BREAKING NEWS – UI Sepakat Tetap Kuliah Online Pada Semester Ganjil Besok!

Berdasarkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, UI sepakat pada semester ganjil besok kuliah tetap online!


0

Hadapi Semester Ganjil, UI Tetap Kuliah Online. Berdasarkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19 yang dikeluarkan atas dasar keputusan bersama empat kementerian RI, diputuskan bahwa metode pembelajaran pendidikan tinggi tahun ajaran 2020/2021 dilakukan secara daring. Sejalan dengan hal tersebut, Universitas Indonesia pun akan menerapkan kegiatan belajar mengajar secara daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Meskipun Surat Keputusan (SK) terkait keputusan tersebut belum dikeluarkan, penerapan PJJ pada semester mendatang telah dikonfirmasi oleh Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FEB UI Teguh Dartanto, seperti dilansir dari Badan Otonom Economica FEB UI.

Sumber: emas.ui.ac.id

Walau begitu, UI juga mempertimbangkan beberapa opsi dan akan terus mengamati perkembangan kondisi pandemi. Bila memungkinkan, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan metode blended learning akan diterapkan. Berikut rangkuman yang telah AnakUI buat, dilansir dari laman Badan Otonom Economica FEB UI!

1. Penerapan Metode Reported Learning

Sumber: 9to5Google

Saat ini Universitas Indonesia sedang melakukan penyusunan materi dan penyesuaian terhadap metode kegiatan belajar mengajar. Pada semester mendatang, pembelajaran akan dilaksanakan secara synchronized (melalui Google Meets atau Microsoft Teams) dan unsynchronized (Reported Learning). Melalui metode Reported Learning, dosen akan menjelaskan materi melalui rekaman dan membagikannya kepada mahasiswa. Mahasiswa akan diberikan waktu untuk bertanya. Hal ini bertujuan untuk menjangkau mahasiswa yang berdomisili di daerah agar lebih fleksibel dalam mengakses video. Selain itu, metode ini diharapkan mampu meringankan beban mahasiswa sehingga tidak perlu mengeluarkan kuota besar.

2. Pelonggaran Absensi

Sumber: kompasmadura.com

Tak hanya perubahan dalam metode pengajaran, nantinya akan ada pelonggaran absensi pada metode pembelajaran jarak jauh ini. Normalnya, absensi mahasiswa hanya dibatasi sebanyak tiga kali saja. Jika lebih dari tiga kali, mahasiswa dilarang mengikuti ujian. Namun, pada metode ini, Mahasiswa diperkenankan untuk absen lebih dari tiga kali dengan catatan harus menyertakan laporan dan bukti yang jelas.

3. Waktu Tambahan Saat Ujian

Sumber: pharexmedics.com

Saat ujian berlangsung, mahasiswa diberikan tambahan waktu maksimal 30 menit untuk mengirimkan jawaban. Apabila terdapat hambatan pada pelaksanaan ujian  (seperti akses internet terbatas), dosen akan memberikan ujian susulan asal ada bukti yang jelas. Mahasiswa diharapkan untuk melaporkan segala hambatan yang dialami selama KBM dan ujian berlangsung kepada kepala program studi (kaprodi), para wakil dekan, biro pendidikan, atau helpdesk UI.

4. Perubahan Soal Ujian

Sumber: tefl-planet.com

Terdapat perubahan pada soal ujian. Pada sistem Open book, bentuk soal yang keluar berupa model analitikal dan kontekstual sehingga mahasiswa dituntut untuk berpikir kritis dan analitis.

5. Penambahan Semester bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Sumber: kompas.com

Bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir, pihak kampus akan memberikan kelonggaran dengan penambahan satu semester. Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa pascasarjana.

6. Kebijakan Khusus bagi Mahasiswa KKI

Sumber: Dok. Humas Fasilkom UI

Terdapat kebijakan spesial bagi mahasiswa kelas khusus internasional (KKI). UI tidak memperbolehkan mahasiswa KKI untuk exchange. Sebagai gantinya, mahasiswa KKI didorong untuk mengikuti online course di universitas luar, sehingga dapat merasakan sistem kurikulum luar negeri. Bila ada universitas luar negeri membuka kuliah luring, UI akan mendiskusikan dan mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut (dengan catatan pemerinta Indonesia telah mengizinkan pelajar untuk melakukan exchange di negara tersebut). Jika mahasiswa kukuh untuk melakukan exchange, Universitas Indonesia menyediakan dua opsi yakni mengambil cuti atau pindah ke program single degree.

7. Acara Kepanitiaan Masih Dipertimbangkan 

Sumber: Draco a.k.a Destri

Untuk kegiatan di luar akademis yang bersifat occasional dan menimbulkan kerumunan besar, saat ini belum ada keputusan dari pihak kampus. Sebab, kebijakan ini dipengaruhi oleh pemerintah dua wilayah (Depok dan Jakarta) sehingga perlu pertimbangan lebih jauh.

Referensi Lebih Lanjut: https://www.economica.id/2020/06/21/ui-sepakat-menerapkan-pjj-pada-semester-ganjil-2020/amp/?__twitter_impression=true

Referensi Gambar Header: Pexels


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply