Buku untuk Anak Bangsa: Buku Bahasa Inggris dari Kita untuk Pelosok Indonesia


0

Dear anak-anak UI yang baik,

perkenankan kami memperkenalkan acara kami; Buku untuk Anak Bangsa 2010. Taraa.

Apa sih Buku untuk Anak Bangsa?

Buku untuk Anak Bangsa, atau yang biasa disingkat BuAB (baca: bwap), awalnya merupakan salah satu pemikiran dari pelajar dan masyarakat Indonesia di Brisbane, Australia dalam mengumpulkan buku berbahasa Inggris untuk kemudian disumbangkan secara gratis ke sekolah-sekolah, perpustakaan, dan taman bacaan di Indonesia.

Tahun 2007, BuAB mengirim hampir 1 ton buku yang didistribusikan ke daerah terpelosok di Indonesia termasuk Garut, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, tak terkecuali Jakarta. Di tahun berikutnya, BuAB mengumpulkan 11.159 buku yang beratnya lebih dari 2 ton yang dikirim ke 40 tempat di 13 provinsi.

Ooh gitu, dasar pemikirannya apa ya?

Kami berpikir bahwa masih banyak sekolah di Indonesia yang kekurangan literatur bahasa Inggris karena kurangnya akses atau kemampuan sekolah, perpustakaan, taman baca, organisasi dan institusi pendidikan untuk membeli buku bahasa Inggris, terutama di daerah pelosok. Kami juga berkeyakinan bahwa membeli buku berbahasa Inggris di sini jauh lebih murah dibanding membeli di Indonesia. On the top of that; kami yakin bahasa Inggris sangat penting untuk diperkenalkan, dipelajari, dan digunakan di kehidupan sehari-hari.

Gimana sih kerja panitianya?

Pertama kami mengumpulkan buku. Yang kami lakukan adalah membeli buku dengan harga murah, rata-rata 50c per buku. Kami juga melakukan kerjasama dengan perpustakaan, sekolah, dan masyarakat sekitar kalo-kalo mereka mau nyumbang buku ke kami.

Kedua kami menyortir buku. Sortir ini bertujuan untuk pembedaan tingkat kesulitan buku mengingat latar belakang pendidikan dari penerima buku yang berbeda-beda.

Ketiga kami mengepak buku. Kami mengepak buku ke dalam kardus-kardus kecil. Di proses ini kami juga melakukan penimbangan. Keempat kami kirim ke Indonesia di satu titik baru distribusikan ke daerah-daerah. Mengingat hal ini lebih murah ketimbang langsung didistribusikan dari Australia. Selama proses itu, kami juga melakukan penilaian kelayakan buat para calon penerima buku.

Kami juga meminta bantuan dana, dari institusi pendidikan, organisasi Indonesia-Australia, beberapa perusahaan, KJRI, dan masyarakat. Tak terkecuali pelajar.

Loh, kan di Australia, terus kita gimana bantunya?

Kawan, proses yang di Australia itu hanya sebagian dari program besar kami. Sebagian lainnya berlokasi di Indonesia mengingat kami menaruh semua buku dari Australia di pool kami di Bekasi, baru nantinya didistribusikan ke daerah-daerah.

Kami juga memerlukan calon penerima baru karna kami pikir masih banyak daerah terpelosok lain yang belum terjangkau. Kami juga butuh tenaga untuk mengatur buku yang sudah sampai ke Bekasi, mengingat jumlahnya yang sangat banyak. Juga, kami membutuhkan rupiah untuk proses distribusi buku ke daerah-daerah.

Terus??

Kami dengan amat rendah hati meminta bantuan teman-teman sekalian dengan sangat untuk mempublikasikan program kami ke sekolah-sekolah, perpustakaan, taman baca, organisasi dan institusi pendidikan yang dikira kurang mampu, yang sangat jauh dari akses buku bahasa Inggris, yang benar-benar memerlukannya.

Cara daftarnya gampang! Tinggal kirim 1 paragraf tentang keadaan sekolah ditambah 1 paragraf lagi mengapa kalian pikir kalian layak untuk mendapatkan buku-buku itu bersama kontak kalian ke email kami di buab@ppi-australia.org dengan subject: Apply. Bisa juga dilihat di sini. Bagi yang mau bantu kami di pendistribuasian buku akhir tahun atau barangkali ada yang mau nyumbang rupiah, bisa dilihat di halaman ini.

Bagi siapapun yang tertarik untuk ngasih pertanyaan, saran, pesan, kesan, kritik, komentar, bantuan, atau apapun bisa kirimkan juga lewat email kami buab@ppi-australia.org. Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di www.BuAB.org atau follow twitter kami @_BuAB atau jadi fans di Facebook Page kami BuAB.

Sekian dan terimakasih,

salam anak bangsa!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
zahra43

Can be classified to undetermined. Evolving. But for sure I love sports and charity.

One Comment

Leave a Reply