pemimpin bisnis, atau orang lain. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat diubah menjadi poin penghargaan. Pembuat dapat memilih, apakah pemain bisa mendapatkan 0 poin, hingga 1000 atau 2000. Poin yang didapat peserta dihitung hingga berapa banyak yang bisa didapat peserta dan berapa lama yang dibutuhkan peserta untuk menjawab. Semakin cepat peserta menjawab, semakin banyak poin yang mereka dapatkan jika peserta menjawab dengan benar. Poin kemudian muncul di papan peringkat setelah menyelesaikan setiap pertanyaan.  Bisa asik-asikan sembari mereview materi meeting atau kuliah beberapa menit yang lalu? Kenapa enggak!

Sekian lima aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa jenuh setelah menjalankan kegiatan di rumah dalam waktu terakhir. Jika kamu punya saran dan rekomendasi dari aplikasi-aplikasi lainnya, bisa banget tulis komentar di bawah! Selamat mencoba!