Review Cambridge Audio Melomania 1 Plus: Earbud Murah Terbaik

anakui.com – Cambridge Audio Melomania 1 Plus mengalahkan AirPods dengan suara hi-fi dan masa pakai baterai lebih lama. Cambridge Audio Melomania 1 Plus adalah satu set earbud nirkabel hebat yang menawarkan performa terbaik dengan harga yang menarik.

Spesifikasi Cambridge Audio Melomania 1 Plus

Spesifikasi
Dimensi: 1,1 x 0,6 x 0,6 inci
Berat: 0,2 ons
Masa pakai baterai (nilai): 9 jam, 45 jam (dengan wadah pengisi daya)
Jangkauan Bluetooth: 30 kaki
ANC: ya
Tahan air: Ya (peringkat IPX5)

Kelebihan

  • + Performa audio yang luar biasa
  • + Masa pakai baterai yang lama
  • + Aplikasi pendamping yang menarik dengan fitur yang bermanfaat
  • + Desain tahan air yang elegan
  • + Lebih murah dari AirPods

Kekurangan

  • – Tidak ada mode ANC atau transparansi
  • – Kualitas panggilan yang mengecewakan

Saat Cambridge Audio mengumumkan Melomania 1 Plus (juga dikenal sebagai Melomania 1+), kami tidak dapat menahan kegembiraan kami. Jika pernah mengalami suara pemenang penghargaan merek melalui sistem suara hi-fi atau speaker yang kuat, sobat akan pusing, terutama setelah melihat harga awal Rp. 2,1 jutaan dari bud dengan mudah memotong Apple AirPods.

Kami menghabiskan waktu seminggu menguji Melomania 1 Plus dan sangat senang dengan produk akhirnya. Selain desain yang bersih dan menarik, pendengar dihadiahi waktu pemutaran yang lebih lama dan suara dinamis dan serbaguna yang dapat dipersonalisasi melalui aplikasi pendamping.

Fitur unik seperti mode mendengarkan yang ditingkatkan dan dukungan multi-codec juga membantu memperkuat posisinya di antara earbud nirkabel terbaik yang tersedia. Baca ulasan lengkap Cambridge Audio Melomania 1 Plus kami.

Harga dan Ketersediaan

Sobat dapat membeli Cambridge Audio Melomania 1 Plus langsung dari Amazon atau Cambridge Audio. Tersedia dalam dua pilihan warna hitam dan putih. Sekali lagi, Rp. 2,1 jutaan adalah harga yang relatif rendah untuk earbud nirkabel dengan fitur-fitur solid ini.

Selain AirPods standar, Melomania 1 Plus memiliki MSRP yang lebih rendah daripada earbud peredam bising terbaik. Seperti AirPods Pro dan Samsung Galaxy Buds Pro, Melomania 1 Plus sendiri tidak memiliki peredam bising aktif (ANC). Tandai halaman penawaran headphone terbaik kami untuk semua penjualan terbaru.

Desain dan Kenyamanan

Jika bosan dengan siluet bertangkai panjang yang dibuat Apple identik dengan kategorinya, Melomania 1 Plus menghirup udara segar. Desain berbentuk peluru memberi AirPods dan AirPods Pro tampilan yang lebih modern dan ramping, dan juga pas di telinga.

Kuncupnya tidak menjuntai dan tidak menonjol seperti Bose QuietComfort Earbuds dan Jabra Elite 85t, memungkinkan pemasangan yang lebih individual. Kualitas pembuatannya substansial, dengan casing plastik keras dan sentuhan akhir matte yang lembut menyentuh titik manis antara daya tahan dan keanggunan.

Cambridge Audio mendesain bud dengan IPX5 splash resistance, sehingga tidak akan panik jika terjatuh atau terkena air dari kejauhan. Jangan jatuhkan di jacuzzi karena tidak dibuat untuk menahan perendaman atau pancaran air bertekanan. Ada beberapa detail penting yang pantas mendapat pengakuan.

Kami suka bagaimana para desainer dapat memberikan tampilan ramping pada tombol multifungsi meskipun sedikit dinaikkan. Logo kebesaran juga keren. Hal unik lainnya adalah cara bud mengisi daya, yang terhubung mulus ke wadah pengisi daya. Kasing Cambridge Audio terlihat lebih baik daripada kasing AirPods standar.

Ini juga salah satu casing paling ringan di pasaran dan cukup ringkas untuk dimasukkan ke dalam saku jeans atau tas sehari-hari. Tutupnya juga menutup dengan aman. Tapi sistem pengisian daya paling menarik perhatian.

Ini menggunakan kontak listrik yang disamarkan dengan rapi (cincin logam dan kisi-kisi eartip) untuk menghasilkan muatan listrik. Contoh lain dari komitmen merek terhadap orisinalitas. Dibundel dengan 6 ukuran ujung silikon dan 4 ukuran ujung busa memori untuk mengakomodasi berbagai bentuk telinga.

