#CalonMabaUIBertanya: Pilih Apa, Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, atau Sastra Arab?


0

Assalamualaikum, min. Saya adalah siswa lulusan 2014. Tahun ini saya akan mencoba bertarung kembali untuk mendapatkan jurusan yang saya inginkan di Universitas Indonesia, yaitu Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Sastra Arab, dari ketiga jurusan tersebut saya sangat menarik di ketiganya.

Saya ingin saran dalam menempatkan prioritas jurusan yang saya pilih, berdasarkan jurusan tersebut, manakah baiknya yang saya tempatkan pada pilihan 1, 2 dan 3? Terima kasih sebelumnya. Pendapatmu sangat ditunggu. Wassalamualaikum wr wb.

 

#CalonMabaUIBertanya adalah channel khusus calon mahasiswa baru (maba) UI untuk bertanya kepada kakak kelasnya di UI seputar UI.

Buat calon mahasiswa UI, kirimkan pertanyaan kalian lewat email ke admin at anakui dot com (kami akan seleksi pertanyaan sebelum dimuat).

Buat kakak yang mau jawab, silakan beri komentar di bawah ya! 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

2 Comments

Leave a Reply

  1. Salam hangat dari kampus salemba teruntuk calon mahasiswa UI yang mengajukan pertanyaan ini. Waktu tahun 2008 lalu, saya mengikuti jalur SNMPTN dengan prioritas Ilmu administrasi negara fisip ui dan pilihan kedua sastra arab ui. Hasilnya saya mendapatkan sastra arab ui. Sekarang ini saya sedang menyusun tugas akhir dari kuliah pascasarjana yang saya ambil di ui juga dengan jurusan ekonomi dan keuangan syariah. Menurut saya prioritas yang hendak diambil pada urutan pertama itu adalah jurusan yang jadi favorit atau yang disenangi. Baru setelahnya diurutan berikutnya merupakan jurusan yang realistis, dimana itu juga kamu senangi namun tidak sebesar minat pada pilihan pertama.

    Kemudian kamu juga harus mempertimbangkan perkuliahannya itu seperti apa dalam memilih jurusan. Misal ekonomi islam itu ya kita belajar prinsip islam dalam bermuamalah dan juga ekonominya, tentunya banyak tantangannya juga seperti akan adanya asistensi setiap habis jam kuliah atau kuliah tambahan dengan asisten dosen. Baik itu selepas jam kuliah atau bahkan pada hari sabtu.

    Kemudian begitu juga dengan bisnis islam. Kamu akan belajar model bisnis biasa sampai yang berprinsip muamalah, bagaimana mengelola usaha, bagaimana mengelola resiko usaha menurut islam, bagaimana memprediksi perkembangan usaha berbasis islam, bagaimana mengevaluasi usaha, dan bagaimana menjalankan bisnis dengan prinsip islam.

    Selanjutnya sastra arab. Disini kamu akan mempelajari kesusastraan arab pastinya, model puisi arab, periodisasinya dari dulu hingga masa kontemporer. Kemudian belajar linguistik bahasa arab yang lumayan bikin otak berputar hehehe.. Terus juga kamu akan belajar sejarah dan kebudayaan bangsa arab, serta juga bisa mempelajari perkembangan budaya arab dan islam di Indonesia. Namun yang harus kamu ingat baik-baik adalah kamu jangan berpikir bahwa kamu akan belajar agama islam jika kamu ambil sastra arab. Kamu harus berpikir bahwa kamu akan mempelajari sebuah alat komunikasi untuk mempelajari segala hal yang bersangkutan dengan bahasa arab, termasuk juga salah satunya agama Islam.

    Sekarang kamu sudah tahu selayang pandang atau gambaran perkuliahan berdasarkan jurusan yang kamu sebutkan dan sepengalaman saya yang pernah merasakan perkuliahan di depok dan salemba. Jadi kamu bisa menentukan prioritas kamu sendiri, mana yang menjadi kesenangan kamu itulah yang jadi prioritas pertama dan utama. Selamat berjuang dan semoga beruntung pada saat ujian nanti. Saya turut mendoakan agar kamu mendapatkan hasil terbaik atas jerih payah usaha dan perjuanganmu, agar kamu bisa diterima di kampus perjuangan ini. 🙂

    Dari seorang musafir yang hanya lewat

  2. Mau nambahin dikit lagi soal jurusan ekonomi islam. Gambarannya nanti perkuliahannya kamu akan belajar prinsip ekonomi islam, kemudian Fiqih muamalah, lalu ada manajemen lembaga keuangan islam seperti bank syariah, baitul mal wat tamwil, BPRS, pasar modal syariah, dll. Kemudian.kamu juga akan belajar ekonomi Mikro dan Makro islam, kemudian ekonometrika yang akan bikin kamu jago analisis hubungan, pengaruh, memprediksi, dan membandingkan suatu usaha atau kebijakan dengan penyelenggaraannya yang berbasis syariah. Kemudian akad-akad yang ada di bank syariah atau lembaga keuangan islam lainnya juga akan kamu pelajari. Serta belajar juga manajemen resiko keuangan islam.

    Saya pikir cukup tambahannya. Selamat menentukan prioritas!

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals