Bukan Lulusan S1 Psikologi dan Mau Lanjut S-2 Psikologi Terapan? Yuk Simak

S2 Psikologi Terapan fokus dalam memberikan solusi yang tepat terhadap suatu masalah yang dihadapi oleh 3 jenis bidang peminatan yang dapat ditekuni, yaitu Psikologi SDM, Psikologi Intervensi Sosial, dan juga Psikologi Anak Usia Dini.


0

Bisa Gak Sih Lanjut S-2 Psikologi UI Tapi Bukan Lulusan Sarjana Psikologi? (Part – 2). Halo sobat setia pembaca anakUI.com! Kembali lagi dengan artikel-artikel informatif tiap harinya untuk kamu yang kangen atau ingin tahu lebih dalam lagi tentang Universitas Indonesia.

Sebagai salah satu mahasiswa UI, tepatnya Fakultas Psikologi, gue sering banget tuh dapet pertanyaan dari orang orang non-UI maupun non-psikologi UI. Bisa gak sih gue lanjut di Fakultas Psikologi UI kalau misalnya gue bukan anak psiko pas S-1nya? Atau mungkin, apa aja sih persyaratan untuk lanjut pendidikan magister psikologi, dan gimana sih budaya atau iklim akademis yang ada di program magister psikologi UI?

Oke gue jawab satu persatu dulu…

Untuk kalian yang S1-nya bukan dari psikologi, kalian bisa cek dulu artikel terkait berikut ini. Nah kalau udah, kalian bisa lanjut baca tentang Magister Psikologi Terapan 

Apa yang membedakan magister psikologi sains, terapan, dan profesi?

Yang paling berbeda tentunya, di program magister sains dan terapan, kamu yang tidak memiliki latar belakang psikologi bisa ikut mendaftar program ini dengan mengikuti mata kuliah matrikulasi di awal dan masuk lewat seleksi SIMAK gelombang 3. Namun untuk psikologi profesi, mahasiswa yang mendaftar diharuskan untuk memiliki latar belakang psikologi.

Magister Psikologi Terapan memiliki fokus dalam memberikan solusi yang tepat terhadap suatu masalah yang dihadapi oleh bidang yang dipilih. Terdapat 3 jenis bidang peminatan yang dapat ditekuni, yaitu Psikologi SDM, Psikologi Intervensi Sosial, dan juga Psikologi Anak Usia Dini. Lulusan dari program ini tidak memiliki izin praktik, melainkan lebih berperan sebagai seorang ‘konsultan’. Lama studinya adalah 2 tahun atau 4 semester, dengan IPK yang diperoleh minimal 3.00 dalam skala 4.00.

Bidang Peminatan Magister Psikologi Terapan UI

Sumber: Sapto Nugraha

Psikologi Sumber Daya Manusia (SDM)

Pada bidang ini, mahasiswa akan berfokus bagaimana dinamika SDM di tempat kerja. Umumnya, intervensi yang dilakukan berkaitan dengan permasalahan yang ditemukan di perusahaan. Jadi, gak heran kalau prospek kerja lulusannya berada di HRD, pengembangan organisasi, lembaga konsultan, dll

Psikologi Anak Usia Dini (AUD)

Pada bidang ini, mahasiswa akan berfokus untuk mengatasi masalah yang dialami oleh anak usia dini. Intervensi yang dilakukan biasanya dilakukan pada pihak sekolah, siswa, guru, bahkan orangtya. Jadi, tentu saja prospek kerja lulusannya bergerak dalam pengembangan anak usia dini, misalnya dengan membuka PAUD maupun penitipan anak.

Psikologi Intervensi Sosial (Insos)

Seperti namanya, pada bidang ini, mahasiswa berfokus untuk mengatasi masalah yang ada suatu komunitas. Biasanya intervensi dilakukan kepada masyarakat. Prospek kerja dari lulusannya biasanya di LSM dan juga lembaga sosial.

Oh ya, karena biasanya mahasiswa yang berada dalam program ini adalah mereka yang sedang bekerja, waktu kuliahnya agak sedikit berbeda dari program lainnya. Pada hari senin-kamis, perkuliahan dimulai pada pukul 4 sore, sementara untuk hari jumat, perkuliahan di mulai pada pukul 2 siang.

BACA JUGA: Public Figure Yang Merupakan Lulusan Fakultas Psikologi, Siapa Aja Sih?

Iklim Akademis

Sumber: Yoga Andika Satria

Menurut mahasiswa yang menuntut studi di program ini, kebanyakan sih katanya cukup challenging. Challenging di sini gak berarti negatif  loh ya. Karena mahasiswa yang ada rata-rata sudah pada bekerja, pastinya pengetahuan yang mereka miliki gak cuma yang ada di text-book. Makanya, kita jadi terpacu untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan biar gak kalah start. Tentu, time management adalah satu skill yang paling dibutuhkan. Pastinya gak mudah untuk nyeimbangin tugas kuliah dan pekerjaan kantor yang ada. Selain itu, waktu kuliah yang berlangsung dari sore hingga malam menuntut mahasiswanya untuk tetap fokus dan konsentrasi meski tubuh sudah lelah.

Gimana setelah membaca artikel di atas? Jadi pengen bergabung dengan keluarga besar FPsikologi UI?

BACA JUGA: Mengenal Tes Psikologi Yang Sering Digunakan Untuk Seleksi


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Cindy Rachma Muffidah
Cindy is a psychology student who is also a passionate writer and book reader. More of Cindy's Articles.