Pasangan alas menciptakan segel yang memadai untuk menjaga kuncup tetap stabil saat bergerak. Namun, kami merasa AirPods Pro adalah opsi yang lebih pas, dan uji kecocokan telinga-ke-telinga Apple membantu mencapai kecocokan yang optimal.

Sobat akan menikmati kenyamanan yang dapat diterima dengan Melomania 1 Plus, tetapi harus berhati-hati dalam memakai earbud untuk waktu yang lama. Karena mungkin merasakan sakit di sekitar telinga luar setelah dua jam mendengarkan.

Selain itu, menekan tombol berarti mendorong kuncup lebih jauh ke dalam telinga, dan sobat mungkin akan merasakan sakit setelah beberapa saat.

Kontrol dan Asisten Digital

Melomania 1 Plus tidak membanggakan kontrol sentuh atau penginderaan di telinga. Sebaliknya, ada tombol fisik yang mendukung seluruh rangkaian kontrol media. Ini dibagi antara setiap kuncup dan dapat diaktifkan melalui gerakan tahan dan tekan satu / dua kali.

Fitur termasuk play (play/pause/next track/previous track), volume, call answer/end dan asisten suara. Tombol responsif dan taktil, memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah yang dimaksud. Tangani tugas dan pertanyaan sehari-hari secara handsfree dengan Siri dan Google Assistant.

Susunan mikrofon Cambridge Audio menunjukkan pengenalan ucapan yang sangat baik, menangkap setiap kata dan memahami permintaan verbose tanpa kebingungan. Membuat undangan kalender, membuka program, dan mengimpor skor bola basket sangat mudah dilakukan di perangkat Android, iOS, dan macOS.

Kualitas Suara Cambridge Audio Melomania 1 Plus

Cambridge Audio telah bekerja ekstra untuk memberikan presentasi audio yang luar biasa kepada bud ini. Selain driver 5.8mm yang ditingkatkan graphene dan dukungan untuk codec aptX dan AAC terbaru, Melomania 1 Plus menyertakan mode khusus yang disebut Performa Tinggi.

Ini menggunakan amplifikasi tingkat hi-fi yang sama yang ditemukan di rangkaian amplifier stereo CX Cambridge Audio yang terkenal untuk mengoptimalkan suara. Sebagian besar lagu yang saya mainkan terdengar sangat mirip dengan campuran aslinya, terutama jazz klasik.

Pemisahan instrumental pada “Red Clay” karya Freddie Hubbard adalah yang terbaik yang pernah didengar dari sepasang kuncup dalam kisaran harga ini. Karena tanduk yang hidup, garis bass melodi, dan topi tinggi yang stabil semuanya tajam dan khas.

Banyak dari pertunjukan ini telah mengarah pada genre fusion seperti jazz dan rap. “Words I Manifest (Remix)” dari Gang Starr mempertahankan resonansi tempo yang halus dan cepat dengan pola dan kuncup drum DJ Premier yang berpengaruh yang mereproduksi sampel piano dengan cemerlang.

Rentang vokal adalah sorotan lain dari Melomania 1 Plus. Kami menyukai definisi bahwa profil suara dasar dari “Babe I’m Gonna Leave You” Led Zeppelin menonjolkan vokal sedih, yang membantu membuat suasana rekaman menjadi suram. Gitar akustik juga memiliki keterbukaan yang terasa nyata saat semua senar dipetik.

Jika memiliki keluhan, isolasi kebisingan pasif tidak terlalu efektif. Sementara ujung menahan kuncup di tempatnya, segel berjuang untuk memblokir kebisingan tingkat tinggi, memungkinkan suara dari luar masuk ke soundscape.  Di sinilah ANC akan menjadi kopling.

Kabar baiknya adalah, kecuali alarm berbunyi beberapa meter dari telinga, kebisingan yang didengar tidak akan cukup mengganggu untuk mengalihkan perhatian dari musik.

Aplikasi dan Fitur Khusus Cambridge Audio Melomania 1 Plus

Aplikasi Melomania menawarkan beberapa fitur equalizer yang paling berguna. Sobat diberi opsi untuk membuat tiga profil suara khusus yang dapat disesuaikan dengan preferensi pendengaran atau memilih dari enam preset seimbang: Balanced (default), R&B, Electronic, Bass Boost, Rock, dan Voice.

Masing-masing bekerja dengan baik dengan genre dan konten tertentu. Kami menyarankan untuk tetap menggunakan Balanced, tetapi mengaktifkan Voice untuk klip dan podcast YouTube bisa sangat menyenangkan. Bass Boost dan R&B juga merupakan pilihan yang solid dalam kategori musik urban.

Ketuk ikon pengaturan di bagian bawah dan sobat akan menemukan kontrol sakelar untuk pemilihan codec dan yang lainnya, ditambah mode audio dengan dua pengaturan: Daya Rendah dan Kinerja Tinggi yang disebutkan di atas.

Kami telah menjelaskan manfaat mengaktifkan kinerja tinggi, tetapi bukan kerugian dari masa pakai baterai yang lebih rendah (7 jam). Daya Rendah memprioritaskan daya tahan baterai (9 jam) dibandingkan kualitas audio.

Hub (juga dikenal sebagai layar beranda) adalah fitur dasar, tetapi menarik secara visual, karena latar belakang biru tua dengan teks putih dan lampu neon menarik secara estetika. Kami suka bagaimana indikator level baterai setiap bud ditampilkan, dan bagaimana opsi Temukan Earphone Saya mudah diakses di bagian bawah.

Ada masalah teknis saat mencoba mengunduh versi 7.2.3 terbaru, tetapi pembaruan firmware tersedia. Kami perlu memperbarui earbud kanan, tetapi earbud kiri tidak dapat dipasangkan dengan Google Pixel 2 XL. Jadi kami menghubungkan perangkat ke Pixel 3 XL dan unduhan selesai. Masalah yang aneh, tapi perlu diperhatikan.

Masa Pakai Baterai dan Tempat Pengisian Daya

Waktu bermain dalam mode daya rendah adalah yang tertinggi di kategorinya dengan penggunaan 9 jam dari pengisian penuh. Panggilan telepon, streaming, dan volume mengurangi masa pakai baterai sekitar satu jam dalam mode ini, tetapi 8 jam masih lebih lama. – Kuantitas yang cukup untuk bekerja.

Ini juga hampir dua kali lipat AirPods Pro (4,5 jam) dan tidak terlalu berbeda dari performa terbaik seperti Beats Powerbeats Pro (9 jam) atau Master & Dynamic MW08 (10 jam). Kami puas menggunakan bud selama 1,5 jam setiap hari sebelum mengisi daya sekitar hari ke-5.

Kasing pengisi daya bertahan hingga 45 jam dengan muatan penuh. Jika menghitungnya, itu adalah 5 biaya tambahan. Hampir dua kali lipat waktu 24 jam yang disediakan oleh wadah pengisi daya AirPods. Sayangnya, pengisian nirkabel belum berhasil.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

Kami tidak terlalu suka Melomania 1 Plus sebagai headset untuk menelepon karena bisa mengikuti musik. Setiap kali berbicara dengan istri saat berjalan-jalan, dia mengatakan bahwa suara kami teredam dan jauh dan dia mendengar banyak suara sekitar di sekitar (anjing menggonggong, mobil yang melaju kencang, angin, dll.).

Di dalam ruangan, dia bisa mendengar sedikit lebih baik, tetapi tidak banyak perbaikan. Ini sangat mengecewakan karena mikrofon berfungsi dengan baik saat menyalakan asisten digital. Bluetooth 5.0 bekerja dengan andal di Melomania 1 Plus. Jangkauan standar pada 30 kaki.

Di luar jarak ini, suara terputus atau panggilan terputus. Konektivitas juga kuat, karena sekali dalam mode berpasangan, kuncup langsung dikenali dan secara otomatis dipasangkan kembali ke perangkat yang dikenal.

Kami berharap ini menyertakan fitur nirkabel lain seperti Google Fast Pair atau teknologi multipoint untuk memasangkan dua perangkat dan model secara bersamaan.

Kesimpulan

Jika memiliki anggaran (relatif) dan menginginkan earbud bergaya yang terjangkau yang tidak hanya terlihat dan terdengar lebih baik daripada dua model AirPods, tetapi juga menggandakan waktu bermain, Melomania 1 Plus praktis harus dibeli.

Profil suara cocok untuk semua genre musik dan melengkapi media lain seperti film, podcast, dan eBook. Tidak hanya keahliannya yang tajam, tetapi sobat dapat menikmati waktu bermain selama 45 jam sepenuhnya.

Yang terpenting, Melomania 1 Plus menawarkan fitur-fitur ini dengan harga hampir setengah dari harga opsi kelas atas seperti AirPods Pro dan MW08. Beberapa orang mungkin tidak keberatan dengan kurangnya mode ANC dan transparansi, tetapi ini menggabungkan kualitas panggilan sebagai dua kekecewaan utama dari earbud.

Kami baru-baru ini menguji Edifier TWS NBQ, yang menawarkan ANC hanya dengan Rp. 900 ribuan. Jadi sulit untuk tidak melihat penghilangan tersebut sebagai hal yang negatif, bahkan jika itu bukan pelanggar kesepakatan.

Tetap saja, Melomania 1 Plus layak mendapatkan lencana Pilihan Editor kami, dan kami sarankan untuk tidak mempertimbangkannya sedikit pun.

Leave a Comment